4 TEAM BINAAN PAIJO PESERTA LCEN 2008 ITS

Setelah melalui perjuangan panjang selama 4,5 bulan (Okt’07-Feb’08), akhirnya ada 4 team binaan yang berhasil menyelesaikan karya ilmiah yang diikutsertakan pada Lomba Cipta Elektroteknik Nasional 2008 di ITS Surabaya. Hard copy makalah dikirim hari Rabu, 20 Feb 08 sedangkan softcopy baru bisa terkirim Kamis 21 Feb sekitar pukul 00.20 WITA. Adapun judul karya tersebut adalah :

1. SOLAR POWERED BATTERY CHARGER oleh team Solar Generation. Alat tersebut memanfaatkan tenaga surya untuk menge-charge battery.  Sinar matahari difokuskan dengan cermin parabola. Pada titik fokus cermin, ditempatkan mesin stirling yang mengubah energi panas menjadi energi gerak. Poros mesin stirling memutar dinamo untuk menghasilkan listrik. Listrik yang dihasilkan disearahkan, dan distabilkan tegangannya untuk menge-charge aki. Listrik yang tersimpan di aki dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Untuk menghasilkan listrik 220 volt, dapat digunakan inverter.

2. PINTU AIR TAMBAK OTOMATIS oleh team Lucky Speckto. Pintu air tambak otomatis bekerja berdasarkan sensor level. Ketika level air laut naik mencapai level air tambak yang telah ditetapkan, maka unit pengontrol akan membuka pintu air supaya air laut masuk ke tambak. Pada saat air laut surut kembali dan telah mencapai level yang telah ditetapkan, maka unit pengontrol akan menutup pintu air tambak. Karena kebanyakan tambak jauh dari jangkauan listrik PLN, maka alat tersebut juga dilengkapi dengan sistim pembangkit listrik dan charger yang memanfaatkan aliran air dari laut ke tambak dan sebaliknya.

3.  AUTOMATIC WHITE BOARD oleh team Esteem Electronic. Papan tulis otomatis ini menggunakan spidol magnet  untuk menulis/menggambar pada papan tulis yang tersusun dari puluhan ribu sel ( semacam pixel ) yang berisi bedak talk dan serbuk besi/nikel. Untuk menghapus, tinggal ditekan tombol yang akan menghapus secara otomatis, cepat, dan bersih. Dengan demikian, tidak diperlukan lagi spidol yang uapnya berbahaya atau kapur yang debunya juga mengganggu pernafasan.

4. AUTOMATIC SOLAR POWERED BOILER oleh team The Winners. Alat ini didesain untuk memanaskan air menggunakan tenaga matahari. Sinar matahari difokuskan dengan cermin parabola sehingga membentuk fokus berbentuk garis. Pada garis fokus tersebut ditempatkan pipa pemanas air yang dibentuk zig-zag. Air yang telah mencapai suhu yang telah ditetapkan sesuai setelan akan masuk dan disimpan dalam termos. Jika suhu air disetel 100 derajat Celcius, maka air panas yang dihasilkan dapat dijadikan air minum untuk menyeduh kopi atau teh. Pemanas ini sangat hemat listrik karena listrik yang diperlukan hanya untuk mengkatifkan kran solenoid ( 5 watt ) dan pompa air panas (pompa aquarium) 5 watt, dan unit pengontrol.

 Secara umum, hasil karya team binaan saya tahun ini lebih baik daripada tahun lalu karena semua team sudah menuntaskan desain teknis sekitar awal Januari yang lalu. Dengan demikian, semua team telah siap dan layak masuk final. Sedangkan tahun lalu, salah satu team yang baru dapat menuntaskan desain teknisnya tiga minggu setelah pengumunan finalis. Akibatnya team tersebut kehabisan waktu sehingga kalah di babak final karena alatnya belum bisa berfungsi ketika dicoba di depan juri. Belajar dari kesalahan dan kekalahan tersebut, maka saya telah melakukan antisipasi dengan mewajibkan team untuk menyelesaikan desain teknis terlebih dahulu sebelum menggarap makalah/proposal.

Kepada para pembaca setia, saya mohon maaf kalau saya sudah lama sekali tidak posting dan juga tidak sempat menanggapi komentar. Hal itu disebabkan karena adanya kerusakan pada server dan router di jaringan sehingga saya tidak bisa membuka internet maupun e-mail sejak beberapa minggu lalu. Yang lebih parah lagi, PC saya di kantor juga sudah duluan rusak pada perterngan Desember tahun lalu sampai sekarang. Disamping itu, saya juga sedang menulis buku dan juga sibuk membina team LCEN serta sedang menyusun karya ilmiah yang saya akan ikutkan lomba di Jakarta. Untuk itu, saya mohon dukungan moril dan bantuan doa dari para pembaca, semoga para peneliti muda kebanggaan saya tersebut dapat lolos ke babak final di Surabaya. Terimakasih dan salam eksperimen.

20 Komentar

  1. Januari 6, 2010 pada 9:49 pm

    teman teman saya sedang bikin tugas akhir reaaplikasi remote tv pada peralatan rumah tangga dengan at89s51… uhmmm… ada yg tau cara nyari kode remote nya gg? saya stuck ne ^_^
    makasih y sebelum nya semoga pahala nya diterima…

  2. iswandi said,

    Maret 5, 2009 pada 5:37 pm

    EH ..NGAPUNTEN PAKDE…SALAH NULIS, MAKSUDNYA IDE-IDE HEBATNYA…

  3. iswandi said,

    Maret 5, 2009 pada 5:36 pm

    BRAVO PAKDE PAIJO, TA’DUKUNG SAMPEYAN, SEMOGA SUKSES…TA’TUNGGU IDE-IDE OBATNYA LAGI…

  4. ade said,

    Maret 4, 2009 pada 5:01 pm

    maaf ya pak tapi saya bner minta bantuannya

    trus saya pngen tau YM anda biar saya bisa online sama sampaean lok mobles di email saya ya pak ad1346us@gmail.com pak saya tungu blesannya

  5. Iman Kristen said,

    Agustus 19, 2008 pada 4:09 pm

    Gravitasi di manipulasi? Wah hebat nih….
    It’s true or there is other explanation about that condition…

  6. Krisna said,

    Agustus 18, 2008 pada 1:34 pm

    Pak paijo tolog sarannya dong sy orang biasa bukan kuliahan sy dan teman teman menemukan gravitasi bumi di manipulasi menjadi putaran terus sy mau patenkan gak tahu cara dan dimana, juga mau di lombakan gak tahu caranya sedangkan tempat tinggal sy di kaltim, tolong dong sarannya kalau bisa lewat email n trims atas bantuannya.

  7. winda said,

    Juli 30, 2008 pada 10:06 pm

    saya winda dari sma santa ursula jakarta. saya ingin mengangkat tema hot boilling water from solar untuk karya tulis saya. buku apa yah yang cocok jadi referensi dan panduan dalam karya tulis saya itu? tolong email saya. terima kasih banyak

  8. Tjhombro said,

    Juli 14, 2008 pada 10:26 am

    Mas Paijo…

    Pernah kepikiran untuk buat sistem pembersih/pengangkat sampah sungai dengan memanfaatkan energi dari aliran sungai…????

    Mungkin bisa dikembangkan untuk lomba berikutnya….

    Salam

  9. April 14, 2008 pada 9:34 pm

    Hi Paijo

    Saya dan temen saya serta anak didik saya menjadi finalis LCEN 2008, saya lagi cari penginapan yang murah di sekitar Kampus ITS, bisa kasih info gak?

    please email ke dulimuhlism@yahoo.com

    Duli – SMA Cakra Buana Depok

  10. aRuL said,

    Maret 4, 2008 pada 2:59 am

    wah slamat2, sampai ketemu di ITS, sekalian kopdar 🙂
    hehehe 🙂

  11. Februari 27, 2008 pada 5:30 pm

    Yang Automatic White Board prinsip kerjanya kayak mainan anak2 itu ya?

  12. agus16 said,

    Februari 25, 2008 pada 3:16 pm

    Wah… sang bintang ngoprek bonek kembali ngeblog. Semoga sukses timnya. Dan jangan berberat hati untuk posting, kami menantimu..

  13. ekoindri said,

    Februari 24, 2008 pada 2:24 am

    Meskipun aku mahasiswa Elektro ITS yang terancam DO, tapi aku doakan peserta LCEN yang terpilih bisa memberikan yang terbaik

    buat PAIJO, meskipun aku ora kenal babar blas… semangat yo…

  14. mbelgedez said,

    Februari 22, 2008 pada 8:03 pm

    Itu karya nyang pertama agak rumit ya, mesti nggerakin dinamo doloo…

    Sayah pernah ngamatin, Solar Cell Panel berukuran (sekitar) 50×120 hanya melewati semacem rangkaian elektronik, langsung nge charge accu.

    Apakah Penampang surya ini beda type, sehingga team Pak Paijo mbikin nyang ‘agak njelimet’ begetoo…???

  15. cerberus said,

    Februari 22, 2008 pada 6:11 pm

    Paijo saya tertarik dengan automatic whiteboard
    luasnya berapa kali berapa?
    apakah bisa dipakai terus menerus dan tidak ada “aus”nya??

  16. Februari 22, 2008 pada 5:34 pm

    Sukses ya !!!

    Semoga usaha dan karyanya bisa berkah dan bermanfaat bagi banyak orang….

  17. Mahmuddin said,

    Februari 22, 2008 pada 3:10 pm

    Semoga semoga team binaan Paijo berhasil masuk final. Buku dan Karya ilmiahnya semoga sukses.Selamat!!!

  18. pank said,

    Februari 22, 2008 pada 2:29 pm

    yeah..udah deh…sklalian hatrick

  19. pank said,

    Februari 22, 2008 pada 2:28 pm

    caiiyooo team paijo1965.. smoga dpt trus berprestasi…

  20. pank said,

    Februari 22, 2008 pada 2:27 pm

    caiiyooo team paij1965.. smoga dpt trus berprestasi…


Tinggalkan Balasan

