REKOR LCEN XIV 2009

Memiliki obsesi merupakan hak semua orang, demikian juga saya sebagai seorang eksperimenter memiliki obsesi untuk mencapai prestasi tertentu. Salah satu obsesi saya adalah memecahkan rekor pada even Lomba Cipta Elektroteknik Nasional (LCEN) di ITS Surabaya, paling tidak jika dihitung sejak pertama kali saya terlibat pembinaan team tahun 2006. Adapun beberapa rekor yang sudah sudah tercapai sampai saat ini adalah:
1. Jumlah finalis terbanyak dari satu sekolah, karena seingat saya baru kali ini ada satu sekolah yang berhasil meloloskan 4 finalis sejak 2006. Saya tidak tahu apakah pada LCEN sebelumnya pernah ada atau tidak.
2. Jumlah team binaan terbanyak, karena sejak pertama membina KIR sejak tahun 2005 sampai sekarang, baru kali ini jumlah team binaan mencapai 29 team (28 team dari SMA + 1 team dari SMP). Biasanya hanya belasan team.
Sedangkan beberapa obsesi yang belum tercapai adalah:
1. Memboyong piala juara 1, karena sampai saat baru dapat meraih juara 2 pada tahun 2007. Berdasarkan peta kekuatan saat ini, saya optimis bisa memboyong piala mendiknas. Team saya sekarang jauh lebih kuat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Disamping siswa-siswa yang berbakat, sekarang saya juga dibantu 2 orang guru elekronika yang masih muda dan energik. Kalau tahun lalu, saya hanya single fighter yang berbekal kamauan keras yang dibantu beberapa teman yang sama-sama bonek juga.
2. Memborong piala dan langganan juara, ini obsesi saya selanjutnya sambil mecoba even-even lain yang lebih menantang dalam scoop yang lebih luas seperti LKIR LIPI, LPIR Dikmenum, NYIA LIPI, dan sebaginya.
Berikut ini adalah daftar 5 team finalis kebanggan saya beserta judul karnya mereka:
1. Team Alone Ranger (Wisnu kelas 2 SMP, Paijo yunior) dengan karya Detektor Telur Busuk, finalis kategori Elektronika Dasar Non-Mikrokontroler.
2. Team Sleeping Policeman (Ryan dan Vincent, SMA kelas XI IPA) dengan karya Dynamic Speedbump, finalis kategori Elektronika Dasar Non-Mikrokontroler.
3. Team X3 Crew (Oscar dan Christian, SMA kelas X) dengan karya Pengendali Pompa Air Otomatis, finalis kategori Elektronika Dasar Non-Mikrokontroler.
4. Team Parapluie (Desty dan Rino, SMA kelas XI IPA) dengan karya Mesin Stempel Otomatis Menggunakan Mikrokontroler PIC16F84, finalis kategori Elektronika Dasar Berbasis Mikrokontroler.
5. Team Juisils (Listiana dan Sita, SMA kelas XI IPA) dengan karya Helm Pijat, finalis kategori Elektronika Dasar Berbasis Mikrokontroler.
Dengan masuk babak final, satu tahap telah dilalui dan akan masuk ke perjuangan selanjutnya yang jauh lebih berat. Memang tidak akan mudah, tapi tidak mustahil untuk diraih. Untuk itu saya akan segera melakukan konsolidasi team finalis, orang tua finalis, team pembina, pimpinan sekolah, dan penyandang dana demi meraih tujuan bersama yaitu memenangkan LCEN.
Untuk team finalis kebanggaan saya, tetap semangat dan jangan terlena. Saya tahu dari dulu bahwa kamu semua hebat dan punya bakat yang luar biasa.
Untuk rekan team pembina KIR SMA YPS, mari kita sinergikan tenaga dan pikiran kita untuk sukses bersama.
Untuk rekan team pembina KIR SMP YPS, sekarang saatnya untuk mulai dan gunakan momentum bagus ini untuk menggerakkan semangat.
Untuk segenap bloger dan neter, mohon dukungan moril dan doa restu agar senantiasa lancar dan sukses.
Terimakasih dan salam eksperimen.

12 Komentar

  1. arief said,

    Juni 22, 2010 pada 11:27 am

    semoga barokah mas…

  2. Castro said,

    Januari 25, 2010 pada 9:47 pm

    Sing menang LCEN 2010 sopo kang jo ? 😀

  3. November 2, 2009 pada 3:02 am

    […] iya.. mau nyapa mas Paijo ah.. gimana mas.. Siswanya sudah siap berangkat kan?? Sampai ketemu di surabaya ya mas.. […]

  4. Dendi Pramana said,

    Oktober 17, 2009 pada 9:15 am

    Semoga obsesinya terwujud pak paijo, saya tunggu d “FINAL LCEN XIV 2009”.

    Dendi Pramana
    Panitia LCEN XIV 2009

  5. citra indah said,

    Juni 30, 2009 pada 5:04 pm

    mantappppp…..lanjutkan pakDhe

  6. Liliany Pamasi said,

    Juni 25, 2009 pada 10:14 pm

    pa’Guru!!! saya tertarik ma suLap, Blok yang lain di isi tentang sulap dunkZ!!!

    HA..HA..HA..:-D

  7. malik said,

    Juni 11, 2009 pada 5:39 pm

    sukses selalu..

  8. alli said,

    Juni 10, 2009 pada 1:52 pm

    ok pak, dtunggu kdatangannya

    vincent ma ryan ikut lagi tuh
    bakalan ramai ni

  9. Juni 1, 2009 pada 2:52 pm

    Luar biasa.
    Semoga tambah sukses Pak. Demi kemajuan bangsa & negara. Amin.

  10. pank said,

    Mei 30, 2009 pada 10:54 pm

    sip pak…mantaps…

  11. subair said,

    Mei 30, 2009 pada 6:59 pm

    Semoga lancar dan berkah Pak,.. Mantabbe’

  12. sueb said,

    Mei 30, 2009 pada 3:17 pm

    mas encokmas


Tinggalkan Balasan

