TEAM SPECTRUM 007 MERAIH JUARA 2 LCEN 2007 ITS

TEAM SPECTRUM 007 MERAIH JUARA 2 LCEN 2007 ITS
By Paijo

Kebahagiaan dan kesedihan silih berganti menghampiri team KIR binaan saya. Tuhan menganugerahkan sukses dan prestasi yang merupakan buah dari kerja keras siang-malam seluruh team selama lebih dari 2 bulan. Kebahagian pertama, dua team berhasil masuk menjadi finalis dan berkesempatan untuk menunjukkan hasil karyanya di depan juri di Graha Sepuluh Nopemper. Adapun kebahagiaan kedua, ketika hasil karya salah satu team ( Blowing Box Dryer karya Team Spectrum 007 ) berhasil meraih juara 2 kategori elektronika dasar dalam ajang kompetisi elektronik paling bergengsi tingkat nasional tersebut. Di samping itu, kami juga sukses membawa misi sponsor kami untuk memperkenalkan sponsor kami pada civitas akademic ITS dan masyarakat Surabaya pada umumnya. Kami juga sangat bangga karena Pulle’ angota team Spectrum 007 sempat talkshow bersama Menkominfo bapak Muhammad Nuh, Kajur Elektro ITS dan ketua panitia. Bahkan bapak Menkominfo berkenan untuk mengunjungi stand kami untuk melihat hasil karya team kami. Beliau juga berkenan menerima cinderamata dari sponsor kami dan sempat berfoto bersama kami. Namun, kesedihan juga menghampiri ketika saya sebagai technical advisor jatuh sakit sampai berat badan saya turun sekitar 10 kg. Belum sempat kesehatan saya pulih, Paink’ salah satu anggota team Spectrum 007 mengalami kecelakaan lalu lintas ketika pulang dari workshop dan mendapat 11 jahitan di bagian wajah dan kepala. Dalam kecelakaan itu, handphone Paink’ juga hilang. Seminggu kemudian, musibah kebakaran meluluhlantakkan pasar dan rumah Madi salah satu anggota team Apollo 02 dan hanya menyisakan abu dan puing-puing yang berserakan. Dalam musibah itu, sebuah handicam mini sempat diselamatkan dan sempat mengabadikan kejadian tersebut selama sekitar 7 menit sebelum battery-nya habis. Ironisnya, handicam mini tersebut akhirnya hilang pada saat pameran di acara LCEN. Musibah kecil juga sempat menimpa Pulle’ salah satu anggota team Spectrum 007 dimana ban sepeda motornya kempes sampai 2 kali sehari dan malam harinya per standard-nya patah. Setelah acara LCEN selesai dan seluruh team kembali dari Surabaya, ternyata musibah belum juga berakhir. Lima hari setelah kami tiba, persisnya tadi malam sekitar jam 1 dinihari ( Minggu, 20 Mei 2007 ), si jago merah juga melahap habis rumah Undes salah satu anggota team Apollo 02 beserta beberapa rumah lainnya. Karena beratnya beban dan cobaan yang menimpa team binaan yang sudah seperti anak saya sendiri, tidak malu saya katakan bahwa saya tidak kuasa untuk membendung air mata kesedihan untuk kesekian kalinya. Nyaris kering air mata saya karenanya. Oleh karena itu, tidak berlebihan kiranya jika saya mengatakan bahwa sukses team LCEN 2007 ini kami perjuangkan dengan cucuran keringat, darah dan air mata.

Minggu depan, kami akan mengadakan acara celebration untuk merayakan kesuksesan sekaligus evaluasi, refleksi dan pembubaran team. Sesudah itu, kami kembali menjalani rutinitas masing-masing. Untuk saya pribadi, masih perlu waktu sekitar 2-3 minggu lagi untuk pemulihan kesehatan dan stamina seperti semula setelah kerja siang-malam non stop selama 2 bulan. Sementara ini, saya masih menjalani fisioterapi untuk memulihkan kondisi jari-jari tangan kanan yang seperti mati rasa pada bagian ujungnya. Kondisi itu disebabkan karena getaran yang ditimbulkan oleh penggunaan mesin angle grinder dalam waktu yang cukup lama karena saya merangkap menjadi welder disamping menjadi technical advisor. Jika semua telah kembali normal, maka siklus sukses berikutnya ( LCEN 2008 ) sudah musti disiapkan dan ‘genderang perang’ melawan kemalasan dan keraguan musti segera ditabuh. Untuk itu telah siap setidaknya 8 team yang telah memiliki ide-ide inovatif yang menunggu arahan dan bimbingan. Selain itu, saya akan mencoba untuk memperluas cakupan bimbingan ke siswa SMP mulai dari anak saya ( Paijo Yunior ) dan teamnya. Adapun target pencapaian pada LCEN 2008 adalah sebagai berikut :
1. Menyelesaikan dan mengirim sekurang-kurangnya 5 makalah
2. Lolos ke babak final sekurang-kurangnya 3 team
3. Menyabet juara 1 kategori elektronika dasar
4. Menyabet total sekurang-kurangnya 2 juara
Saya bersama team sukses LCEN 2008 siap untuk melakukan kerja keras all out demi mencapai target tersebut di atas. LCEN 2008, tunggu kehadiran kami, kami siap memboyong pialamu. Terimakasih dan salam eksperimen.

Iklan

17 Komentar

  1. De_edhy said,

    November 20, 2007 pada 8:50 pm

    Pa’ Tolong beri kami ide yang mantapppp. ok……

  2. Vincent & Ryan said,

    November 19, 2007 pada 5:17 pm

    Please… dukung kami ya pak. Ide kami sudah ada tapi sayangnya Unworkable. Sekarang lagi coba disempurnain alatnya menggunakan magnet dan mencari ide-ide lainnya. Hidup Paijo!!!!!! Ha….ha……ha….. Vincent & Ryan.

  3. Ryan and Vincent Klas X sma yps said,

    November 17, 2007 pada 11:37 am

    Pak, kami mo ikutan LCEN 2008 Pak, doain ya biar berhasil!!!

  4. Ryan said,

    November 17, 2007 pada 11:35 am

    Wahhh…. hebuat…….

  5. Dono BlomAlm said,

    Agustus 22, 2007 pada 7:07 pm

    Maju terus pantang Mundur!!! Sukses buat pak Paijo dan Teamnya.

  6. Evy said,

    Juni 1, 2007 pada 12:19 pm

    Mas Paijo, kereeen banget deh, selamat ya, tetaplah bereksperimen, jarang banget anak muda suka bereksperimen…sukses selalu ya mas…:)

  7. Bachtzia said,

    Mei 31, 2007 pada 8:30 pm

    selamat

  8. Paijo said,

    Mei 30, 2007 pada 1:30 pm

    @ Upiek
    Terimakasih neng Upiek.

    @ Pepiediptyana
    Terimakasih, semoga kami sukses di even berikut.

  9. Mei 30, 2007 pada 10:55 am

    Wah…wah… seru sekali perjuangan tim ini…
    Selamat atas keberhasilannya… Semoga lancar dan good luck untuk event berikutnya… 🙂

  10. Mei 30, 2007 pada 8:38 am

    wekekek…selamat yah bos…

  11. Paijo said,

    Mei 28, 2007 pada 8:18 am

    @ Pak Dewo
    Terimakasih atas apresiasi, dukungan moril dan doa dari anda.
    Daerah saya sepertinya memang rawan kebakaran. Hal itu disebabkan oleh padatnya rumah dan banyak rumah semipermanen yang dibangun dari kayu dan playwood. Selama saya tinggal di daerah saya ini ( hampir 15 tahun ) telah terjadi sekurang-kurangnya 22 kebakaran yang masih bisa saya ingat. Padahal daerah saya bukanlah kota karena hanya pusat kecamatan baru yang terdiri atas 3 desa dan berpenduduk sekitar 18.000 jiwa. Beberapa kebakaran bahkan memakan korban jiwa. Adapun kebakaran terbesar menghanguskan 23 rumah.

    @ Pungky
    Terimakasih kepada panitia LCEN 2007 yang telah melayani dan membantu kami dalam acara tersebut dengan sangat baik. Kami minta maaf kalau team kami telah merepotkan panitia karena telah minta fasilitas yang lebih daripada team lain, ya lokasi yang luas stand dll. Secara pribadi, saya mohon maaf kalau saya tidak sempat berpamitan kepada panitia sebelum pulang. Soal semangat team kami, itu memang suatu keharusan. Untuk tahun depan, kami akan persiapkan lebih baik lagi dan stand kami akan lebih semarak lagi. Tunggu kehadiran kami di LCEN 2008.

    @ Wargabanten
    Lho kok cuman ngetes sih, sekalian aja comment.

    Terimakasih dan salam eksperimen selalu untuk semua.

  12. wargabanten said,

    Mei 27, 2007 pada 9:38 pm

    test

  13. pungky said,

    Mei 27, 2007 pada 9:01 pm

    saya selaku panitia LCEN 2007 mengucapkan selamat atas keberhasilannya & terima kasih atas partisipasinya di LCEN 2007. minta maaf apabila selama LCEN 2007 ada kesalahan2 yang kami perbuat.
    sukses selalu..
    kalo ga salah…ini peserta dari Sulawesi ( sorry saya edit, by Paijo ) ya?
    Peserta paling semangat ne…sampe bawa spanduk…heheheh…sampai ketemu di LCEN 2008….

  14. Mei 25, 2007 pada 5:26 pm

    Eh, di Sulawesi musim kebakaran ya? Kok kebakarannya beruntun?
    Tetapi saya juga turut prihatin terhadap situasi dan kondisi Pak Paijo & Tim. Semoga Pak Paijo segera sembuh dan pulih seperti sedia kala. Dan semoga tahun depan meraih juara 1. Amin.

    GBU.

  15. Mei 25, 2007 pada 5:22 pm

    Wah… luar biasa. Selamat untuk Pak Paijo dan tim Spektrum 007. Cobaan sebelum lomba hanyalah kerikil kecil berujung bahagia.

    GBU.

  16. Paijo said,

    Mei 24, 2007 pada 7:58 am

    @ Koesna
    Terimakasih atas kunjungan dan apresiasi anda.

  17. koesna said,

    Mei 23, 2007 pada 2:42 pm

    Selamat atas prestasi yang diraih Team Spectrum 007.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: