PAIJO SEDANG BELAJAR MENULIS BUKU

Dalam setahun terahir ini, banyak masukan dan dorongan dari teman-teman saya baik di dunia nyata maupun di blogosphere supaya saya membukukan hasil-hasil eksperimen yang telah saya lakukan selama ini. Sebagian diantaranya menyampaikan bahwa cara tersebut akan memungkinkan hasil karya saya dapat dibaca, diketahui, dikaji, serta dinikmati dan digunakan oleh lebih banyak lapisan masyarakat. Dengan cara yang sekarang ( ngeblog ), hanya sebagian kecil masyarakat khususnya yang mempunyai akses internet yang dapat mengakses hasil-hasil karya saya, itupun hanya sekelumit dari kisah atau cerita semata. Padahal saya punya banyak hal yang lebih bernilai untuk disharingkan yaitu bagaimana kiat-kiat dan teknik-teknik yang saya gunakan dalam bekerja untuk menghasilkan karya-karya itu. Hal-hal itu sangat sulit untuk disharingkan melalui blog yang memiliki banyak keterbatasan karena banyaknya gambar, skema dan ilustrasi yang mutlak diperlukan dalam menyampaikan pikiran-pikiran yang menyangkut masalah teknis dalam perencanaan dan perealisasian proyek. Disamping itu, keluarga ( istri dan anak saya ) juga memberikan dorongan semangat untuk menulis buku. Berawal dari dorongan-dorongan itu dan semangat saya untuk berbagi, maka saya telah memutuskan untuk membukukan hasil-hasil eksperimen saya dalam beberapa buku. Jika telah ada buku yang selesai saya tulis, maka saya mem-publish buku tersebut melalui penerbit.

Supaya lebih mudah penulisannya dan juga supaya lebih bisa dinikmati oleh pembaca, maka saya akan menuliskannya dalam beberapa buku secara terpisah ( tidak bersambung /berseri ). Pemisahan mutlak diperlukan karena hasil eksperimen saya terbagi atas beberapa bidang/genre yang berbeda yaitu :
1. Elekrtronika dasar, khususnya dalam merancang dan membuat unit pengendali otomatis berbasis relay dan logic gate.
2. Teknik Komputer, khususnya dalam tip, trick & creativity dalam membuat format pengolah data yang powerfull berbasis MS Excel ( eksploitasi excel habis-habisan yang belum terungkap dalam buku-buku excel yang ada sekarang ).
3. Pendidikan, khususnya kiat-kiat sukses merintis dan membina KIR serta membimbing siswa dalam melakukan eksperimen dan inovasi teknologi.
4. Teknologi tepat guna, khususnya cara pembuatan alat-alat berteknologi sederhana ( non presisi ) yang banyak diperlukan masyarakat tapi sekarang belum diproduksi secara massal.
5. Teknologi pendidikan, khususnya ide dan teknik pembuatan alat-alat peraga dan alat percobaan untuk mata pelajaran sains dan teknologi.

Sebelum saya mulai menulis, tentu saja saya cari beberapa referrensi tentang bagimana menulis buku. Salah satu kiat yang dianjurkan adalah mulai menulis tentang sesuatu yang paling dikuasai. Oleh karena itu, buku yang pertama kali saya kerjakan adalah tentang elektronika dasar. Untuk sementara buku tersebut saya beri judul PANDUAN PRAKTIS MEMBUAT SISTEM PENGENDALI ELEKTRONIK TERPADU. Secara umum, buku tersebut berisi panduan praktis untuk merancang dan membuat unit pengendali otomatis berbasis relay dan logic gate. Pembaca dipandu betul-betul dari awal yaitu dari mendiskripsikan cara kerja alat yang diinginkan, menyusun logika kerja alat, konversi logika kerja ke dalam bentuk Boolean, konversi bentuk Boolean menjadi skema, konversi skema menjadi gambar PCB. Karena buku tersebut diperuntukan juga bagi pemula, maka di bagian depan juga dibahas tentang cara kerja aneka sensor dan aktuator. Supaya pembaca juga dapat memiliki pemahaman dan ketrampilan berlogika elektronik yang memadai, maka dibahas juga tentang dasar-dasar logika Boolean, merancang aneka logic gate menggunakan sepasang relay dan kaidah-kaidah penyusunan logic gate. Di dalam pembahasan pada tiap-tiap bagian, juga disertakan contoh-contoh proyek yang sudah terbukti sukses dan dapat dipraktekkan langsung oleh pembaca. Adapun contoh-contoh proyek tersebut antara lain :
1. Pengontrol kran air otomatis ( kran solenoid ) yang akan membuka kran air jika bak nyaris kosong, dan mematikan kran air jika bak telah penuh.
2. Pengontrol pompa air otomatis yang akan menghidupkan pompa jika bak kosong dan air sumur masih ada ( mencukupi ), dan mematikan pompa jika bak telah penuh atau air sumur nyaris habis.
3. Penyiram tanaman otomatis yang akan menghidupkan sprinkle pagi dan sore sesuai jam yang telah ditentukan, dan akan mematikan sprinkle jika tanah telah cukup basah.
4. Penjejak matahari otomatis yang akan menggerakkan kolektor sinar atau panel sel surya mengikuti gerakan matahari agar senantiasa mendapatkan sinar matahari secara maksimal sepanjang hari.

Buku saya yang pertama tersebut sudah saya buat pointer-pointernya dan sedang saya garap bab pertama. Sedangkan untuk buku kedua, baru pointer-pointernya yang saya buat. Untuk buku-buku yang selanjutnya, baru ide-ide pokoknya yang saya tulis dan tidak lama lagi saya akan buat pointer-pointernya yang lebih detail.

Melalui postingan ini, saya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada rekan-rekan kerja saya dan juga rekan-rekan bloger dan netter yang telah memberikan dorongan semangat dan motivasi pada saya untuk menuliskan buah karya dan ide-ide saya. Secara khusus, saya juga mengucapkan terimakasih kepada Mas Tajib yang telah membukukan kisah-kisah yang ditulis diblog, yang mana hal itu telah memberi inspirasi pada saya untuk melakukan hal serupa. Juga kepada pak Kuran yang juga telah berbagi pengalaman tentang kiat menulis dan bagaimana meloloskan buku ke penerbit. Selain itu, saya juga sangat mengharapkan masukan berupa kritik, dan juga saran kepada teman-teman semua agar niat saya untuk berbagi melalui tulisan-tulisan di buku saya segera terwujud. Masukan dapat menyangkut masalah judul, isi, format buku, tampilan, gambar/ilustrasi, contoh proyek/kasus, jumlah halaman, atau apa saja yang terlintas di benak teman-teman semua. Terimakasih dan salam eksperimen.

36 Komentar

  1. amhye said,

    September 21, 2008 pada 2:55 pm

    sukses terussssssssssssss yach paijoooooooooooo

  2. hendro said,

    September 7, 2008 pada 12:01 pm

    dimana saya bisa mendapatkan buku dengan judul “Panduan praktis Membuat Sistem Pengendali Elektronika Terpadu”

  3. ugie said,

    Maret 12, 2008 pada 8:26 pm

    Salam kenal mas Paijo. Kalo mau bali ndeso, ikutan ya. Sesama wong ndeso neh? Salam….

  4. cris said,

    Maret 10, 2008 pada 10:41 pm

    waduh mas paijo, ga bilang dari dulu toh kalo anda suka berkarya, tau gitu saya kan bisa tuker pikiran..sama anda..(tukar pikiran ato nanya mlulu ya )he.he..saya pingin tau cara buat gitar akustik.bisa dibantu toh, ya wes saya tunggu di email saya ya.
    atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
    dari surabaya

  5. Septian said,

    Maret 8, 2008 pada 9:34 am

    pakk anda sangat mempunyai daya kreativitas yang sangat tinggi,klo bleh ajarin saya y pak,agar exkul KIR di sekolah saya lebih maju ya pak.
    Amien….

  6. Januari 16, 2008 pada 2:57 pm

    Kabar gembira!! Buat yang suka nulis-nulis, buat penulis muda, buat para blogger, buat temen2 yg hobi nulis tapi belum bisa buat buku, belum percaya diri, sekarang sudah ada medianya,

    Penulis-Indonesia.com, kayak Friendster tapi khusus buat yang hobi nulis, penulis, pujangga, penulis naskah, blogger…

    fasilitasnya juga cukup oke, lengkap dgn alamat pribadi untuk profil, blog, dan album…ada chatnya juga loh 🙂
    Baru dibuka 1 Januari 2008 lalu, skrg membernya sudah 300an 🙂 rame buanget loohh aktifitasnya!!

    Cepetan gabung ya 🙂
    di sini alamatnya :

    Penulis-Indonesia.com atau tanpa tanda –
    PenulisIndonesia.com

  7. Paijo said,

    Januari 3, 2008 pada 11:28 am

    @ Rus
    Team binaan saya sedang mendesain alat yang bapak perlukan, semoga cepat selesai.

    @ Masmawan
    Terimakasih dukungannya.

    @ Ck
    Terimakasih atas trackback-nya, saya sudah baca dan menarik.

    @ Alhakim
    Background saya matematika pak, eksperimen cuman sekedar hoby yang saya tekuni secara serius. Untuk itu saya rela menyediakan waktu, tenaga, perhatian, dan juga dana. Kalau dibilang saya serba bisa kayaknya tidak juga, masih jauh lebih banyak hal yang saya tidak tahu dan tidak bisa. Yang lebih tepat, saya belajar tentang banyak hal dan saya berusaha untuk mengintegrasikan apa yang telah saya pelajari menjadi suatu pengetahuan dan ketrampilan terpadu agar bisa bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu sudah saya lakukan bukan baru 1-2 tahun saja tapi sudah puluhan tahun karena sudah menjadi kebiasaan saya sejak masih anak-anak. Menurut orang tua saya. masa kecil saya memang berbeda dari anak-anak lain. Mengenai mekanik, justru itu yang menjadi kekuatan utama saya karena sejak masih SD saya sudah banyak mempelajari buku-buku tentang mesin bakar dan sudah sering mengoprek dan juga mendesain dan membuat alat mekanik. Sampai sudah ubanan sekalipun, ternyata saya tidak bisa menghentikan kebiasaan itu sampai sekarang. Oleh karena itu, akumulasinya sudah cukup banyak dan sebagian sudah melalui proses pengendapan dan evaluasi yang cukup lama. Apa yang saya telah saya pelajari kemudian saya tularkan kepada anak-anak binaan saya ( baru berlangsung sekitar 3 tahun ) dan sebagian saya sharingkan melalui blog ( baru berlangsung 1 tahun ). Supaya dapat diakses oleh lebih banyak lapisan masyarakat, maka saya juga terdorong untuk menuliskannya ke dalam beberapa buku. Terimakasih dan salam eksperimen.

  8. alhakim said,

    Januari 2, 2008 pada 1:41 pm

    Salut buat pak paijo… 🙂
    Kalo boleh tahu pak paijo itu lulusan bidang apa y? kok kayaknya serba bisa … kalo saya malah sering kepentok soal mekanik. 😦
    Semoga bukunya sukses ya pak…
    salam kenal

  9. Desember 14, 2007 pada 2:35 pm

    […] hetrix, top skor dan lain-lain di blog ini. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya mengucapkan terima […]

  10. masmawan said,

    Desember 12, 2007 pada 6:57 pm

    salam kenal pak paijo..saya lagi nyari2 artikel tentang teknologi tepat guna,gak sangka nyasar ke blog sampeyan..tapi aku seneng malah lho pak,isinya sangat bermanfaat..sukses buat pak paijo.dan tentang project penulisan buku saya turut mendoakan moga2 cepat terilis…salam..

  11. Rus said,

    Desember 3, 2007 pada 2:16 pm

    Mas Paijo, saya sangat kagum dengan penemuan yang berjubel, apa itu yang sudah terpublish atau yang masih nangkring di kepala. Ruarr biasa……….

    Sedikit saya mau berikan tantangan untuk menguji kembali jiwa gila eksprimen yang selama ini dijlani.

    Begini, di pinggir laut biasanya banyak bertebaran tambak petani. Tambak ini diisi air laut saat air pasang. Air pasang dapat dilihat pada siang hari sedangkan pada malam hari tidak kelihatan, apalagi saat malam kebanyakan penjaga tambak tertidur. Tantangan yang saya maksud, bagaimana membuat alarm untuk membangungkan penjaga saat air mulai pasang. Thanks.

  12. Paijo said,

    Desember 3, 2007 pada 8:44 am

    @ Pak Dewo
    Masih ada kok, pakai mangkok gak pak ?

  13. Desember 2, 2007 pada 2:01 pm

    Wah… aku telat mesen ya?
    Gapapa deh, yang penting kebagian.

    Pesen satu ya, Pak. Ga pakai sambel. Baksonya yang banyak.
    Lha dalah, kok malah pesen bakso?

    Salam.

  14. Paijo said,

    November 30, 2007 pada 12:50 pm

    @ Kurtubi
    Mungkin nunggunya agak lama pak, karena bab 1 sementara saya garap.

    @ Agus 16
    Maunya saya juga sering-sering posting gitu, tapi waktu luang saya sempit sekali.

    @ Mia
    Nanti kalau sudah selesai saya kabari.

    @ a3pelawi
    Jiwa penemu sebenarnya ada pada setiap orang, tinggal bagaimana kita sendiri dan lingkungan apakah membangkitkannya sehingga menjadi penemu sungguhan ataukah membiarkannya tertidur sehingga hanya menjadi bakat terpendam. Jadi kalau anda mau, anda pasti bisa.

    @ Dwihandyn
    Terimakasih atas dukungannya.

    Terimakasih dan salam eksperimen untuk semua.

  15. dwihandyn said,

    November 29, 2007 pada 5:05 pm

    Selamat ya Pak… 😀

  16. a3pelawi said,

    November 27, 2007 pada 2:50 pm

    Salam kenal Mas Paijo.

    Saya sangat terinsprirasi dari penemuan – penemuan Mas Paijo. Saya kembali teringat masa kecil saya yang penuh berbagai macam penemuan dan imajinasi yang kemudian hilang dengan bertambahnya umur saya.

    Terima kasih kepada Mas Paijo yang telah membangkitkan kembali jiwa penemu saya. Saya sangat berharap bantuan dari Mas Paijo dan rekan – rekan penemu lainnya.

    Thanx.

  17. Mia said,

    November 25, 2007 pada 7:13 pm

    Salam ,Mas Paijo
    Saya tunggu terbitannya ,topik bahasannya sangat menarik ,jadi nggak sabar nih
    salam,
    Mia / http://www.nusashop.com

  18. agus16 said,

    November 25, 2007 pada 12:47 pm

    Wah kecelek aku, kok ga ada posting baru..om? padahal postingannya ditunggu tunggu.

  19. kurtubi said,

    November 23, 2007 pada 2:48 pm

    Selamat pak, bukune ditunggu….

  20. Paijo said,

    November 23, 2007 pada 10:29 am

    @ Deethalsya
    Terimakasih kunjungannya.

    @ Cak Alief
    Betul yang Cak Alief katakan. Karena saya bukan seorang ahli/pakar, tapi hanya eksperimenter bonek yang sedang belajar untuk menjadi penulis bonek juga, maka sudah sangat beruntung kalau ada penerbit yang mau menerbitkan buku saya. Apalagi kalau sempat bestseller, itu namanya rejeki nomplok. Mudah-mudahan bukunya cepet bisa saya selesaikan. Terimakasih dan salam eksperimen.

  21. alief said,

    November 22, 2007 pada 11:14 pm

    sip pak, buku yang ditulis oleh ahlinya pasti jadi best seller lho… 🙂

  22. deethalsya said,

    November 22, 2007 pada 8:01 pm

    selamat menulis buku deh mas…
    salam eksperimen!!!! 😀

    *kunjungan balasan*

  23. Paijo said,

    November 22, 2007 pada 9:32 am

    @ Pank
    Silakan diagregasikan, terimakasih. Saya juga akan pasang link dari blog saya ke website anda.

    @ ImiL
    Nanti saya kabarin kalau sudah jadi.

    @ Nico
    Salah satu yang mendorong saya untuk menulis buku memang supaya lebih banyak yang bisa memanfaatkan. Selama ini saya ingin sekali membantu teman-teman yang konsultasi melalui blog tapi saya kewalahan karena waktu ngeblog dan waktu luang saya sangat sedikit. Hal itu akan teratasi kalau buku saya sudah selesai dan dipublish.

    @ Mbelgedez
    Pesenan sudah saya catat bro. Soal serial number gak ada masalah karena bro Mbel pemesan pertama.

    @ Kang Kombor
    Kang Kombor mau pesen gak ?

    @ Agus16
    Pesanan telah saya catat.

    @ Nude
    Sebenarnya niatnya sudah ada sejak beberapa bulan lalu tapi pengetikan huruf pertama baru terlaksana bulan lalu. Saya yakin kalau anda niatkan untuk membukukan blog anda, anda pasti bisa. Menurut pengalaman saya, nulis di blog merupakan cara latihan yang efektif untuk menuangkan ide / gagasan ke dalam bentuk tulisan baik berupa artikel lepas atau buku. Sebelum memulai, semua orang pasti meragukan kemampuan diri sendiri dalam hal menulis. Sayapun juga demikian. Namun keraguan tersebut berhasil saya atasi ketika pada bulan Juni lalu saya dapat menyelesaikan sebuah karya ilmiah ( MESIN PAIJO STX-2 ) setebal empatpuluhan halaman A4 ( 1,5 spasi ) hanya dalam waktu sekitar 3 minggu saja termasuk membuat skema dan ilustrasi sebanyak 13 gambar. Menurut ukuran saya, makalah tersebut merupakan karya terbaik saya selama ini. Surprised buat saya karena karya tersebut mengantarkan saya sebagai finalis di lomba Ristek-MedcoEnergi Award 2007 yang diselenggarakan oleh Kementrian Negara Ristek bekerja sama dengan Medco Energi. Meskipun dalam babak final saya baru mampu menempati peringkat 3, tapi saya merasa puas karena memang hasil karya mereka yang peringkat 1 dan 2 lebih baik dari hasil karya saya. Dari moment berharga itulah rasa percaya diri saya untuk menulis buku perlahan-lahan tumbuh setelah melihat bukti bahwa saya bisa menulis dan tulisan saya layak dibaca disamping juga dibutuhkan oleh masyarakat. Saran saya, segeralah mulai menulis karena anda mampu untuk menulis. Tulisan anda di blog sudah membuktikannya. Jangan seperti saya yang baru yakin kalau bisa nulis setelah ada moment besar seperti itu. Tetap semangat.

    @ Grak
    Nunggunya yang sabar ya.

    @ Orang Aneh
    Terimakasih atas bantuan doanya.

    Terimakasih dan salam eksperimen untuk semua.

  24. Orang Aneh said,

    November 22, 2007 pada 4:31 am

    Selamat belajar!
    Semoga sukses dan diberkahi Tuhan.
    Amin.

  25. GRaK said,

    November 22, 2007 pada 3:00 am

    nunggu bukunya 🙂

  26. NuDe said,

    November 21, 2007 pada 10:47 pm

    Wah, keduluan PAIJO nih. Tapi aku fokus dulu di blog yang satunya, http://mixedzone.wordpress.com/ sapa tahu nanti bisa jadi bahan buat buku

  27. agus16 said,

    November 21, 2007 pada 10:46 pm

    Salam kenal.
    Saya suka dengan posting2 anda. Semoga cepat sukses bukunya. Nanti bila bukunya dah kelar, saya pesan juga om..

  28. Kombor said,

    November 21, 2007 pada 6:43 pm

    Bravo! Ditunggu bukunya.

  29. mbelgedez said,

    November 21, 2007 pada 5:56 pm

    Sayah mesen satu, nyang ditandatangani Paijo, dengan Serial Number 00001….

  30. nico said,

    November 21, 2007 pada 5:53 pm

    ayo mas paijo bikin buku, biar banyak yg bisa memanpaatkannya.

  31. imiL said,

    November 21, 2007 pada 5:09 pm

    kalo bukunya dah terbit saya dikabarin ya?
    *aslinya ngarep gratisan*

  32. pank said,

    November 21, 2007 pada 4:56 pm

    duhhh pak..keren bgt…semoga bermanfaat bukux…pak sy minta minta ijin meng-agregasikan blog bapak d http://planet.mysorowako.com/ ..

    Salam Blogger…

  33. Paijo said,

    November 21, 2007 pada 1:39 pm

    @ Qutilang
    Comment dulu baru baca, tidak dilarang kok …hehehe.

    @ Mas Tajib
    Terimakasih pingback-nya.

    @ Funkshit
    Terimakasih atas dukungan doanya.

    Salam eksperimen untuk semua.

  34. Funkshit said,

    November 21, 2007 pada 12:40 pm

    selamat selamatt
    semoga ntar bukunya laris

  35. November 21, 2007 pada 12:13 pm

    […] menarik. Blogger wordpress,  Paijo –username yang terkesan ndeso, — akan menerbitkan buku yang isinya berupa hasil ekperimentasi teknologi tertentu yang ia tulis di blognya selama ini. […]

  36. qutilang said,

    November 21, 2007 pada 11:28 am

    Pertamax………..
    Baca dulu ah


Tinggalkan Balasan

