PENGERING PAKAIAN “PAIJO”

PENGERING PAKAIAN “PAIJO”
By Paijo

kipas  pemanasskema-1skema-2

Latar Belakang :
Sekitar akhir tahun 1995, saya dan istri saya sering dibuat pusing karena hujan yang turun hampir tiap hari. Bukan hanya pusing karena kehujanan saja, melainkan pusing karena cucian yang tidak kunjung kering. Maklum, kalau sedang musim hujan matahari sering hanya nongol 1-2 jam saja dalam sehari. Yang lebih bikin pusing lagi, dalam cuaca seperti itu semua orang maunya kencing melulu, tidak terkecuali anak sulung saya yang waktu itu masih bayi. Jadi lengkaplah sudah penderitaan, sudah cucian tidak kunjung kering, ditambah bayi yang kencing sampai puluhan kali sehari. Untungnya, ada tetangga yang mendapat pinjaman mesin pengering dari company ( karena punya bayi juga ) sehingga kami bisa nebeng. Tapi ternyata pemakaian mesin pengering tersebut memiliki efek samping yaitu pakaian cepat rusak. Kerusakan yang sering terjadi yaitu kancing pecah/meleleh, kain sintetik jadi kaku, pakaian kusut/meleleh, dsb. Selain itu, pakaian juga jadi sulit disetrika. Efek samping tersebut sepertinya disebabkan pemanasan yang berlebihan dan pemutaran yang terlalu kencang. Bagaimana tidak, mesin tersebut makan listrik sekitar 2000-3000 watt. Kalau dipakai di rumah pribadi bisa bikin jebol meteran dan juga dompet.

Pengering Pakaian Paijo-1

Untuk mengeringkan pakaian secara efektif, cucian digantungkan ( dengan hanger ) di ruangan tertutup yang cukup kecil ( semakin kecil semakin baik ) tapi udara harus masih bisa bersirkulasi. Jarak antar hanger relatif cukup rapat ( 10-12 cm ). Untuk pakaian dalam atau pakaian bayi, digunakan hanger bundar yang bentuknya seperti payung dibalik karena efektif tempat. Selain itu, cucian dikelompokkan menurut lamanya kering. Kemudian, pemanas dan kipas angin dihidupkan. Tiupan kipas angin diarahkan menuju cucian yang paling lama kering seperti handuk, jeans, sepatu, dsb dengan tujuan agar semua cucian akan kering dalam waktu yang relatif bersamaan untuk menghemat listrik. Setelah semuanya selesai, maka pintu ditutup agar udara dapat menjadi lebih panas ( dapat mencapai 40-50 derajat Celsius ). Hal itu berdasarkan hasil percobaan bahwa yang berpengaruh terhadap pengeringan adalah panas ( yang diberikan oleh elemen ) dan sirkulasi udara ( yang diberikan oleh kipas angin ). Karena ruangan yang dipakai adalah kamar mandi ( shower ) maka proses pemanasan dan pengeringan agak lama yaitu 6 – 10 jam. Hal itu disebabkan ruangan masih terlalu besar ( 2 m x 2m x 2,4 m ) dibandingkan dengan jumlah cucian total yang maksimal hanya 30-40 potong. Jika pengeringan dilakukan di dalam kotak atau lemari berhanger yang volumenya lebih kecil, maka proses pengeringan akan lebih cepat sehingga lebih hemat listrik. Sekitar dua tahun lamanya saya sekeluarga menikmati alat pengering versi pertama tersebut sebelum akhirnya rusak pada bagian elemennya. Namun berdasarkan perhitungan ekonomi, ternyata break even point-nya telah tercapai bahkan sudah meraup keuntungan.

Pengering Pakaian Paijo-1
Tidak puas dengan kinerja pengering versi pertama yang hanya tahan sekitar 2 tahun, maka saya membuat pengering pakaian versi kedua ( Pengering Pakaian Paijo-2 ) yang jauh lebih handal, lebih aman, dan juga lebih simple. Kipasnya tetap menggunakan kipas yang lama karena masih okey. Setelah mengabdi sekitar 5 tahun nyaris nonstop siang malam tiap hari, akhirnya kipas yang lama rusak dan saya ganti kipas baru yang lebih sesuai dengan keperluan ( lihat gambar ). Namun karena penutup ( grill ) bagian depan dari kipas baru tersebut terbuat dari plastik, maka saya lakukan modifikasi seperlunya. Penutup asli saya lepas dan saya ganti dengan penutup kipas lama yang terbuat dari besi. Untuk itu hanya diperlukan tambahan berupa 4 buah plat alumunium kecil, 4 pasang baut kecil, 4 buah baut seng, dan pengeboran seperlunya untuk menempelkan penutup tersebut pada kerangka kipas dengan mantap.

Sedangkan elemen pemanas yang saya pakai, saya pilih elemen bekas oven merk GE ( General Electric USA ) 220 Volt 1200 watt. Untuk menyiasati watt yang telalu besar dan menghindari membaranya elemen, maka saya pasang 2 elemen secara seri. Dengan demikian, masing-masing elemen hanya makan daya 300 watt sehingga totalnya hanya 600 watt saja. Ternyata penggunaan 2 elemen secara seri tersebut memberikan beberapa keuntungan tambahan yaitu :
1. Lebih aman terhadap resiko kebakaran karena elemen tidak sampai merah membara
2. Elemen lebih tahan lama karena menerima beban kerja hanya 25 % dari kapasitasnya
3. Bentuk akhir yang lebih simple karena elemen dapat dibentuk menjadi spiral seperti obat nyamuk bakar. Bentuk tersebut relatif ringkas tetapi sekaligus efektif menyebarkan panas ketika ditiup dengan kipas angin.
Untuk meningkatkan safety factor, saya juga menambahkan sebuah thermostat 15 ampere yang saya saya comot dari bekas kompor listrik GE. Dengan adanya thermostat tersebut, maka arus listrik yang masuk ke elemen akan cut off secara otomatis jika temperatur elemen melebihi batas tertentu sesuai setelan ( terlalu panas ). Jika temperatur sudah turun kembali ( dingin ), maka arus listrik yang masuk ke elemen akan on lagi secara otomatis pula. Overheating tersebut dapat terjadi jika kipas angin rusak / macet atau dimatikan secara tidak sengaja,

Tanpa terasa, ternyata alat pengering sederhana hasil kreasi saya yang kedua tersebut telah saya pakai selama hampir sepuluh tahun tanpa masalah yang berarti. Perawatan rutin yang diperlukannyapun hanya pembersihan terutama elemen dan daun kipas angin tiap 3 bulan. Pelumasan ( pemberian grease jenis Lithium Complex ) cukup dilakukan 6 bulan sekali pada poros kipas angin supaya tidak macet dan tahan lama.

Petunjuk Pembuatan
Supaya lebih jelas, anda dapat melihat skema dan foto bagian utama dari alat pengering yang saya ciptakan tersebut tanpa perlu penjelasan panjang lebar. Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan dan perawatan Pengering Pakaian Paijo agar memenuhi standar mutu yang tinggi, aman, awet, dan memuaskan yaitu :
1. Gunakan hanya bahan-bahan yang berkuaitas prima dan sesuai spesifikasi yang direkomendasikan. Hal itu mencakup semua bagian seperti, elemen yang berpembungkus logam tahan karat ( minimal setara dengan elemen setrika otomatis ), saklar listrik dan thermostat yang kapasitas arusnya besar ( minimal 2 kali lipat arus yang real dipakai, tidak dianjurkan menggunakan thermostat magic jar karena kapasitasnya hanya 0,5 ampere saja ), kabel tahan api khusus untuk elemen pemanas ( insulatornya terbuat dari anyaman benang asbes ), dan kipas angin dengan ukuran besar ( minimal 30 cm, 60 watt ) yang mempunyai dudukan yang kokoh dan stabil. Terali / ruji-ruji kipas juga dipilih yang terbuat dari logam agar tidak meleleh terkena panasnya elemen. Untuk bilah kipas tidak ada masalah, biarpun dari plastik tidak akan meleleh. Plat dudukan elemen dapat dibuat dari alumunium 2 mm atau besi tahan karat 1 mm.
2. Kerjakan dengan rapi dan teliti karena menyangkut keselamatan pemakaian listrik yang berpotensi menimbulkan kecelakaan ( kesetrum ) maupun bahaya kebakaran jika teledor. Selalu periksa ulang dengan multimeter sebelum mencoba mencolokkannya ke stop kontak. Untuk koneksi listriknya, sangat disarankan untuk menggunakan kabel serabut isi 3 yang bisa untuk grounding. Demikian juga untuk steker dan stopkontaknya, sangat disarankan untuk memilih yang menggunakan pin kuningan serta dilengkapi dengan konektor grounding. Bagian yang digrounding ( dihubungkan dengan tanah / arder ) adalah dudukan elemen dan logam pembungkus elemen.
3. Adakan pengecekan secara rutin ( PM Check ) minmal 3 bulan sekali sambil melakukan pembersihan dan pelumasan. Periksa logam pembungkus elemen-kalau kalau ada yang berlubang atau koyak. Periksa dan kencangkan baut-baut dan sambungan-sambungan kabel jika ada yang longgar. Periksa isolasi pada sambungan-sambungan dan ganti dengan yang baru jika perlu. Periksa kondisi thermostat dan pastikan dalam keadaan baik, lidahnya tidak terbakar dan tidak melengket. Untuk menguji thermostat, nyalakan pemanas dan matikan kipas, kemudian tunggu bebarapa menit sampai elemen panas. Jika pada saat elemen mulai terlalu panas terdengar bunyi “KLIK” pertanda cut off, itu berarti thermostat bagus dan setelannya tepat. Dan jika cut off terlalu cepat ( belum cukup panas ), terlalu lambat ( sudah kelewat panas ), atau tidak mau cut off sama sekali, maka coba setel thermostat dengan obeng plat kecil. Jika terlalu dingin putar searah jarum jam, dan jika terlalu panas putar ke arah sebaliknya. Pada saat setelan sudah tepat, maka thermostat akan on terus selama kipas angin bekerja normal dan akan cut off beberapa saat ( kurang dari 1 menit ) setelah kipas angin tidak bekerja.

