PAIJO “KORBAN” A-MAD-AIR

PAIJO “KORBAN” A-MAD-AIR
By Paijo

Seperti layaknya sebuah penerbangan komersial, seorang pramugari bahenol pesawat A-MAD-AIR menjelaskan dan memperagakan tata cara standar yang wajib diketahui penumpang jika terjadi keadaan darurat. Pramugari tersebut membawa perlengkapan standar seperti sabuk pengaman, rompi pelampung, masker oksigen dan juga kartu petunjuk keselamatan nonsens. Seluruh penumpang terutama yang sebelumnya belum pernah naik pesawat kelihatan sangat antusias memperhatikan karena body dan kecantikan pramugari pentingnya informasi tersebut. Begini kira-kira cuap-cuapnya penjelasannya :

Para penumpang nekad yang terhormat, selamat siang dan selamat bergabung dengan penerbangan terakhir kami A-MAD-AIR dengan nomor penerbangan Z-303034 ( Zetan ganol-ganol gampat ). Penerbangan ini akan dipimpin oleh kapten pilot Gatotkaca dengan copilot Superman yang jago terbang  dan kita harapkan juga trampil menerbangkan pesawat. Sesuai peraturan penerbangan sipil yang bisa kami akali, kami terpaksa harus memperagakan prosedur keselamatan jika terjadi keadaan darurat yang mungkin akan terjadi sebentar lagi.

Pertama, pakai sabuk pengaman jika masih ada  dan kencangkan gespernya jika belum patah. Anda juga diwajibkan untuk selalu memakai sabuk pengaman jika lampu bergambar sabuk pengaman masih bisa menyala.

Kedua, rompi pelampung tersedia dibawah tempat duduk anda jika belum dicuri yang harus anda pakai jika pesawat jatuhmendarat di air dalam keadaan utuh. Cara pakainya, kalungkan rompi melalui atas kepala anda, pasang gespernya dan kencangkan. Kemudian keluarlah dari pesawat melalui pintu-pintu darurat atau lobang besar lain yang terdekat. Setelah di luar pesawat, sentakkan talinya sambil berharap mudah-mudahan tidak putus atau kentuti tiup pelampung sampai mengembang jika tidak bocor. Rompi pelampung juga dilengkapi lampu darurat yang akan menyala jika terendam air. Mudah-mudahan battery-nya bagus dan lampunya tidak putus.

Jika tekanan udara dalam kabin turun secara tiba-tiba karena kaca pecah atau atap lepas, maka kedok oksigen akan jatuh ke lantai dari atas kepala anda. Segera pakai kedok oksigen menutup hidung pesek dan mulut bau anda dan bernapaslah seperti biasa jika masih bisa bernapas. Bagi yang membawa balita, pakai kedok dulu baru menolong anaknya jika masih sempat.

Matikan hand phone dan semua alat elektronik lainnya jika mau selama penerbangan karena dapat mengganggu navigasi dan pengendalian pesawat. Penerbangan ini adalah penerbangan bebas merokok, jadi anda dipersilahkan dilarang merokok selama penerbangan.
Di depan tempat duduk anda juga terdapat meja lipat yang harus dalam keadaan terlipat ketika pesawat tinggal landas dan mendarat. Tersedia juga kartu petunjuk keselamatan penerbangan di bawah meja anda jika anda peduli. Anda disarankan untuk membuang membaca kartu petuntuk tersebut karena percuma demi keselamatan anda. Tersedia juga teks doa yang kami wajibkan anjurkan untuk dibaca sebelum penerbangan terakhir anda.

Jika anda perlu layanan plus bantuan, jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami melalui hand phone ( no sms ) dengan menekan tombol di atas anda. Akhirnya selamat menikmati penerbangan terakhir anda bersama kami A-MAD-AIR. Pesawat kami adalah yang paling tidak aman, sesuai motto baru kami yaitu KALAU MAU SELAMAT JANGAN NAIK NAIKLAH PESAWAT KAMI.

Setelah selesai peragaan prosedur keselamatan klise tersebut, terdengar suara obrolan pramugari yang samar-samar terdengar melaui speaker kabin : ”Motto kita tidak beda jauh dengan mottonya pesaing terberat kita yaitu TIKET MURAH, ASAL TIDAK MINTA SELAMAT.

Siang itu, pesawatpun take off dengan sukses. Begitu pula tidak ada masalah ketika transit di bandar udara Janda Juanda baru yang berada di Suralaya Surabaya. Setelah terbang sekitar 1 jam, pesawat kira-kira sudah melewati kepulauan Masabodho Masalembo. Ketika itu tiba-tiba ada goncangan keras disertai suara berderak  yang diikuti jeritan panik seorang penumpangwanita. Badan terasa ringan / melayang seperti tidak ada gravitasi bumi sampai jantung berdesir.

Sesaat kemudian, kaki dan perut saya terasa  membentur sesuatu dengan keras. GEDOBRAAAAK …… ternyata pesawat saya telah mengalami kecelakaan udara kerja dan mendarat darurat jatuh di laut tanah dan mati dengan selamat.

Betul-betul sebuah “kecelakaan” yang tak terlupakan. Mungkin karena sering nonton TV yang menayangkan ulasan musibah pesawat sampai saya melamun membayangkan naik pesawat dan jatuh. Kebetulan juga saya juga jatuh ( beneran ) ketika mengganti atap  green house beberapa waktu lalu. Karena kecelakan itu, kaki kanan saya luka memanjang sekitar 10 cm tapi untungnya tidak dalam dan tidak perlu dijahit dan sekarang sudah sembuh meskipun belum bisa melakukan eksperimen di workshop lagi.
Terimakasih dan salam eksperimen.

Iklan

3 Komentar

  1. A.RAFUL said,

    Mei 6, 2007 pada 3:57 pm

    MAS SAYA BUTUH KONTAK SAMPEAN SAYA MAU DISKUSI SAYA ADA ORDER PEMBUATAN MESIN UNANGINTUK PEMBUATAN ENERGI TERBARUKAN DARI SUMBER ENERGI

  2. Paijo said,

    Februari 2, 2007 pada 3:41 am

    @ Helgeduelbek
    Aku pancen seneng crito lan ugo ngarang crito. Perkoro eksperimen, jan-jane dudu pegawean nanging hobi sing wis kebacut mendarahdaging. Dadi aku ora etung-etungan duwit nek nyangkut eksperimen, angger ora ngganggu jatah dapur. Bab biaya, jan-jane ora pati akeh angger trampil lan kreatif golek barang bekas. Opo meneh kudu kreatif golek donatur utowo sponsor, kudu ngerti senine meyakinkan donatur/sponsor supoyo gelem ngetokke duwit. Contone, Jemuran Pintar karo Automatic Sprinkle System sing wis tak posting iku diragati dening sekolah yayasan sing disponsori perusahaan tambang. Sing nyambut gawe murid ( KIR ), aku mung dadi konsultan teknis wae. Dene ide utowo gagasane ono sing soko aku, ugo ono sing soko murid dewe. Tumeko wektu iki, wis ono hasil karya cacah telu sing kasil dadi finalis lomba tingkat nasional ing ITB lan ITS. Dene cacah karya total wis ono 9 lan isih bakal tambah terus.
    Nek bak pegaweanku sing baku, aku njaluk pangapuro yen ora biso njentrehake ing forum iki ( ben podho penasaran ). Nanging sing cetho, aku dudu bos perusahaan. Aku mung wong glidig biasa sing golek penguripan halal nganti gedharang-dharang tekan Sulawesi. Tak kiro bab pegaweanku ora pati penting dibahas, sing penting iso ketemu ing forum blog. Nek bab hobi, aku seneng mancing lan ngingu kucing. Mulane avatarku gambar kucing, mergo aku seneng banget ngingu kucing nganti cacah 5 sing tansah setyo nunggoni lan ngancani aku neng workshop. Ing kantorku wae aku ngingu kucing cacah loro, lanang wadon. Lha kucing lanang neng kantorku kuwi kesayanganku sing kadhang sok mrimpeni lan kerep menehi inspirasi lan ide cemerlang. Kucing mau kucing paling terkenal neng kantorku, kabeh wong klebu security lan cleaner ugo kenal karo kucingku. Ono rencana aku meh macak fotone kucingku kanggo avatarku sing anyar.
    Maturnuwun lan salam eksperimen.

  3. helgeduelbek said,

    Februari 2, 2007 pada 12:47 am

    😀 asyik moco cerito kang paijo iki… BTW jane kang paijo iki gaweane eksperimen gitu sampean ini bos perusahaan opo toh kang 🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: