TEAM BINAAN PAIJO SIAP MENGHADAPI LCEN 2008

Mulai hari ini ( Selasa 18 Des’07 ) mungkin sampai akhir Januari 2008, saya akan istirahat ngeblog dulu. Bukan karena bosan atau capek apalagi kehabisan ide, tapi karena pekerjaan kantor lagi banyak ( mo tutup buku ) yang bersamaan dengan persiapan team binaan saya menghadapi babak penyisihan LCEN 2008 di ITS. Alasan kedua lebih dominan karena saya membina 4 kelompok yang semuanya membutuhkan curahan perhatian penuh agar semangat tetap terjaga dan sewaktu-waktu mereka memerlukan konsultasi teknis saya selalu siap melayani 24 jam sehari.

Tiga bulan lalu ada sekitar 10 kelompok yang terbentuk namun sekarang hanya tinggal 4 kelompok yang bertahan, sedangkan yang lainnya sudah berguguran terkena seleksi alam nan kejam karena tidak mendapatkan ide proyek yang BARU ( Bermanfaat, Aseli/original, Realistis, dan Unggul ). Dari semua kelompok yang ada, sebenarnya sudah ada satu kelompok yang sudah hampir give up tapi akhirnya bangkit lagi karena secara tidak terduga mendapat ide bagus bak mendapat durian runtuh pada hari Sabtu lalu. Pemberi idenya tidak tanggung-tanggung yaitu calon user yang langsung memesan alatnya jika sudah jadi. Sebenarnya calon user tersebut hanya bermaksud menemui saya untuk konsultasi tentang masalah teknis yang dihadapi di tambak miliknya. Namun ketika saya minta yang bersangkutan untuk menceritakan masalahnya kepada salah satu team binaan saya untuk mencari solusinya, yang bersangkutan tidak keberatan dan terjadilah simbiosis mutualisme. Yang bersangkutan selesai masalahnya, dan team binaan saya mendapatkan ide proyeknya. Bahkan kami sempat janjian akan bersama-sama ke lokasi untuk survey lapangan dalam beberapa hari ini. Yah … kalau namanya sudah rejeki, akhirnya ketemu juga. Sedangkan kelompok yang lain, ada yang sudah berganti-ganti ide proyek tapi baru sreg pada pilihan terakhir. Kebanyakan adalah karena sudah ada orang lain yang lebih dulu membuat atau memproduksinya. Selain itu ada yang bagus tapi kurang realistis dan tidak sesuai kemampuan teknis team yang bersangkutan.

Adapun salah satu team binaan saya tersebut terdapat anak saya sendiri ( Paijo Yunior ) yang sekarang duduk di kelas 7 ( kelas I SMP ). Untuk Paijo Yunior, waktu konsultasi adalah malam hari atau hari libur disesuaikan dengan waktu kerja saya. Salah satu kendalanya adalah teman satu teamnya cukup jauh tempat tinggallnya ( sekitar 5 km ) sehingga diskusi dan komunikasi langsung kurang intens. Karena mereka juga ada guru elektronika di sekolahnya, maka peran saya lebih sebagai motivator disamping sebagai technical advisor. Sedangkan untuk penulisan makalah lebih banyak dibimbing oleh gurunya di sekolah.

Pada team LCEN 2008 ini, ada yang hal menarik dan sekaligus menantang buat saya yaitu fakta bahwa semua anggota team masih duduk di kelas awal ( 1 team kelas I SMP dan 3 team kelas I SMA ). Menarik karena saya masih punya kesempatan membina dan melatih mereka lagi tahun depan. Tapi juga sekaligus menantang karena saya membina dan melatih mereka nyaris dari titik nol. Sebagian besar memang udah pernah membuat proyek elektronika, tapi hanya sebatas bisa menyolder atau paling-paling lewat sedikit dari itu. Adapun analisis cara kerja rangkaian, desain skema dan desain PCB masih belum ada sama sekali. Tapi setidaknya, mereka sudah bisa membuat sesuatu berdasarkan contoh, itu modal yang cukup bagus bagi pemula yang akan digembleng lebih lanjut secara intensif. Yang paling penting, logika dan penalaran mereka bagus-bagus jauh diatas rata-rata teman sebayanya, itu modal utama. Buktinya, mereka cepat sekali melahap materi pelatihan logika bolean yang dikaitkan dengan penerapannya pada rangkaian gerbang logika dan juga rangkaian relay yang setara dengan gerbang logika. Dua minggu lalu, mereka saya beri pelatihan tentang sensor dan aktuator. Minggu ini, mereka akan saya beri pelatihan mengenai gerbang logika khususnya subtitusi ( ekuivalensi ) dan minimisasi. Sedangkan materi terakhir adalah teknik analisa dan perancangan sensor-aktuator-unit pengendali terpadu yang lebih komprehensif.

Mengenai apa sebenarnya ide dari masing-masing dari keempat kelompok tersebut, mohon maaf kalau saya belum bisa membeberkannya sekarang. Yang jelas sesuatu yang baru dan juga ada yang bisa bikin heboh. Ide-idenya sudah digodok sejak akhir September dan sudah dicek di buku-buku dan internet untuk melakukan uji orisinalitas. Selain itu juga telah diperoleh setumpuk referensi pendukung. Mengenai peluang lolos ke babak final, menurut perhitungan saya kans dari team binaan saya cukup besar. Dari empat team, saya yakin sekurang-kurangnya dua team masuk final. Dan jika bisa masuk final, target kami tidak tanggung-tanggung yaitu menyabet piala juara I-II-III sekaligus. Untuk itu, saya dan team binaan saya dan juga seluruh team pendukung telah dan akan terus bekerja keras tanpa kenal menyerah. Kami semua tahu bahwa kami mampu meraihnya kalau kami berusaha keras. Tetap semangat, IF YOU CAN DREAM IT, YOU CAN DO IT.

LCEN 2008, kami akan datang dan kami akan menang …. Terimakasih dan salam eksperimen.

25 Komentar

  1. upieks said,

    Mei 14, 2008 pada 5:35 pm

    samlekom kang…

    gimana kabarnya?

  2. sony said,

    Maret 11, 2008 pada 1:04 am

    mas paijo mohon maaf sebelumnyA. aku hanya mau minta tolong bisa ngak aku jadi anggota teamnya mas.. soalnya aku bener bener pingin belajar mengenai listrik tenaga air.
    kalo ada kontak numbernya mohon di beri tahukan ya..

    mohon bantuan dan sarannya.

    hormat saya

    sony

  3. cerberus said,

    Februari 20, 2008 pada 4:36 pm

    Paijo pasti sekarang lagi nunggu hasil seleksi proposal ya?
    semoga semuanya lulus seleksi ke babak final ya..
    Amin

  4. mbelgedez said,

    Februari 15, 2008 pada 9:29 am

    Wah…
    Ga sempat Post lagee yak…???

  5. iwan said,

    Februari 12, 2008 pada 9:23 pm

    halo
    bagaimana hasil lcen-nya.
    pasti jawara………….
    trus bagaimana kabar bukunya?
    kalo mau beli di sekitar surabaya- malang di mana yaaa?
    terutama tentang teknologi tepat guna.
    saya penasaran sama pompa air tenaga gravitasinya itu lhoo?
    trim’s
    isa_x3@plasa.com

  6. iwan said,

    Februari 11, 2008 pada 2:08 pm

    selamat berkreasi bossss.
    kalo bisa tolong dong kirim ke e-mail saya tentang pompa air tenaga gravitasi.isa_x3@plasa.com
    sebelumnya terima kasih.
    selamat bereksperimen

  7. iwan said,

    Februari 11, 2008 pada 2:00 pm

    selamat berkreasi bossss.
    kalo bisa tolong dong kirim ke e-mail saya tentang pompa air tenaga gravitasi.
    sebelumnya terima kasih.
    selamat bereksperimen

  8. Februari 5, 2008 pada 4:09 pm

    smg sukses

  9. heru pamungkas said,

    Januari 18, 2008 pada 4:06 pm

    Um Paijo,

    LCEN iku apa to? maklum aku tinggal di desa terpencil. tidak ada listrik , internet, sinyal hp :))

    maturnuwon

    kangheru24

  10. milda said,

    Januari 12, 2008 pada 2:09 pm

    Selamat bekerja ya pa’..mudah-mudahan hasilnya lebih baik dari tahun kemarin…

  11. ARDIANSYAH lilipoet said,

    Januari 5, 2008 pada 11:05 pm

    Selamat berjuang ya Pa’…
    Mudah-mudahan hasilnya lebih baik dari tahun kemarin…

  12. n0vri said,

    Desember 31, 2007 pada 11:51 pm

    Hasil LCEN nya nanti diupdate ke kita-kita yo Pak. Mudah-mudahan menang.
    btw, selamat tahun baru…

  13. Desember 31, 2007 pada 11:33 pm

    Salam kenal. Tak link ke blog ku yo, Pak

  14. Desember 28, 2007 pada 8:59 pm

    Selamat bereksperimen dan salam kenal 🙂

  15. asrul said,

    Desember 25, 2007 pada 10:09 pm

    selamat berjuang dan semoga sukses.
    kebetulan adik saya insya Allah juga mau ikut seleksi lcen mudah2an juga bisa lolos

  16. Paijo said,

    Desember 24, 2007 pada 12:19 pm

    @ Cak Alief
    Saya sudah lihat-lihat contohnya, bagus tapi saya tidak ada waktu je.

    @ Fauzansigma
    Terimakasih atas link-nya, tapi ada yang salah dikit tuh. Saya bukan warga ITS dan juga bukan alumni ITS, jadi mungkin ditulis Paijo saja tanpa embel-embel ITS.

    @ Hamuro
    Terimakasih kunjungan dan komentarnya. Curhat juga boleh kok, tidak dilarang.

    @ Gpdeadline
    Terimakasih mas.

    Salam eksperimen untuk semua.

  17. gpdeadline said,

    Desember 23, 2007 pada 5:47 pm

    Sukses jo……….

  18. Hamuro said,

    Desember 22, 2007 pada 6:58 am

    Alangkah berbahagianya anak-anak yang mendapat bimbingan dari pak Paijo ini. Saya dulu belajar perancangan elektronika sendirian (sejak kelas 4 sd), guru elektronika di sekolah smp cuma ngajarin baca komponen dan nyolder. Seperti suatu keajaiban rasanya jika saya mengingat kembali rancangan-rancangan saya dulu seperti remote kontrol multikanal, mesin fax sederhana, sistem radio komunikasi full duplex multi kanal multi frekuensi dengan auto dial, dan lain-lainnya yang gak bisa saya ingat. Ah alangkah bahagianya dulu kalo saya udah kenal dengan orang yang sejenis dengan pak Paijo….Sorry jadi curhat nih…

  19. fauzansigma said,

    Desember 21, 2007 pada 2:38 pm

    keren bgt blog nya mas paijo ini…
    setiap postingan memberi wacana baru dan inspirasi…
    sy numpang ngelink ya bos…
    dan sy akan sngat berbangga hati klo sy dilink back

  20. alief said,

    Desember 21, 2007 pada 2:17 am

    bikin Kaleidoskop-Blog™ yuk… Liat contohnya di
    http://alief.wordpress.com/ 🙂

  21. Paijo said,

    Desember 19, 2007 pada 2:05 pm

    @ Sultan Habnoer
    Terimakasih doanya pak, semoga untuk tahun ini lancar-lancar saja tidak seperti tahun lalu yang penuh cobaan dan musibah silih berganti.

  22. Desember 19, 2007 pada 12:51 pm

    Selamat berkarya teman..doa kami semoga berhasil.

  23. Paijo said,

    Desember 19, 2007 pada 10:23 am

    @ Mbelgedez
    Terimakasih atas dukungannya.

    @ aRul
    Terimakasih kembali, saya baru tahu kalau sampean salah satu adminnya.

    Salam eksperimen untuk semua.

  24. aRuL said,

    Desember 19, 2007 pada 4:22 am

    Selamat yah, moga sukses.
    terima kasih juga sudah di link kan blognya e43 *sy salah satu adminnya :)*

  25. mbelgedez said,

    Desember 18, 2007 pada 7:34 pm

    Wah, selamat bekerja boss,…

    semoga jadi juara umum….


Tinggalkan Balasan