Tawaran Koleksi Pribadi
Jika ada yang memerlukan, saya masih punya koleksi 5 buah elemen oven GE 220 Volt 1200 watt ( belum dibentuk spiral ) dan 2 buah thermostat GE 15 ampere. Semuanya bekas, tapi kondisinya sangat bagus dan identik dengan yang saya gunakan sekarang. Ada juga koleksi 4 elemen bekas oven GE 220 Volt 2200 watt yang juga dalam kondisi bagus ( 2 berbentuk spiral, 2 berbentuk segi empat ). Koleksi lainnya adalah 2 buah elemen pemanas GE 220 volt 2000 watt type plat berbentuk lingkaran diameter 7 inchi ( 18 cm ) yang dalam kondisi baik tapi sedikit berkarat di bagian luar karena dibuat dari besi tuang. Dari koleksi-koleksi tersebut, saya tidak bermaksud untuk melepas semuanya melainkan hanya sebagian saja. Untuk elemen pemanas saya hanya bisa melepas maksimal 8 buah, sedangkan untuk thermostat saya hanya bisa melepas sebuah saja.
Semua elemen berbungkus logam tahan karat atau besi tuang tebal ( type plat ) sehinga sangat aman dan tahan lama. Sedangkan insulatornya terbuat dari bahan keramik kualitas tinggi. Jika dipakai untuk memasak pakai panci, pancinya dapat ditumpangkan ( berarti bersentuhan langsung ) dengan elemen tanpa takut kena setrum sehinga pemasakan berlangsung lebih cepat. Jadi tidak seperti elemen kompor listrik murahan yang banyak beredar di Indonesia yang bentuk elemennya seperti per ( pegas ) yang menyala dan tidak boleh bersentuhan dengan panci.
Yang menjadi masalah, saya kesulitan menentukan harganya karena bisa bikin dahi berkerut terutama bagi yang lebih mementingkan harga murah daripada kualitas. Sebagai contoh harga sebuah elemen oven GE 1200 watt yang baru sekitar 80 US$ ( atau sekitar Rp 720.000 ). Untuk yang 2200 watt sekitar 100 US$ ( atau sekitar Rp 900.000 ). Sedangkan untuk thermostat sekitar 25 US$ ( atau sekitar Rp 225.000 ). Harga tersebut belum termasuk ongkos kirim dari Amerika ke Indonesia. Yang juga bikin tambah sulit menentukan harganya adalah bahwa barang tesebut adalah bekas walaupun dalam kondisi bagus, Namun demikian, barang tersebut juga sangat langka dan sangat sulit ditemukan di Indonesia karena hanya diimport dalam jumlah kecil dan untuk keperluan khusus yang sangat terbatas saja. Hal itu mungkin disebabkan harganya yang mahal, watt-nya juga besar, dan jarang pula yang membutuhkan. Saya juga perlu informasikan bahwa barang-barang tersebut saya peroleh dengan susah payah di scrab iron area yang sekarang sudah tidak ada lagi karena telah ditimbun sekitar tahun 1998.
Mengingat kelangkaan tersebut dan masih adanya kemungkinan saya memerlukannya untuk eksperimen saya yang lain, sebenarnya saya merasa sangat berat untuk melepasnya. Namun jika ada yang memerlukan dan bersedia memberikan mahar yang pantas, saya akan rela melepaskannya sebagian. Itupun dengan syarat kalau saya yakin bahwa akan digunakan dan dirawat dengan baik-baik, syukur-syukur jika memberi manfaat yang besar bagi calon pemiliknya yang baru. Saya menggunakan istilah mahar ( bukan harga ) dan pakai syarat segala karena barang-barang tersebut merupakan sebagian koleksi pribadi ( bukan dagangan ) yang telah memberikan begitu banyak inspirasi yang telah memotivasi serta menghasilkan prestasi di beberapa lomba elektroteknik tingkat nasional. Oleh karena itu, saya memiliki ikatan emosi dengan koleksi saya yang memiliki nilai historis tersebut. Namun demikian, terpaksa saya mungkin harus rela melepas nya sebagian karena saya memerlukan biaya untuk menyelesaikan tahap akhir pembuatan prototype mesin jenis baru yang mandek sejak pertengahan Nopember tahun 2006 lalu. Jika diperlukan, saya juga bisa membentuk elemen tersebut menjadi spiral seperti obat nyamuk bakar dan sekalian membuatkan dudukannya sesuai permintaan. Untuk keperluan pengering pakaian, bisa saya kerjakan sampai siap pasang di bagian depan kipas angin. Jika untuk kompor, bisa saya buatkan dudukan ( kaki ) sampai benar-benar siap pakai. Untuk kedua hal tersebut, saya sudah mempunyai desain maupun prototype yang telah teruji di lapangan selama sekitar 10 tahun.
Jika ada yang berminat serius terhadap koleksi saya tersebut, dapat mengajukan penawaran mahar ke e-mail ( mr_paijo_paidin@yahoo.co.id ). Hanya yang serius saja yang akan ditanggapi.

Jika ada yang memerlukan, semua atau sebagian dari isi artikel ini ( termasuk gambar ) boleh dicopy atau disadur secara gratis asal mencantumkan sumbernya. Kalau menyempatkan diri minta ijin atau setidaknya memberitahukan lewat comment, itu lebih baik lagi.
Terimakasih dan salam eksperimen.

About these ads

172 Komentar

  1. mgunarta said,

    September 16, 2014 at 12:08 pm

    salut sama mas paijo dan juga salut dengan para komentator yang antusias…ternyata bangsa kita juga hangat dalam menerima ilmu pengetahuan. izin copy ya mas paijo

  2. aman said,

    Juli 23, 2014 at 4:33 pm

    mantab PAIJO. inspirasi anda memotivasi teman teman lain tuk berkarya, terima kasih

  3. prambudi said,

    Juli 15, 2014 at 5:03 pm

    terimakasih p.paijo atas idenya yang kreatif.

  4. iska mutabak said,

    Mei 14, 2014 at 1:38 pm

    selain salut sama mas paijo saya juga salut dengan komentator yang antusias. ternyata bangsa juga hangat menerima ilmu pengetahuan….. izin copy yo mas paijo…..

  5. arief herdiansyah said,

    Maret 16, 2014 at 8:04 pm

    cemerlang , kreatif , mantab , izin copy ya pak

  6. M.Kahar Aidil.RD said,

    Desember 25, 2013 at 11:09 pm

    Kreatif…itulah yang terlontar dari mulut saya saat membaca semua tulisan mas paijo, dan saya harus menghubungi ke alamat mana yaaa mas untuk mendapatkan element yang mas Paijo utarakan di atas,tks

  7. Ramadhanu Ajie said,

    Juli 31, 2013 at 12:24 pm

    Wah, keren sekali. Saya jadi bisa tetap beraktivitas meski jemuran banyak.
    Saya boleh minta skema nya ya ?
    Tolong dikirim ke e-mail saya. Saya sangat mengharap bantuan nya.

  8. damanik said,

    Juli 6, 2013 at 12:53 am

    Tks, smg mas tambah sukses

  9. djarot prasadja said,

    Juni 7, 2013 at 1:49 am

    sungguh karya yang sangat mengagumkan, semoga manjadi inspirasi kita semua, ttp semangat berexperiman dengan berpedoman 3R ( Reduce, Reuse, Recycle). memanfaatkan limbah menjadi barang tepat guna

  10. kode said,

    Juni 22, 2012 at 11:38 am

    kalau mesin pengering ini bagaimana cara buatnya ya pak…?

    http://www.juraganpengering.com/2012/06/mesin-pengering-pakaian-gas-lpg-model.html

    makasih

  11. Irfai said,

    Juni 1, 2012 at 2:25 pm

    Mas Paijo adalah Pahlawan bagi sesama

  12. andi said,

    Maret 15, 2012 at 1:07 pm

    bermanfaat sekali ni

  13. pondra nur s said,

    Maret 1, 2012 at 8:55 am

    mas saya mau tanya,saya mau buat alat steam ukuranya 1 drum,biasanya sumber panasnya memakai api kayu bakar,yang saya tanyakan,apa bisa dibuat pemanas air dengan suhu sampai 80derajad seukuran drum mas pay.untuk mengganti kayu bakar.

  14. aldino said,

    Februari 21, 2012 at 10:10 pm

    Pak Bagus bener idenya Pak. Saya salut. Apalagi saya ngeliat istri kelabakan ngurusin anak yang sukanya ngompol mulu. Hehe masih orog. Boleh saya minta gambarnya Pak? Terima kasih Pak.

  15. ahmad ansori said,

    Februari 18, 2012 at 5:03 am

    mohon ijin ambil ilmunya mas paijo,matur swun ni yg aq cari

  16. deni aja said,

    Februari 13, 2012 at 10:30 pm

    mohon ijin tuk praktek y pak paijo….

  17. haq said,

    Januari 31, 2012 at 11:44 pm

    kenapa tidak modif external unit AC aja pak?

  18. deri aje said,

    Januari 22, 2012 at 11:54 pm

    inspiratif…….. mas saya bukan orang yg suka ber eksperimen, yg saya perlu berapa biaya pembuatan box pengering anda?

  19. budiyanto said,

    Januari 22, 2012 at 10:39 pm

    mhn ijin copy artikelnya,
    kami mau mencoba diterapkan pada pengering jagung manis

    terima kasih sebelumnya

  20. bastianbastian said,

    Januari 20, 2012 at 8:09 am

    Selamat Pagi Pak Paijo.

    Saya butuh Oven untuk lidi dupa dari bambu. Oven yang saya butuhkan kisaran : panjang 90cm Diameter 90cm (ruang pengering) – bisa berputar seperti kurungan bajing. Atas bisa dibuka untuk mengisi lidi dan bawah bisa dibuka untuk mengeluarkan lidi.

    Jika Pak aij berkenan, saya bisa dateng ketempat Pak Paijo untuk membicarakan hal ini.

    Trims – bastian

  21. smadapro said,

    Desember 30, 2011 at 10:03 am

    Maaf pak, kalau saya pesan yang siap pakai berapa harganya pak…?

  22. bahrul ulum b said,

    November 6, 2011 at 2:12 am

    Saya tertarik, bisa komunikasi via tlpn?

  23. laundryplasa said,

    Oktober 30, 2011 at 2:30 am

    mesin cuci laundry dan mesin pengering laundry merk MASTERKLEEN hanya 22.999.000. modal minim bisa bikin laundry kiloan,MASTERKLEEN, masternya mesin laundry.www.laundryplasa.com 03417760075
    dapatkan harga special untuk peralatan laundry

  24. laundryplasa said,

    Oktober 30, 2011 at 2:26 am

    mesin cuci laundry dan mesin pengering laundry merk MASTERKLEEN hanya 22.999.000. modal minim bisa bikin laundry kiloan,MASTERKLEEN, masternya mesin laundry.www.laundryplasa.com 03417760075

  25. killer123 said,

    Oktober 27, 2011 at 1:08 pm

    maaf mau tanya…klo cara kerja pengering ruangan menggunakan gas di bawah ini seperti apa ya???

    http://www.juraganpengering.com/2011/05/mesin-pengering-laundry-gas-kapasitas.html

  26. yuyunqp said,

    Juli 11, 2011 at 9:10 pm

    Thanks banget Gan…!! sangat menginspirasi

  27. Barus said,

    Juli 5, 2011 at 10:54 am

    mas mau tanya untuk ukuran ruang 70 cm X 100cm X 60 cm berapa panjang Nikelinnya dan ukurqan daimaeter beraqa untuk menghasilkan 150 oC. Trims.

  28. ist said,

    Juni 1, 2011 at 9:59 am

    pak saya minta ijin nyedot artikelnya dan saya pasang di blog saya dg nara sumber dari blog bpk, dan saya minta ijin ntuk coba buat sebagian alat yang ada di blog bapak, jika bapak mau tukar informasi dengan saya, saya punya beberapa alat teknologi hasil rekayasa saya, memang sebagian karya yang saya buat hasil modifikasi dan temuan. atau bisa bapak kunjungi blog saya, memang alat-alat ini saya jual beserta tutorial pembuatannya. tetapi jika ada yang mau saring saya dengan senang hati bisa berikan cara pembuatan alatnya. makasih pak.

  29. Mei 5, 2011 at 3:38 pm

    saya ingin membuat elemen pemanas untuk air ( 3500 watt) 220 Volt
    spiral bagaimana perhitungan untuk panjang dan diameternya ?

    Trims atas artikel diatas yang sangat bermanfaat

  30. Budimandjo said,

    April 25, 2011 at 3:36 pm

    Alahamdulillah..semoga mas Paijo di berikan panjang umur, sehat wal afiat, bahagia dunia akhirat..setealh baca kratifitas anda sya jadi terharu…salam

  31. bthariyoso said,

    April 24, 2011 at 6:23 pm

    Sangat berguna pak. ijin copy.

  32. hanif said,

    April 13, 2011 at 11:09 pm

    ak tertarik dg produk anda. tolong kirim gambar, spesifikasi, harga ke hanif_hanif_hanif@yahoo.com

  33. mada said,

    April 4, 2011 at 1:49 am

    mas paijo mohon infonya untuk pengatur suhu otomatis. sy udah bikin pengering pakaian menggunakan elemen pemanas udara yang cukup hemat listrik dan mampu mengeringkan pakaian 7 kg dalam waktu 60-90menit. dan diluar dugaan ada temen yang beli kebetulan untuk usaha laundry. oleh karena itu sy ingin tahu rangkaian pengatur suhu. mahon bantuan mas Paijo. trims

    mohon dikirim ke email adam.choirul_ch@yahoo.com

  34. supriyanto said,

    Januari 24, 2011 at 11:30 pm

    mohon ijin untuk memanfaatkan ini bang… thanks ilmunya

  35. desmon said,

    Desember 29, 2010 at 2:00 am

    pak paijo bagi2 dong cara buat alat pengerin pakainya secara detil soalnya saya awam dng elektronik,

  36. henzz said,

    November 11, 2010 at 7:27 pm

    pak paijo; kebetulan saya bisnis laundry, klalu di buatkan untuk pengering pakaian habis berapa pak…dibuatkan yg untuk watt nya jangan terlalu besar.
    thanks

  37. Dhayat said,

    November 10, 2010 at 9:22 am

    Selamat Pagi mas Paijo…..sy sdh lm mmbaca artikel2 dr blognya mas. dari situ sy bnyk mndapatkan bnyak tambahan ilmu bagi sy. trima kasih atas info2,,,artikel2nya mas yg sngat bermnfaat. oh iy mas,,,,skrg kn sy lg mnyelesaikan Tugas Akhir dengan Judul Pnegaturan Kecepatan Putar Motor Universal dengn basis SCR. kbetulan motornya sy kopel dengan generator shunt. sy agak bingung dengan daya keluaran dari generatornya…apakah daya keluaran dari generatornya lebih besar dari daya masukan dari motornya??? sy mohon bimbingannya mas. trima ksih sbmlnya.

  38. Miryawati said,

    Oktober 13, 2010 at 2:23 pm

    Saya ingin beli Pengering Pakaian Paijo .. dimanakah bisa pesan ?!

    • subur said,

      Oktober 20, 2010 at 11:19 am

      Weeeh lha wong pak paijo nya udah gak sempat buka internetnya.
      mending ngoprek sendiei ahhh,
      bikin pengering pakai kompor gas

  39. iswandi said,

    Oktober 3, 2010 at 12:16 am

    mas tulung infone tak tunggu secepatnya…maaf kalau ganggu aktivtas atau istirahat anda. tlg info kirim ke email kami iswandi_mutiarawanda@yahoo.com.
    matur nuwun.

  40. iswandi said,

    Oktober 3, 2010 at 12:08 am

    mas saya coba kirim ke email mr_paijo_paidin@yahoo.co id,kok ndak bisa ya?udah tak coba2 pengetikan alamat emailnya tetep ndak bisa.jadi tambah mumet..

  41. iswandi said,

    Oktober 2, 2010 at 11:05 pm

    mas saya mau minta tolong informasi : dengan daya listrik antara 150 sd 200 watt untuk menghasilkan deajat +- 70 derajat celcius ,penggunaan blower 12 cm, paling tepat menggunakan ukuran neklin diameter berapa mm? terima kasih. infonya ( ilmunya ) kami butuhkan.

  42. Dadang Sutarman said,

    September 23, 2010 at 10:24 am

    maaf pa tolong dikirim ke email saya???makasih..??

  43. Dadang Sutarman said,

    September 23, 2010 at 10:22 am

    pagi pa..kebetulan pa saya punya projek di suruh bikin penghangat buat tempat makanan kaya magicwarm gitu..ukurannya 135 x 60 x 145 cm,tempat makanannya di buat dari plastik..kira2 bs ga ya alat bapa di pake buat proyek saya dengan sedikit modifikasi??yang saya takutkan bakalan menyebabkan bau atau tdk..??mksh sebelumnya..??tolong di blz secepatnya karena saya sangat membutuhkannya..???

  44. Wanuri Abdurrasyid said,

    September 21, 2010 at 2:32 am

    Mas Paijo, terima kasih atas informasi pengering pakaian ini dan kami ingin tahu lebih detail mengenai mesin pengering ini,oleh sebab itu kami mohon alamat serta no telp. Panjenengan, harganya kira-kira berapa Mas?
    wanuri_nurramadhan@yahoo.com

  45. djuni siradz said,

    September 17, 2010 at 10:07 am

    pak, kalo mau beli pengering yang bisa mengeringkan pakaian dalam jumlah 25 kg. bisa bikin nggak? dan berpa biayanya

  46. apryl said,

    September 14, 2010 at 12:50 pm

    Mr paijo,boleh tau gak sistem kerja pengering pakaian ini? apa menggunakan listrik utk menyalakan alatnya.
    Saya punya proyek ttg pengering pakaian hemat daya tapi dengan menggunakan tenaga alternatif,tp saya masi bingung harus menggunakan tenaga apa… mr paijo klo tdk berkeberatan mohon beri masukannya ,sy masih awam ttg mslh teknik gni soalnya >.<
    kirim ke apryl_beautyangel@yahoo.co.id
    mohon dibantu ya pak…
    terima kasih

  47. asseker said,

    Agustus 3, 2010 at 10:10 am

    Mas Jo, pertama kami sampaikan trima kasih atas ilmu2 nya. sedkit sekali orang yang mau berbagi terbuka kayak sampen. saya minta ijin copy y mas paijo buat bikin ta terimakasih semoga di beri inspirasi terus dan menjadikan inofdatif

  48. Jabon said,

    Juli 20, 2010 at 12:13 pm

    saya tertarik denganin …..

  49. andi faisal said,

    Mei 6, 2010 at 12:47 pm

    Kalau kami berminat utk membeli pengering pakaian yang 2 rangkaian ( 600 watt ) bagaimana caranya. Tks.

  50. khanza threazhty said,

    Mei 5, 2010 at 8:35 pm

    saya pengen tau langkah kerja projek ini, untuk KIR..
    Jd tolong kirimin di email ini hxmha_11@yahoo.co.id

  51. Mei 4, 2010 at 9:31 am

    -saya butuh pengering yang bisa merapikan pakaian tanpa disetrika,hemat
    biaya dan hemat listrik.
    -saya juga punya ide pengolahan sampah langsung dimotor

  52. andi faisal said,

    April 21, 2010 at 4:53 pm

    Maaf apa alat tersebut sudah ada yg dijual utk umum atau harus pesan,kalau pesan kemana pesannya

  53. Luthfan said,

    April 17, 2010 at 1:43 pm

    salam eksperimen pak paijo…..
    saya ikutan ngopi artikel yg ada ya,,,,
    pengen buat eksperimen di rumah….
    terimakasih ilmunya…

  54. riskiprahmadani said,

    April 5, 2010 at 6:35 pm

    kalau boleh tau cara kerja pengering ini hampir sama dengan cara kerja pengering rambut ya?, terus gimana kalo pengatur panasnya di ganti dengan sensor panas pngatur suhu lumayan pengiritan untuk sensornya bisa ditafsirkan nelan dana sekitar 60.000 tahun 2008, skrg mungkin 150 Rb.

  55. Lopung said,

    Maret 18, 2010 at 11:16 pm

    boleh saya minta proposal atau pun langkah kerja projek ini…dan minta sekali gambar nya…sebab saya rasa saya nak jadikan projek ini untuk final exam saya…kalau boleh tolong hantar d email ini j.ser1@yahoo.com

  56. tedjo s said,

    Februari 2, 2010 at 3:32 pm

    pak, aku mau pake elemen seterika untuk pengering pakaian dan thermostatnya pake otomatis seterika tersebut….bisa gak? matur nuwun …….

  57. jabir said,

    Januari 19, 2010 at 2:57 pm

    Top banget idenya apa lagi sampai di pasarkan dalam negri

    • jabon said,

      Juli 21, 2010 at 3:45 pm

      setuju… harusnya anak bangsa banyak yang punya ide begini… mantabbbbbsss

  58. iip said,

    Januari 11, 2010 at 12:45 pm

    Hebat…pa paijo pesan 2 dong berapa nih harganya??/?/

  59. hENDY pRI said,

    Januari 7, 2010 at 10:49 pm

    Ide bpk cemerlang. Klo ada untuk loundry skala sedikit besar bagaimana pak? misalnya untuk 100 Kg per hari pakaian.
    Tks

  60. aris said,

    Desember 17, 2009 at 11:34 am

    salut……. saya dah praktekkan pak….walaupun tidak sama persis namun prinsip2 kerjanya saya aplikasikan di produk saya ini…… terimakasih pak paijo…..
    buat info…saya telah produksi dan telah saya jual u/ pengering pakaian dan pengering helm…..

    aris. aris.kuthur@yahoo.co.id

  61. Qohar Mahmudi said,

    Desember 9, 2009 at 7:11 am

    Mas Jo, pertama kami sampaikan trima kasih atas ilmu2 nya. sedkit sekali orang yang mau berbagi terbuka kayak sampen. Moga kehidupan anda sekluarga benar2 berkah, amin. mas, sy punya usaha laundry di bojonegoro, sy butuh pengering setidaknya utk kapasitas 10-25 kg. kira2 berapa mahanya? Nuwun

  62. Candy said,

    Desember 6, 2009 at 5:13 pm

    bisa ngga’ bang ijo opload materi dari elemen pemanas secara lengkap…

  63. Desember 2, 2009 at 3:55 pm

    Artikelnya bagus-bagus. ijin ngopy pasty posting2annya ya… mau tak sebarin ke murid2, maklum aq cuma tamatan D2 dan baru kenal internet.

  64. hendro said,

    Oktober 15, 2009 at 10:21 am

    saya punya usaha cuci dan strika kecil kecilan bagaimana cara untuk mendfapatkan pengering itu maaf bisakah saya membeli? no hp saya (022) 77876971

  65. maxrax said,

    Oktober 8, 2009 at 12:02 am

    mas Paijo… nih blog memberi inspirasi bwt saya… mohon kirimi gmbar detailnya dunk, saya akan menghadapi Tugas Akhir, dan mengambil tenteng pemanas… terima kasih sebelumnya…

  66. agung mahendra said,

    Oktober 2, 2009 at 9:43 am

    mas sy pngen coba buatin untuk ibu sya ..
    tp sy msih bny pertnyaan.klo elemenya persegi gmn cra ngbuat jd lingkaran??

  67. September 30, 2009 at 5:26 am

    Artikel yang inspiratif dan penuh ide. Yup memang benar mas, pemanas dari mesin cuci sering mengakibatkan kerusakan pada pakaian. Untuk elemen heaternya sendiri rata2 memiliki kapasitas hingga 2000 Watt. Itu pun dibarengi dengan putaran yang memiliki RPM cukup tinggi, Dengan cara seperti itu Pakaian pun akan cepat rusak.
    Untuk desain yang bapak tawarkan saya kira tidak terlalu memakan banyak biaya, Asalkan kita kreatif pasti bisa membuatnya. Elemen heater tidak harus selalu menggunakan yang bapak sebutkan bukan?.
    Saya akan mencoba bereksperimen dengan menggunakan elemen pemanas air teko, yang biasanya harganya 5000an per elemen. Dengan kombinasi rangkain seri paralel saya kira bisa dicapai suhu yang diinginkan. Apa pernah terlintas ide untuk menggunakan timer elektrik mas, sehingga kerja mesin pemanas menjadi otomatis. Atau timer mekanik seperti di bekas timer mesin cuci misalnya. Proses pengeringan pun bisa ditinggal.

    Oiy, saya punya blog dengan tema Elektro juga, saya minta tukeran link ya mas, silahkan kunjungi saya di http://www.infoservistv.co.cc/, Link mas sudah saya pasang di blog saya.Silahkan dicek.

    Semoga dengan banyaknya sharing ilmu elektro seperti ini ilmu kita semakin bertambah.

  68. Wahyu said,

    September 23, 2009 at 9:33 pm

    Mohon info no telpon bapak yg bisa dihubungi di nomer brp? krn kami juga membutuhkan mesin pengeringan, dan mohon info harga serta seberapa efektifkah alat tsb (lama pengeringan-biaya operasional alat), kami tunggu info-nya, terima kasih

  69. Liesyana said,

    September 8, 2009 at 9:20 am

    q ngopi ya . . .

    thx . . .

  70. Pudjiana Sanjaya said,

    September 2, 2009 at 4:46 pm

    mohon info ; dimana aku mendapatkan atau mau beli mesin pengering baju

  71. mukidevic said,

    Agustus 28, 2009 at 12:32 pm

    seharus Indonesia punya Paijo-paijo yang lebih banyak

  72. dodod said,

    Agustus 6, 2009 at 1:27 am

    kalo boleh minta no tlp mas paijo.n bales ke email saya ya mas…dododyudhi@yahoo.co.id

  73. dodod said,

    Agustus 6, 2009 at 1:24 am

    bagaimana cara mendapatkan mesin pengering ala mas paijo???trus kapasitas pengeringya berapa persen kering?dan berapa potong pakaian??berapa harganya????
    tolong konfirmasi kembali secepatnya????

  74. dodod said,

    Agustus 6, 2009 at 1:24 am

    bagaimana cara mendapatkan mesin pengering ala mas paijo???trus kapasitas pengeringya berapa persen kering?dan berapa potong pakaian??berapa harganya????

  75. Ryan said,

    Agustus 3, 2009 at 4:50 pm

    Wah udah pada di patenkan blom neh produk mas paijo, tar blog ini dibaca sama orang “Malingsia” kojur loh..

  76. winar said,

    Juli 27, 2009 at 2:16 pm

    pak kira kira uang yang dibutuhkan dalam pembuatan pengering pakaian tadi berapa ya? trus bahan2 apa semuanya bisa dibeli di toko elektronik?.thx

  77. agus said,

    Juli 27, 2009 at 1:45 am

    Nyuwun ilmu mbah…..

  78. onlygrace said,

    Juli 12, 2009 at 5:26 pm

    mas ini lulusan jurusan apa sih? Elektro? kreatif tuh. Oiya mas boleh tukar link dak? tinggalin comment di blogku aja kalo boleh

  79. kina said,

    Juli 10, 2009 at 11:26 am

    maz paijo,,sngguh kreatif yah!!!
    o ya,,aq boleh mempraktekan mesin pengering tu dalam lomba siswa teladan gak ???aq mnta ijin n mnta bimbingannya,,ataw mungkin da penemuan lagi,,,,
    tlong hubungi sya d email aq,,,
    mkacih,,,,,

  80. slamet said,

    Juni 19, 2009 at 1:31 am

    pak kalau ada skema mesin rumput untuk dijadikan penggerak sepeda pancal, atau mesin yang lain. Atau informasi di web yang lain, bagi teman2 tlg jika ada mesin seperti ini
    Trims, tolong dibalas

  81. thenmustverry said,

    Juni 9, 2009 at 11:25 am

    Pak, mau kirim email ndak tahu emailnya,
    jadi tanya di sini aja…

    ada kreasi bikin mesin gerinda meja (2 batu gerinda) pakai dinamo mesin jahit?
    kalau ada bisa tolong dibantu dimana artikelnya.
    tq

  82. Agustinus said,

    Mei 31, 2009 at 8:42 am

    Kalau saya mengeringkan cuciannya dgn memanfaatkan hembusan kipas (outdoor) AC pada malam hari. hembusan anginnya yang hangat dapat mempercepat pengeringan, usahakan agar selama menjemur pakaian ruangan tertutup sehingga dapat untuk menjemur pakaian dgn jumlah yang banyak. Tagihan listrik anda tidak akan bertambah karena kita hanya memanfaatkan angin yang terbuang sia-sia bila tidak kita manfaatkan

  83. wongcakep said,

    Mei 25, 2009 at 1:04 pm

    mau nanyak mas butuh berapa wat untuk mengeluarkan suhu sebesar 40C dalam ruanggan tetas telor……………..! vepet di balas soalnya bersifaat terburu buru

  84. budi said,

    Mei 14, 2009 at 12:31 am

    maaf pak paijo…. boleh komentar ya saya…..
    saya dah praktek buat mesin pengering bapak dan hasilnya tagihan listrik saya jadi jebol tuh. Skarang saya pake pengering buatan sendiri juga tapi panasnya pake elpiji. ternyata lebih cepat kering dan lebih irit kok pak.

    • jovan said,

      Januari 28, 2011 at 7:13 am

      bisa minta dibikinin pengering pakaian buatan anda apa ndak…?yang pakek gas…

  85. yulian mirza said,

    April 29, 2009 at 2:33 am

    wah, nice info….
    bisa buat ngeringin helm juga ga nih…

    kira2 klo dikali pake elemen yang sekarang beredar dipasaran bisa ga ya?
    klo bisa pake yang tipe apa? tks untuk jawabannya

  86. toto said,

    April 27, 2009 at 1:50 pm

    klo mau beli mesin pengering hasil karya mas paijo bisa gak ?
    berapa harganya ?
    balas via email yaa …
    thanks ..

  87. wibowo said,

    April 24, 2009 at 6:55 pm

    izin untuk saya kembangkan pada sekolah kami, sebagai media pembelajaran. dan untuk digunakan sebagai bahan uji kompetensi siswa.

  88. andy said,

    April 1, 2009 at 1:55 pm

    mas paijo mesin penbgeringnya dijual kagak? kalo dijual maharnya berapa bos?

  89. skywalker_skyline said,

    Maret 31, 2009 at 12:21 pm

    Yang ini biasa saja…..
    Aku dah pernah coba….
    malah dengan skala besar dengan cost yang besar dan untuk aplikasi yang lebih besar, ditahun 2007

  90. ando said,

    Maret 31, 2009 at 8:29 am

    saya punya rencana bikin alat pengering helm,yg bisa kering dalam waktu 30-45 menit..kira 2 mas saya bisa dibantu gak…?

  91. Sumantri said,

    Maret 19, 2009 at 11:28 pm

    Selamat malam Pak De,

    Saya minta ijin untuk mempraktekkan teori di atas, matur nuwun atas informasi dan juga Ide-idenya

  92. ahmad oer said,

    Maret 11, 2009 at 7:27 am

    Saya dukung terus kang paijo, sy tertarik dengan elemen yang dijual. Kalau bisa tolong saya diberi no hp-nya agar dapat ngobrol langsung untuk pesan.

    Matur Nuwun.

  93. mahmud said,

    Maret 8, 2009 at 9:34 pm

    bang mw tanya ne, anda kan membuat alat pengering dengan elemen setrika, anda tau gak setrika uap itu elemen2 atau komponen2nya apa aja se???

  94. bambang sutrisno said,

    Maret 6, 2009 at 9:35 am

    1.pak gimana kalau elemen pemanas dibuatkan ruang/kotak tersendiri dan ditempatkan pada lempengan alumuniam , fungsi fan menyalurkan udara panas dari ruang/kotak tersebut?
    2.Mohon bantuan bapak untuk mendesain pengeringan untuk hasil produksi pertanian seperti cabe, dodol nangka/tomat/sale pisang. Saya harapkan nantinya dapat membantu Bapak2 petani kita untuk meningkatkan kwalitas hasil produksi pertaniannya dan untuk mengantisipasi jika terjadi harga produksi turun dan menghindari permainan tengkulak2 yang tidak bertanggung jawab.
    3. Dengan gencar2 nya pakar membuat energy terbarukan dan untuk maksud yang sama dg no 2 bisakah Bapak mendesain alat DESTILASI untuk bioethanol. Kalau kita jelajah di internet penawaran harga DESTILASI itu sampai puluhan juta rupiah. Kami harapkan desain Bapak dapat terjangkau dengan kantong Bapak2 tani kita.
    Terima kasih. Mohon desain dpt dikirim ke email saya.
    Trisno Mataram-NTB

  95. ade said,

    Maret 4, 2009 at 4:49 pm

    mas tlong bantu aq ya mas aq mhsiswa smter akhir
    TAq bkin pngering jamur tp aq msh bngung wat nentuin pemanas yang digunakan??
    minta bantuannya ya mas

  96. hengky.irwanto said,

    Februari 25, 2009 at 11:50 am

    Salam perkenalan Mas Paijo.. nama sy hengky.. sy sangat tertarik dengan mesin pengering buatan Mas Paijo.. Bisakah sy meminta alamat atau no telp supaya sy bisa Menghubungi.. Terima kasih atas perhatiannya.. sy sangat Menunggu Kabarnya.. (hengky_irwantoo@yahoo.co.id)

  97. fahri said,

    Februari 19, 2009 at 5:35 pm

    bravo untuk paijo……..jangan sungkan2 bagi ilmunya yah,coz ilmu gak bakal abis walaupun disebarluaskan,sekli lagi bravo untuk paijo………

  98. rio said,

    Februari 16, 2009 at 2:34 am

    masa paijo yang saya hormati dan saya baggakan….
    saya ingin sekali memiliki alat tersebut tapi masalahnya saya tidak mengerti sama sekali tentang listrik dan elektronik,dan saya ingin mencoba tapi saya tidak berani mengambil resiko, karna saya benar2 tidak paham, maka apakanh mas paijo menjual alat pengering pakaian tersebut, dan berapa biaya yang yang dikeluarkan untuk alat tersebut, berapa lama waktu yang diperlukan untuk proses pengeringan pakaian. apakan mas paijo bisa membuat alat pengering untuk mengeringkan pakaian sebanyak 50 kg, karena pakaian yang masuk di laundry saya mencapai 300 kg/ hari.

    terima kasih sebelumnya maz
    saya harap mas berkenan menjelas kan semua pertanyaan saya

  99. Deddy said,

    Februari 7, 2009 at 1:58 pm

    Pak Paijo, tolong dong kirim ke email saya gambar detail tentang kipas pengering pakaian dan pemotong rumputnya. soalnya alat yang saya buat bikin baju jadi bau apek. makasih ya pak…. deddy

  100. Sherly said,

    Februari 5, 2009 at 9:56 pm

    Mo nanya nih, kipas pengering pakaiannya dijual apa gak? kalau dijual berapa harganya? please reply donk ke email saya. thanks. sherly

  101. toha said,

    Januari 25, 2009 at 7:35 am

    Mungkin kalau pengering lebih efektif dan efisien menggunakan heat pump karena di sistem heat pump ada proses pemanasan sekaligus dehumidifikasi. Jadi walaupun suhu yang dihasilkan tidak terlalu tinggi tapi kelembaban yang ada pada pengering bisa berkurang.

  102. darmin said,

    Januari 22, 2009 at 4:14 pm

    Saya tertarik dengan apa yang telah bapak temukan, temuan ini pasti dapat meringankan beban kita. saya boleh minta ijin untuk minta data alat yang bapak buat. Saya ingin coba hubungkan alat bapak dengan sumber dari energi matahari (Menggunakan Solar Cell).

  103. didik said,

    Januari 9, 2009 at 10:39 am

    tolong di emailkan alamt anda dan no tlpny

  104. wahyudi said,

    Oktober 30, 2008 at 8:52 pm

    ass.

    waah saya bagaikan menemukan albert einsten nya indonesia ..

    ide2 om sangat lah inovativ nd unggul ..

    saya mau mta ijin untuk mengcopy ide dri om untuk saya presentasikan dalam ujian kompetensi d smk negeri saya bersekolah guna memenuhi persyaratan kelu2san jurusan listrik .,, karna saya tidak memiliki ide apa2 dan saya juga harus focus trhadap ujain nasional nd uas ..

    tapi tenang saja om saya akan mencantumkan nama om .paijo sebagai penemu alat ini …

    trima kasih banyak ia om ..

  105. laskar_pelanngi said,

    Oktober 22, 2008 at 10:24 pm

    mas paijo saya mw buat tgas akhir jemuran otomatis, tlng bantuin dong. lebih baik pake sensor apa dan microconroller apa. thanks mas paijo

  106. herman said,

    Agustus 15, 2008 at 7:53 pm

    thank atas idenya untuk mesin pengering pakaian mas paijo.
    saya sudah mengaplikasikan ide sampean ke mesin exel heat blower saya.
    unit sudah banyak yang kejual. mungkin rejeki anak saya bisa (bisa buat tambahan beli susu kaleng) salam
    her,man

  107. awan said,

    Agustus 15, 2008 at 6:37 am

    mas’e kulo arep bikin alat press sablon dengan metode transfer panas.Kulo ora ngerti piye langkah awale???kulo arep minto pencerahan dari panjenengan…Soal’e iku nyangkut karo tugas akhir ku neng kampus!!!!!
    plis kang mas,,,pencerahane…..wis DEATHline iki…….
    Dibales nggeh mas…..

    matur suwun sanget

  108. Ferry said,

    Agustus 8, 2008 at 12:06 pm

    Assalam.wr.wb

    wah, idenya sangat kreatif. mw nanya nie, kl elemen pemanas diseri apa manasinnya ga tambah lama krn tegangan yg masuk elemen kan jd brkurang.
    trs kl elemen yg beredar dipasaran yg aga bagus merek apa yah? tentunya dengan watt dan harga yg ga terlalu tinggi.
    bolehkah saya minta tutorial lengkap dan gambar yg lbh jelas? bs dkirim lewat email jika boleh. pheroz_piero@yahoo.com
    saya mhsw PTN yg mw tugas akhir, juga soal mesin pengering, tp untuk keperluan lain. mohon bantuan dan terima kasih atas infonya.
    bolehkah minta alamat email atau YM untuk berkonsultasi (jika boleh)
    skali lg terima kasih..

    wasslm.wr.wb

  109. budiest said,

    Juli 15, 2008 at 10:59 am

    saya tertarik sekali dan memang yang saya cari2. tapi mengingat listrik mulai mahal dan bbm+lpg tambah susah+mahaal, saya punya ide untuk membuat pemanas dengan pemanas dengan arang atau briket batubara. mungkin gambaran ide bapak akan membantu pembuatan ide saya. trims atas ilmunya.

  110. grizzly said,

    Juni 9, 2008 at 2:20 am

    Mas Paijo.. itu alat nya bisa saya pesan gak…??
    paling kecil itu daya listriknya brapa?
    tolong mas, saya mau buka usaha laundry
    baru mau cari pengering pakaian, klo mas mau jual alat itu, saya mau aja. masalah harga, kita bicarakan lewat email aja. ini email saya:
    grizzlybearzzz@hotmail.com
    tolong ya mas…. thx before ^_^

  111. saerozi said,

    Juni 5, 2008 at 1:21 pm

    wah kreatif banget, tapi kok suku cadangnya mahal ya, ntar aku coba dengan peralatan yang sederhana yang ada dirumah.

  112. saleh said,

    Mei 31, 2008 at 11:47 am

    Pak Paijo, coba deh yang pake tenaga surya. BBM naik>listrik naik>semua naik. kecuali sang surya karena bukan punya manusia dan hanya sebagai pemanfaat aja. trims. selamat berjuang

  113. mella said,

    Mei 26, 2008 at 2:29 pm

    mz paijo..dimana saya bisa ngubungin kemana nih untuk minta tolong ke teamnya mz paijo untuk pemesanan mesin pengeringnya.krn sy butuh sekali untuk usaha laundry yang masih kecil dan baru saja saya rintis.saya tpi sy cari mesin dg daya yang tidak terlalu tinggi. terima kasih.

  114. Ian said,

    Mei 24, 2008 at 12:31 am

    TOP BGT

  115. sugeng riadi said,

    Mei 6, 2008 at 9:19 pm

    kang paijo saya kagum dengan karya anda, mohon ijin saya kopi dan saya pelajari untuk bahan eksperimen sendiri, terima kasih

  116. Alfafan said,

    Mei 4, 2008 at 7:39 pm

    salam kreatif

    terimakasih sebelumnya karena paijo sudah mengijinkan saya utk mengcopy
    pompa air tenaga gravitasi saya akan mencoba! itung2 irit listrik… kan udah di intruksikan sm presiden tho?
    pak paijo saya boleh minta bantuan ga? saya pedagang bambu, mau mengubah limbah bambu menjadi barang spt; tusuk gigi, supit dan bahan setengah jadi utk sangkar burung. permasalahan saya adlh tidak punya ilmu untuk membuat alat/mesin utk hal itu. mohon bantuan pak paijo dong…. NIAT SAYA UTK MEMBUKA LAPANGAN PEKERJAAN. thanks sblumnya n salam sukses selalu

  117. irwin said,

    April 1, 2008 at 11:31 am

    pak paijo jadi kalau saya mesan satu sama bapak berapa ya kira-kira harganya…sebab saya butuh sekali dgn alat pengering bapak…tlg dibalas ya pak ke email saya…

  118. wahyu said,

    Maret 28, 2008 at 6:40 am

    balas juga ke email…
    trim

  119. wahyu said,

    Maret 28, 2008 at 6:39 am

    bos alamatya dimana??
    rangkaian yang sudah jadi ada gak??
    aku disolo

  120. khoirul ansori said,

    Maret 27, 2008 at 6:47 pm

    P paijo infonya bagus banget sy sangat tertarik karna sy punya usaha laundry dan sangat memerlukan pengering alamat p paijo dimana apa bisa pesan jadi dan berapa harganya karna sy mau merakit sendiri buta electronik mohon bantuannya terima kasih P Paijo.

  121. meki marizal said,

    Maret 25, 2008 at 11:19 pm

    pak ijo saya minta data n sekalian ngopi ya….
    saya juga ingin coba ngembangin alat pengering pakain ini.
    moga-moga data bapak sangat bermanfaat bagi saya.
    dan mohon juga panduannya jika saya butuh.
    terima kasih ya….

  122. prabowo said,

    Maret 3, 2008 at 1:49 pm

    Pak Paijo, saya kagum atas ide-ide gila yang dibuta oleh bapak, saya juga puna ide-ide gila Pak mohon saya diterima sebagai pengaggum ide-ide gila dari semua rekan-rekan ang tergabung di milis ini.
    Ide saya adalah sepeda flexible roda dua untuk dimuat 4 orang ( sepeda fun )…saya akan kirimkan idenya….

    salam hormat,

    praboowo–sedikit agak gila

  123. Ondeg said,

    Februari 28, 2008 at 10:42 am

    Wah pak Paijo kok kreatif banget. Saya pengin tanya gimana tuh bentuk rielnya. Trus pakaian yang dikeringkan posisinya gimana. Saya dulu pernah waktu punya anak kecil, nggunakan kurungan ayam, lampu yang wattnya gede, dan kipas angin, tapi ndak berpikir pake elemen pemanas, wah pak Paijo memang hebat, maju trus pak Paijo.

  124. Balthazar said,

    Februari 26, 2008 at 7:17 pm

    Yth. Pak Paijo
    saya sangat tertarik untuk membuat mesin pengering pakaian ini,
    boleh saya mina tutorial berupa gambar yang lebih jelas?
    masalahnya saya agak sulit untuk membayangkan sesuatu hal yang baru
    haha…dan juga sekarang ini matahari nongolnya kurang lama.
    Terima kasih berat.
    GBU

  125. Paijomacan said,

    Februari 19, 2008 at 9:59 pm

    sorry pak paijo, saya juga pakai nama yang agak sama. Paijomacan, he2. Istri saya usaha londri. Pake elektrolux untuk mesin pengeringnya. Ada dua macam: satu asli produk italy yang lain bikinan Thailand meski merk-nya sama. yang asli dari Italy ini cuma butuh waktu 1/2 jam untuk keringkan 6 kg baju. Yang thailand ini perlu satu jam. Itu pun tidak semuanya kering. Dulu tampilan blog sampeyan gak semenarik ini meski isinya mantab….semoga sukses kang!!!!
    Yang jadi masalah ya itu watt-nya gede….ada mesin bikinan dalem negeri yang pake gas juga..tapi kok ya saya lihat temen saya repot banget pakenya…

  126. wawan said,

    Januari 30, 2008 at 10:13 pm

    ok bgt paijo, wong indonesia pinter ngakal, jepang sampe kalah otaknya

  127. abde said,

    Januari 30, 2008 at 1:16 pm

    pak saya sudah lama membuat alat pengring tapi saya ada kendala di bagian yangbsangat saya kuatir kan yaitu bukti sautu bahan yang dikering kan ini kering saya harus menggyunakan sensor apa? kata banyak referensi yang saya baca saya harus mengunakan sensor kelembaban udara. saya mohan bantuan bapak untuk membuatkan sensor kelembaban udara..tenk ya pak

  128. roolee said,

    Januari 27, 2008 at 9:08 pm

    @ mas nanang… coba baca quote ini, saya copi ken untuk anda

    …Pelumasan ( pemberian grease jenis Lithium Complex ) cukup dilakukan 6 bulan sekali pada poros kipas angin supaya tidak macet dan tahan lama….

    pelumasan ditujukan untuk pemeliharaan kipas angin aja, kayak motor, perlu ganti oli tiap bulan…lha kalo kipas angin yah kalo mau awet ya dikasih grease.
    ok.

  129. MAS NANANG said,

    Januari 27, 2008 at 6:15 pm

    maaf, mas saya ingin mencari artikel yang memuat tentang pembuatan mesin pengering pakaian. saya kesulitan dalam mencari gambar foto selengkapnya untuk mesin tersebut. dan saya ingin bertanya apakah fungsi dari pelumasan yang dilakukan setiap 3 bulan sekali.
    sekian pertanyaan dari saya, dan mohon bantuannya ya mas terima kasih

  130. debothgund said,

    Januari 24, 2008 at 7:20 pm

    bpk penemu ijo yang canggih,
    mesin pengering buatan anggota team bpk yang hemat energi itu cara kerjanya seperti apa (diputar-putar, atw lainnya)
    25 potong 11 jam kayanya lumayan lama, mungkin karena wattnya kekecilan kali, watt nya irit sih cuma 160 watt,
    pemakaian ruangnya gimana ( berapa X berapa X berapa )
    kebetulan saya lagi nyari alat yang mempercepat keringnya pakaian basah, namun tempatnya agak terbatas (RSSS). oya rupiah yang harus disiapkan untuk mendapatkannya berapa ya? terima kasih

  131. RIO said,

    Januari 18, 2008 at 2:48 am

    pak paijo saya sangat membutuhkan mesin pengering bapak.
    berapa maharnya untuk mengganti mesin tersebut.terima kasih

  132. A.Sulaiman said,

    Januari 9, 2008 at 2:09 pm

    saya punya bayi, tapi saya ngga bisa buata mesin pengering sendiri,boleh ngak pesan 1 buah PENGERING PAKAIAN “PAIJO”
    By Paijo?
    harganya brp?thanks

  133. roolee said,

    Januari 9, 2008 at 12:59 pm

    pakdhe, nanya..
    lebih efektif mana menggunakan elemen heater+kipas dengan QUARTZ heater yang ditaruh di empat sudut ruang ?
    kalo berdasar penjelasan pakdhe, bahwa keringnya pakaian dipengaruhi oleh 2 faktor (suhu dan sirkulasi), kan yang make quartz tinggal diangin-angin saja.

    matur nuwun sakderenge.

  134. ARI said,

    Januari 7, 2008 at 11:02 pm

    Pak Jo,tolong bisa dikasih rangakaian yang 3 fasa terbuat dari satu fasa digabung 3,dan sekalian syaratnya. Terimakasih. Terus eksperimen ya.. tak tunggu hasil karyanya.

  135. roolee said,

    Januari 6, 2008 at 4:15 pm

    bikinin donk jo…! kirimin ke cikarang, dengan harga murah ya…maklum ekonomi lemah

  136. paiman said,

    Desember 11, 2007 at 9:48 pm

    penemuanmu tek pakai tugas persentasi yo!!!!!!

  137. azhar said,

    November 28, 2007 at 6:02 am

    Yth, P Paijo
    saya jadi ingat dengan sistem pemanasan mesin tetas buatan yang menggunakan sumber panas bohlam lampu. nah kalo pemanas ini menggunakan bohlam sebagai sumber pemanasnya gimana? misalnya pake lampu sorot yang whatt nya besar?

  138. Kha said,

    November 12, 2007 at 7:55 pm

    Lagi ni Pak…
    Ternyata listriknya tu setrika 1600w, udah keburu dibeli. Gak teliti nih. Gimana donk? Terima kasih banyak Pak..
    Keep The Faith!

  139. Kha said,

    November 12, 2007 at 7:40 pm

    Brapa biayanya plus ongkos kirim ke yogya Pak? Untuk kamar ukuran 2,5 x 3m bisa? Ngomong2 bisa bantu gak pak, kalo setrika uap yang biasa dijual kan tempat airnya sedikit tuh. Mensiasatinya untuk dikasih selang kecil gimana? Mereknya Philips. Terima kasih banyak.
    Keep The Faith!

  140. Paijo said,

    November 9, 2007 at 12:07 pm

    @ Sersan
    Terimakasih informasinya.

    @ Wida
    Terimakasih atas dorongan semangatnya.

    @ Kha
    Kalau anda berminat dan serius, ada anggota team saya yang bisa membuatkan pengering hemat energi desain baru. Kapasitas 25 potong cucian, listrik 160 wat, lama pengeringan 11 jam. Kalau mau kapasitas besar juga bisa tapi listriknya juga lebih besar.

    Terimakasih dan salam eksperimen.

  141. Kha said,

    November 8, 2007 at 4:24 pm

    Bos Paijo, mbok saya mau dibuatin mesin pengeringnya…buat bisnis laundry. Karena kebanyakan mesin yang dijual butuh energi gede (2200 watt). Gimana? :-). Keep the faith!

  142. wida said,

    Oktober 27, 2007 at 10:11 pm

    semangat pak…………

  143. sersan said,

    Oktober 10, 2007 at 12:28 pm

    Ada teman yang punya sanyo lektrik oven 1200 watt dan mau dijual. Barang masih bagus, jarang pakai. Sebab listrik rumahnya cuma 900 watt. Kalau ada yang minat kontak aja via email

  144. Paijo said,

    Agustus 24, 2007 at 10:46 am

    @ Ali
    Blognya sudah jadi apa belum ya, kan saya sudah invite.

    @ Roedhie
    Untuk menyambung 3 buah generator arus AC satu fasa ( ketiganya harus identik / sama persis ) menjadi sebuah sistem generator arus AC 3 fasa diperlukan dua hal saja yaitu :
    Pertama, ketiga poros generator dihubungkan secara mekanik menggunakan gir atau rantai atau sambung langsung dengan selisih fase ( sudut ) tertentu tergantung jumlah kutub magnet yang digunakan. Selisih fase = ( 240 : jml kutub ) derajat busur. Jumlah kutub magnet selalu genap 2,4,6, dst karena berpasangan kutub utara dan kutub selatan.
    Kedua, kabel netral ( nol ) dari tiap-tiap generator dihubungkan jadi satu menjadi terminal nol. Pastikan bahwa kabel netral dari setiap generator berada pada posisi yang bersesuaian satu sama lain pada coil. Sedangkan kabel fasa dari tiap-tiap generator secara berurutan akan menjadi terminal R, S, dan T. Gambarnya belakangan pak, masih sibuk. Tapi anda bisa coba untuk menggambarnya dulu sesuai data jumlah coil dan jumlah kutub magnet pada generator yang anda pakai kemudian anda kirim ke e-mail saya ( mr_paijo_paidin@yahoo.co.id ) untuk saya check dan saya bantu hitungkan.

    @ Pakdhe
    Pengalaman saya memakai alat tersebut selama bertahun-tahun tidak pernah ada keluhan macam itu.

    @ Erwin
    Saya bisa membuatkan untuk anda tapi terus terang saya kesulitan waktu dan juga kesulitan menentukan harganya karena elemen pemanas dan thermostat yang saya gunakan adalah barang langka di Indonesia dan merupakan koleksi pribadi saya sebagai seorang eksperimenter yang akan saya pajang di galeri saya sebagai media belajar. Saya sarankan anda untuk memesannya di tukang elektronik dengan memperlihatkan gambar yang dapat anda copy ke harddisc. Elemennya bisa digunakan elemen setrika model baru yang berbentuk huruf V. Sedangkan thermostat, anda dapat menggunakan thermostat dari pemanas air ( mungkin agak susah dicari ) atau thermostat setrika. Tapi kalau anda memang mau sekali dengan pengering bikinan saya, saya hanya bisa melepasnya dengan harga Rp 2 juta sdh termasuk ongkos kirim dan garansi 1 tahun.

    @ Emmy
    Alat seperti yang anda fikirkan sudah berhasi dibuat oleh team saya dan menjadi juara 2 lomba elektronik tingkat nasional di ITS Surabaya. Kapasitas pengeringan 15 potong pakaian dan masa pengeringan sekitar 11 jam. Daya listrik 220 volt 140 watt. Saran saya, anda gunakan sensor basah atau sensor kelembaban untuk mengengendalikan elemen pemanas dan kipas / blower.

    @ Budi
    Waktu pengeringan 6-8 jam untuk 30-50 potong pakaian karena ruangan yang saya pakai terlalu besar.

    @ Denny
    Siapapun boleh saja mencoba dan mempraktekkan semua yang telah saya posting di blog ini. Tujuan saya ngeblog memang untuk berbagi informasi dan pengalaman.

    @ Roslina
    Selain komponen yang anda sebutkan tersebut, masih ada bagian lain yang penting yaitu unit sensor ( sensor basah / humidity ), thermostat dan unit pengendali ( control unit ). Unit pengendali membaca hasil sensing dan mengolahnya dalam logic gate untuk mengontrol heater, blower, dan exhaust.

    Terimakasih dan salam eksperimen.

  145. roslina said,

    Juli 20, 2007 at 1:14 pm

    saya mahu mereka alamari pengering baju yang mempunyai heater,blower,kipas ekzos serta tempat penyangkut baju itu boleh berpusing.tp masalahnya,saya tidak tahu bagaimana ingin membuat pendawaian bagi bahan2 tersebut

  146. Denny said,

    Juli 5, 2007 at 1:31 pm

    Pak Paijo.
    Saya baru tahu dan baru gabung disini, boleh nggak experemen apa yang sudah pernah ada.

