Master Desain Pola Anyaman Paijo

Tidak terasa sudah satu tahun tidak menulis di blog ini, ternyata kangen juga. Maklum, sekarang kan ada FB yang tiap hari dibuka. Tidak terasa juga bahwa sudah hampir setahun ini saya istirahat tidak melakukan eksperimen elektronika dan mesin, tapi hanya melakukan eksperimen komputer saja. Hasilnya sudah ada tapi belum 100% selesai, judulnya adalah: Master Desain Pola Anyaman. Untuk versi 2.1 sudah saya rilis untuk kalangan terbatas, sedangkan versi 3.1 sementara dalam proses finishing. Sebenarnya, idenya sudah ada sejak sekitar 5 tahun lalu, tetapi baru ada pemicu untuk memulai proyeknya pada awal tahun 2013 ini.

Secara umum, Master Desain Pola Anyaman merupakan sebuah software berbasis MS Excel untuk mempermudah proses pembuatan desain anyaman secara visual. Ukuran anyaman 40 x 40 petak, dan ada dua paket pilihan dengan masing-masing tersedia 4 warna bilah. Untuk paket MKHB tersedia warna Merah, Kuning, Hijau, Biru. Sedangkan untuk paket UBCH tersedia warna Ungu, Biru muda, Cokelat, Hijau. Untuk kombinasi warna bilah, disediakan fitur otomatis dan manual. Untuk memudahkan pelacakan pola, disediakan penomoran bilah menggunakan angka atau huruf sesuai selera user. Sedangkan untuk penggandaan pola, disediakan fitur otomatis untuk penggandaan pola vertikal maupun horizontal masing-masing 8 macam, dan disediakan juga penggandaan pola secara manual. Supaya para bloger dan netter tidak penasaran, di bawah ini saya sertakan screenshot dari desain yang dihasilkan dengan software tersebut. Contoh desain tersebut saya buat dalam waktu tidak lebih dari 3 menit saja. Terimakasih dan salam eksperimen untuk semua.

Anyaman-3

13 Komentar

  1. yohana ys said,

    Februari 13, 2017 pada 6:29 pm

    pak boleh saya minta filenya? saya ingin membuat desain anyaman untuk skripsi saya pak. terimakasih sebelumnya

  2. Siti faizah said,

    November 1, 2016 pada 10:16 am

    Boleh saya tahu bagaimana untuk saya perolehi software ini?

    • Paijo said,

      November 1, 2016 pada 10:33 am

      Software tersebut belum sempat saya publish. Kalau anda memerlukannya saya bisa mengirimnya melalui email nanti sore atau besok sore karena saya harus cek dan siapkan dulu setingan sebelum dikirim. Untuk itu tolong dijelaskan secara singkat untuk keperluan apa dan apakah untuk keperluan pribadi ataukah lembaga/institusi/sekolah. Terimakasih dan salam eksperimen.

  3. desain mesin said,

    Mei 27, 2014 pada 10:46 am

    memang perlu berapa biaya nya?

  4. komangakg said,

    Maret 3, 2014 pada 1:39 pm

    Pak Paijo memang ada2 saja idenya. MANTAP.

  5. Fredy said,

    Februari 27, 2014 pada 12:27 am

    Boleh sy minta file tsb pak… Saya mau coba belajar design pola tsb.
    Salam,

  6. Amad Sareh said,

    Februari 26, 2014 pada 9:20 am

    bisa dishare filenya

  7. Oktober 10, 2013 pada 9:08 pm

    […] Bagi para penggemar seni anyaman, Bengkel Paijo juga sudah membuat software Master Desain Pola Anyaman Paijo berbasis MS Excell 2003. Untuk sementara, software tersebut belum dapat saya bagi-bagikan kepada khalayak ramai karena saya masih terikat perjanjian untuk tidak men-share software tersebut sampai pertengahan tahun 2014. Jadi software tersebut untuk sementara masih eksklusif untuk digunakan kalangan terbatas. Namun demikian, saya masih boleh mensharekan dengan para penggemar desain anyaman melalui email dengan syarat tertentu. Bagi yang penasaran, silahkan buka link berikut (Desain Anyaman). […]

    • rangga said,

      November 9, 2013 pada 9:38 pm

      mas paijo emailnya apa

  8. faiqah said,

    September 27, 2013 pada 6:05 pm

    bisa minta filex mas… sangat membantu dalam membuat bahan ajar

    • Paijo said,

      September 28, 2013 pada 6:35 am

      Saya minta maaf kalau untuk sementara ini baru bisa digunakan untuk kalangan sendiri dan belum bisa dishare filenya. Disamping itu, software tersebut masih dalam tahap pengembangan dan masih akan ditambahkan fasilitas pelengkap sehingga akan lebih mudah digunakan termasuk oleh orang awam terhadap anyaman maupun awam terhadap Excell. Mungkin tahun depan sudah bisa saya share filenya melalui blog ini. Terimakasih dan salam eksperimen.

  9. Nisentius A. Tethool said,

    April 26, 2013 pada 12:25 pm

    bisa bermanfaat buat membantu tugas sekolah anak nih..
    makasih boss.

    • Paijo said,

      April 30, 2013 pada 8:22 am

      Sudah saya kirim beberapa hari lalu. Sudah dicoba belum, dan bagaimana hasilnya? Terimakasih dan salam eskperimen.


Tinggalkan komentar