    Terima kasih
    Salam

  147. budi said,

    Juni 30, 2007 at 7:37 pm

    bos berapa lama jadi keringnya.
    tengkiu

  148. emmy said,

    Juni 23, 2007 at 9:51 am

    Pak Paijo
    saya perlu membuat projek untuk pengajian tahun akhir saya dalam bidang kejuruteraan elektrik (ijazah sarjana muda). Saya ingin mendapatkan nasihat dan pandangan mengenai projek yang telah saya fikirkan ini.Ia berkenaan almari pengering pakaian. Cara menggunakannya mudah cuma letakkan pakaian yang sudah dikeringkan oleh washing machine, tutup alamri dan selepas 1 jangka masa almari dibuka dan pakaian sudah bolah dilipat.

    terima kasih

  149. Erwin said,

    Juni 7, 2007 at 6:39 am

    Pak Paijo yang kreatif…,
    Pak kebetulan saya mau bisnis laundry di Jogja, kira2 Bapak sempat nggak mbuatin buat kami, nanti biaya dll silahkan dikalkulasi dahulu, terus setelah kompromi baru dikerjakan. Terima kasih

  150. pakdhe said,

    Juni 4, 2007 at 12:58 pm

    gini pak tapi dengan sirkulasi udara yang tidak lancar membuat baju jadi berbau gak enak tapi kalo banyak sirkulasi baju lama keringnya .gmn pak

  151. Roedhie said,

    Mei 22, 2007 at 1:07 pm

    Pak Paijo yang baik……

    Saya mau tau juga tuh… cara nyambung generator 1 phasa menjadi tiga phasa.
    Kalo Pak Paijo berkenan boleh dong kirimin saya gambar pemasangannya

    Terima kasih…..
    Salam eksperimen

  152. Roedhie said,

    Mei 22, 2007 at 12:55 pm

    @Ferri Adisumarta

    Mas Ferri yang baik…
    dulu rangkaian yg pernah saya buat itu digunakan untuk menjalankan mesin dc shunt dengan keluaran 0 – 200 V. Sekarang ini saya mau coba cara yang lain yaitu dengan sistem tiga fasa. Namanya aja eksperimenter Mas…
    ya suka coba-coba….. gitu lho…

    Kalo Mas Ferri bisa bantu saya, boleh dong kirimin saya rangkaian tersebut…..

    thanks atas bantuannya.

    salam eksperimen

  153. ali said,

    Mei 11, 2007 at 5:03 pm

    chayo pak..

  154. Paijo said,

    April 16, 2007 at 8:35 am

    @ Fadly
    Saya belum teliti soal itu, mungkin ada eksperimenter lain yang mau menilitinya lebih lanjut. Terimakasih.

  155. Fadly said,

    April 13, 2007 at 1:52 pm

    dah riset cost benefitnya blom ?

  156. Paijo said,

    April 13, 2007 at 11:22 am

    @ Roedhie
    Terus terang, saya tidak tahu banyak tentang seluk beluk power suply, apalagi yang tiga fasa. Saya juga tidak punya informasi apalagi rangkaian yang anda perlukan. Kalau genset tiga fasa atau cara merangkai tiga buah generator ( dynamo ) satu fasa menjadi sebuah sistim generator 3 fasa saya tahu caranya.

    @ Feri Adisumarta
    Kalau pak Feri punya informasi atau rangkainnya, mungkin bisa membantu pak Roedhie.

    Terimakasih dan salam eksperimen.

  157. Feri Adisumarta said,

    April 13, 2007 at 10:39 am

    @ Roedhie
    Kalu boleh tau untuk apa mas?
    dan perlu output tegangan berapa?

  158. Roedhie said,

    April 12, 2007 at 10:43 am

    Pak Paijo….

    Saya pengen membuat power supply 3 phasa yang dapat dikontrol keluarannya, apakah Bapak tahu rangkaiannya…???
    Dulu saya pernah buat yang satu phasa pakek IC TCA 785, alhamdulillah berhasil. Sekarang saya mau cobain yang tiga phasa tapi saya gak punya rangkaiannya.

    Mohon Bantuan Pak Paijo…

    Terima kasih…..
    Salam eksperimen…

  159. Paijo said,

    April 11, 2007 at 12:45 pm

    @ Roedhie
    Silahkan dicoba pak Roedhie, semoga bermanfaat untuk anda dan juga untuk tempat kerja anda. Salam eksperimen.

  160. Roedhie said,

    April 11, 2007 at 12:19 pm

    Pak Paijo yang Baik…..

    Saya mohon ijin untuk mencoba penemuan Bapak Yang ini, Boleh ya…..

    Saya mau coba ajukan sebagai bahan penelitian ilmiah di tempat saya kerja…

    Terima Kasih Pak…

  161. Paijo said,

    Maret 26, 2007 at 11:48 am

    @ Feri Adisumarta
    Yang anda lakukan sudah sangat tepat dengan situasi yang anda hadapi. Semua jenis mesin pendingin seperti kulkas, freeser, AC, dsb selalu memiliki bagian pembuang panas ( bukan elemen panas ). Udara yang keluar dari pembuang panas ini cukup panas untuk mengeringkan cucian termasuk jeans, handuk atau sepatu sekalipun. Tinggal dibuatkan pengarah berbentuk corong yang mengalirkan udara panas ke box yang berisi tempat menggantung cucian, maka jadilah pengering pakaian. Selain itu, panas dari pembuang panas juga digunakan untuk memanaskan ( menghangatkan ) air untuk keperluan mandi. Tinggal dibuat jaringan pipa dan penyerap panas di dekat pembuang panas serta tangkin penyimpanan air panasnya saja. Yang belum bisa adalah kalau untuk membakar ikan atau sate karena temperatur pembuang panas tidak cukup tinggi untuk keperluan tersebut.

    @ Iqbal
    Terimakasih atas kunjungan dan apresiasi anda.

    Terimakasih dan salam eksperimen untuk semua.

  162. iqbal said,

    Maret 25, 2007 at 11:46 pm

    ide cemerlang yang sangat bermanfaat

  163. Feri Adisumarta said,

    Maret 20, 2007 at 3:40 pm

    Salam tepat guna.
    Kalau saya lain mas, saya lebih senang memanfaatkan energi panas yang sudah ada.
    Idenya waktu masih kecil kan sering pulang sekolah mainan kotor dan becek sehingga sepatunya jadi kotor. Nah sama ibu biasanya sore dicuci dan untuk mengeringkannya di jemur di belakang kulkas….ha ha ha ha kulkas dulu kan ada elemen panas dibelakangnya…
    contohnya kebeneran di rumah kan pake AC, anak2 sekarang maunya tidur pake AC.
    Nah bagian Outdoor (Compresor AC) kan membuang panas dari ruangan.
    Anginnya udah kenceng dan hangat.
    Tinggal sedikit modifikasi dengan membuat saluran keluaran Compresor AC tersebut ke tempat pengeringan.
    (tp jangan menutup bagian belakang compresor karena itu untuk saluran masuknya udara yang masih dingin. juga saluran buangan tadi juga jangan ditutup juga.)
    Terimakasih kalau berkenan.

  164. Paijo said,

    Maret 7, 2007 at 10:16 am

    @ Tanty
    Karena rangkaiannya cukup sederhana, maka tidak perlu perhitungan teoritis segala. Lagi pula semua komponennya sudah tersedia di toko-toko elektronik sehingga tinggal mencari yang ukuran fisik dan kapasitasnya cocok dengan kebutuhan. Kalau neng Tanty berminat untuk mengetahui perhitungan teoritisnya, bisa saya buatkan asal sabar menunggu 1-2 minggu. Yang dihitung adalah analisa tentang hubungan antara daya listrik ( watt ), banyaknya cucian yang dikeringkan, dan waktu pengeringan. Terimakasih dan salam eksperimen.

  165. tanty said,

    Maret 7, 2007 at 9:29 am

    alatnya bagus banget tpi perhitungan secara teoritisnya pake apaan yah mksh

  166. Paijo said,

    Februari 27, 2007 at 2:46 am

    @ Winerwin
    Saya akan terus berbagai pengalaman yang lain, terimakasih atas bantua doa anda.

    @ Ahmad
    Terimakasih atas dukungan anda.

    @ Rial Gito
    Alat itu tidak merepotkan saya tuh, selama bertahun-tahun gak pernah rewel dan nyaris gak perlu diurus. Harganya juga murah tuh, karena komponennya hasil memulung. Yang saya beli cuma kipasnya saja. Soal mahal atau murah, itu tergantung selera dan tuntutan kulitas. Kalau mau bagus kayak yang saya punya, memang mahal seandainya komponennya dibeli. Tapi kalau yang penting bisa dipakai bisa sangat murah, tinggal beli saja kipas angin, elemen setrika dan termostat di toko alat-alat listrik, mungkin gak sampai Rp 200.000,- sudah komplit.
    Jadi saran saya, kompromikan selera dengan isi kantong.
    Terimakasih dan salam eksperimen untuk semua.

  167. Rial Gito said,

    Februari 27, 2007 at 2:28 am

    kenapa pusing-pusing cari alat yang merepotkan ?
    bukannya sekarang udah ada alat yang praktis dan harganya juga tidak mencekik kantung uang kita.bisa enggak sih lebih murah dikit biayanya?

  168. Ahmad said,

    Februari 1, 2007 at 9:10 am

    ide kreatif, saya dukung sepenuhnya

  169. winerwin said,

    Februari 1, 2007 at 8:46 am

    wah ide anda bagus! kreatif! kesulitan memang membuat orang jadi mau berusaha ya. kecewa juga kenapa indonesia diberikan alam yang sangat nyaman. coba indonesia diberikan alam yang tandus, saya yakin bangsa indonesia lebih baik dari sekarang. sampai di sekolah-sekolah pun selalu tuh ditanamkan rasa malas harapan bangsa, “Yak kita harus berbangga tinggal di Indonesia karena mempunya letak strategis di tengah-tengah khatulistiwa, diapit oleh dua benua, juga mempunya alam yang subur, indah, dan iklim yang sempurna.” Dengan kalimat tadi cukup untuk merusak pikiran anak bangsa.

    Sudah enak, kok cari susah?

    Aduh maaf kalau ngomongnya jadi kemana-mana. Cukup kagum juga dengan semangat berbagi anda ya, semoga pembuatan prototype mesin anda cepat berhasil!


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 345 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: