PENGHUBUNG MESIN DENGAN GENERATOR

PENGHUBUNG MESIN PENGGERAK DENGAN GENERATOR
By Paijo
Agar dapat menghasilkan listrik yang berkualitas tinggi ( tegangan dan frekuensinya stabil ), maka generator harus bekerja pada kecepatan putar ( rpm ) tertentu sesuai rekomendasi pabrik. Agar dapat berputar, generator harus dihubungkan dengan mesin penggerak yang dapat berupa motor bakar, turbin air, turbin uap, kincir angin, kincir air, dsb. Agar pembangkit listrik memiliki kinerja dan efisiensi maksimal, perlu didesain sedemikian rupa sehingga mesin penggerak maupun generator bekerja pada kecepatan putar ideal ( peak speed ) masing-masing. Untuk mencapai keadaan ideal tersebut, diperlukan jenis penghubung yang sesuai dengan perbandingan kecepatan antara shaft mesin penggerak dengan shaft generator. Adapun perbandingan kecepatan putar tersebut ada 3 macam yaitu :

Pereduksi-1

Pereduksi-2

Pereduksi-3

Gear box

1. Kecepatan putar mesin penggerak sama dengan kecepatan putar generator.
Untuk keadaan ini, dapat digunakan sambungan langsung dimana poros mesin penggerak tersambung langsung ( coaxis ) dengan poros generator yang lazim digunakan pada genset motor bensin portable. Alternatif kedua, dapat digunakan direct couple seperti yang digunakan pada mesin pemotong rumput. Alternatif ketiga, dapat digunakan sambungan tidak langsung yaitu sistim pulley-belt atau sistim gear-rantai atau sistim gear to gear ( diameter kedua pulley atau jumlah gigi kedua gir musti sama ).
2. Kecepatan putar mesin penggerak lebih rendah daripada kecepatan putar generator.
Untuk keadaan ini, diperlukan sistim multiplikasi putaran sebagai penghubung. Jika perbedaan kecepatan putar tersebut tidak terlalu jauh ( lebih dari 1 : 3 ), dapat digunakan sistim multiplikasi tunggal yang cukup sederhana. Adapun sistim multiplikasi tersebut dapat berupa sistim pulley-belt yang terdiri dari sebuah pulley besar pada shaft mesin penggerak dan sebuah pulley kecil pada shaft generator yang dihubungkan oleh sebuah belt. Alternatif kedua, dapat berupa sistim gear-rantai yang terdiri dari sebuah gear ( sproket ) besar pada shaft mesin penggerak dan sebuah gear ( sproket ) kecil pada shaft generator yang dihubungkan oleh sebuah rantai. Alternatif ketiga, dapat berupa sistim gear to gear yang terdiri dari sebuah gear besar pada shaft mesin penggerak dan sebuah gear kecil pada shaft generator yang saling bersinggungan.
Jika perbedaan kecepatan putar tersebut cukup jauh ( kurang dari 1 : 3 ), perlu digunakan sistim multiplikasi bertingkat yang cukup rumit. Untuk keperluan itu, dapat digunakan gear box type HELICAL sebagai salah satu alternatif yang banyak dipakai. Sedangkan gear box type WORM tidak dapat dipakai untuk sistim multiplikasi karena bersifat irreversibel ( tidak dapat dibalik ). Alternatif lain, dapat juga digunakan sistim pulley-belt bertingkat atau sistim gear-rantai bertingkat. Adapun banyaknya tingkat, tergantung dari Total Multiplication Ratio ( TMR ) yang diperlukan.
3. Kecepatan putar mesin penggerak lebih tinggi daripada kecepatan putar generator.
Untuk keadaan ini, diperlukan sistim pereduksi putaran sebagai penghubung. Jika perbedaan kecepatan putar tersebut tidak terlalu jauh ( kurang dari 3 : 1 ), dapat digunakan sistim pereduksi tunggal yang cukup sederhana. Adapun sistim pereduksi tersebut dapat berupa sistim pulley-belt yang terdiri dari sebuah pulley kecil pada shaft mesin penggerak dan sebuah pulley besar pada shaft generator yang dihubungkan oleh sebuah belt. Alternatif kedua, dapat berupa sistim gear-rantai yang terdiri dari sebuah gear ( sproket ) kecil pada shaft mesin penggerak dan sebuah gear ( sproket ) besar pada shaft generator yang dihubungkan oleh sebuah rantai. Alternatif ketiga, dapat berupa sistim gear to gear yang terdiri dari sebuah gear kecil pada shaft mesin penggerak dan sebuah gear besar pada shaft generator yang saling bersinggungan.
Jika perbedaan kecepatan putar tersebut cukup jauh ( lebih dari 3 : 1 ), perlu digunakan sistim pereduksi bertingkat yang cukup rumit. Untuk keperluan itu, dapat digunakan gear box baik yang type HELICAL maupun type WORM sebagai salah satu alternatif yang banyak dipakai. Alternatif lain, dapat juga digunakan sistim pulley-belt bertingkat atau sistim gear-rantai bertingkat. Adapun banyaknya tingkat, tergantung dari Total Reduction Ratio ( TRR ) yang diperlukan.
Pada sebagian besar pembangkit listrik, kecepatan putar mesin penggerak tidak sama dengan kecepatan putar generator. Oleh karena itu, salah satu hal yang harus dilakukan dalam perencanaan sistim pembangkit listrik adalah menjembatani perbedaan kecepatan putar ( rpm ) ideal antara shaft generator dengan shaft turbin. Untuk itu, perlu dibuat desain suatu sistim pereduksi atau sistim multiplikasi yang berfungsi mentranformasi kecepatan putar ideal shaft turbin menjadi kecepatan ideal shaft generator tanpa banyak kehilangan daya. Secara prinsip, sistim pereduksi atau sistim multiplikasi adalah semua sistim mekanik mulai dari pulley atau gear yang terpasang pada shaft turbin, kemudian gear box ( jika ada ), sampai dengan pulley atau gear yang terpasang pada generator. Jadi bukan hanya gear box saja yang merupakan bagian dari sistim pereduksi atau sistim multiplikasi putaran. Demikian juga sebaliknya, sistim pereduksi atau sistim multiplikasi putaran tidak selalu berupa gear box.
Adapun perbedaan antara sistim pereduksi dan sistim multiplikasi adalah pada transformasi kecepatan yang dihasilkannya. Sistim pereduksi mentransformasikan kecepatan putar tinggi menjadi kecepatan putar yang lebih rendah. Sedangkan sistim multiplikasi mentransformasikan kecepatan putar rendah menjadi kecepatan putar yang lebih tinggi. Sistim pereduksi digunakan jika kecepatan putar mesin penggerak ( termasuk turbin ) lebih tinggi daripada kecepatan putar generator. Situasi seperti itu lazim ditemui pada PLTA, PLTU, PLTGU, dan PLTP. Sedangkan sistim multiplikasi digunakan jika kecepatan putar mesin penggerak lebih rendah daripada kecepatan putar generator. Situasi seperti itu lazim ditemui pada PLTMH yang menggunakan kincir lintasan sebagai tenaga penggerak. Dalam artikel ini hanya akan dibahas tentang sistim pereduksi saja. Adapun sistim multiplikasi akan dibahas dalam artikel tersendiri jika ada yang request.

SISTIM PEREDUKSI PUTARAN
Sistim pereduksi putaran yang dibahas di bawah ini dapat diterapkan pada semua jenis pembangkit listrik maupun pada proyek lainnya yang memerlukan sistim pereduksi putaran secara umum.
Untuk dapat menentukan jenis pereduksi yang paling tepat dengan kebutuhan, perlu diketahui dulu data teknis dari mesin penggerak dan generator yaitu antara lain :
a. Kecepatan putar mesin penggerak ( rpm ) yang memberikan efisiensi konversi tertingi ( peak speed ). Kalau diinginkan, boleh juga bukan peak speed ( biasanya diatasnya peak speed ) dengan maksud untuk memperoleh output daya yang lebih besar namun harus rela mengorbankan sedikit efisiensi.
b. Kecepatan putar generator ( rpm ) yang direkomendasikan oleh pabrik. Kecepatan putar generator musti mengikuti standar dengan toleransi sekitar 2-5 % saja. Jika terlalu tinggi atau terlalu rendah melewati batas toleransinya, maka kualitas listrik yang dihasilkan akan berkualitas rendah ( tegangan dan frekuensinya tidak sesuai standar ).
c. Daya yang yang dihasilkan mesin penggerak ( watt atau HP ) pada kecepatan kerja yang ditetapkan pada bagian a di atas
d. Daya dari generator ( watt atau HP ) pada kecepatan kerja yang direkomendasikan pabrik pada bagian b di atas
Setelah semua data bagian a-b-c-d tersebut di atas telah lengkap, maka langkah selanjutnya adalah melakukan analisis dan kalkulasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Memastikan bahwa daya mesin penggerak ( data c ) musti 5-10 % lebih besar dari pada daya generator ( data d ) agar sistem dapat bekerja normal sesuai harapan. Hal itu disebabkan oleh kehilangan daya akibat adanya slip dan atau gesekan pada sistim mekanik seperti bearing, gear, belt, rantai, dsb. Kehilangan daya tersebut bisa mencapai 5-10 persen dari daya total. Jika ternyata daya mesin penggerak tidak lebih besar daripada daya generator, maka musti dilakukan penggantian / perubahan rencana. Alternatif pertama adalah memperbesar daya mesin penggerak jika memungkinkan. Alternatif kedua adalah mengganti generator dengan daya yang lebih kecil.
2. Menghitung Total Reduction Ratio ( TRR ) ideal yang diperlukan berdasarkan data a dan b di atas.
3. Setelah mendapatkan TRR ideal, langkah selanjutnya adalah mendesain rangkaian sistim pereduksi yang memiliki TRR aktual yang sama dengan TRR ideal. Jika tidak bisa diperoleh yang betul-betul sama, maka bisa digunakan TRR aktual sedikit di atas TRR ideal denan toleransi maksimal 5 %. Adapun pemilihan jenis sistim pereduksi yang akan digunakan, perlu mempertimbangan besar kecilnya TRR dengan pedoman sebagai berikut :
• Jika TRR kurang dari 3, dapat digunakan sistim pereduksi sederhana ( lihat gambar ). Adapun sistim pereduksi tersebut dapat berupa sistim pulley-belt yang terdiri dari sebuah pulley kecil pada shaft mesin penggerak dan sebuah pulley besar pada shaft generator yang dihubungkan oleh belt. Alternatif kedua, dapat berupa sistim gear-rantai yang terdiri dari sebuah gear ( sproket ) kecil pada shaft mesin penggerak dan sebuah gear ( sproket ) besar pada shaft generator yang dihubungkan oleh rantai.
• Jika TRR lebih dari dari 3, perlu digunakan sistim pereduksi bertingkat yang lebih rumit. Untuk keperluan itu, dapat digunakan sistim pereduksi bertingkat baik sistim pulley-belt maupun sistim gear-rantai. Adapun banyaknya tingkat, tergantung dari TRR yang diperlukan. Jika TRR kurang dari 3, cukup satu tingkat. Jika TRR antara 3 dan 9, bisa 2 tingkat. Jika TRR antara 9 dan 27, bisa 3 tingkat. Dan jika TRR lebih dari 9, perlu dipertimbangkan penggunaan gear box agar tidak terlalu rumit. Adapun gear box yang dapat digunakan dapat dipilih yang type HELICAL maupun type WORM. Selain harus memilih rasio yang tepat, pemilihan gear box juga wajib memperhitungkan kekuatan yang harus dipikulnya agar tahan lama dan efisien. Gear box yang terlalu kecil, akan cepat rusak. Kalau terlalu besar, boros biaya dan tidak efisien karena banyak kehilangan daya. Mengenai type gear box, yang type HELICAL relatif lebih aman dari pada type WORM jika digunakan untuk memutar beban yang mempunyai momentum anguler yang besar seperti generator. Karena bersifat irreversibel, gear box type WORM bisa rontok jika belt penghubung turbin dan gear box putus ketika sedang berputar kencang . Hal itu disebabkan oleh momentum anguler generator yang akan memaksa bagian output gear box untuk tetap berputar selama beberapa saat sebelum momentumnya habis dan berhenti. Hal itu tidak akan terjadi pada gear box type HELICAL jika belt tersebut putus karena bersifat reversible. Sifat irreversible pada gear box type WORM disebabkan oleh konstruksi gearnya yang berbentuk seperti mekanik pemutar senar gitar. Dengan konstruksi seperti itu, pemutar dapat menggerakkan penggulung senar, tapi penggulung senar tidak bisa menggerakkan pemutar dan jika dipaksa bisa rontok. Gear box pada mobil apapun, semuanya type HELICAL, jadi pasti aman dipakai untuk dinamo. Tetapi dapat dipakai hanya jika rasionya cocok. Rumus untuk menghitung rasio gear box type HELICAL ( jika tidak dicantumkan rasionya ) adalah :
Sedangkan rasio gear box type WORM lebih mudah dihitung karena rasionya sama dengan jumlah gigi pada gear outputnya.
Catatan :
Jika akan menggunakan sistim pulley-belt atau sistim gear-rantai baik tunggal maupun bertingkat, ada cara menghitungnya tersendiri ( lihat contoh pada gambar ). Demikian juga jika menggunakan sistim gear-rantai, TRR aktual bisa dihitung dengan cara yang sama hanya dengan mengganti diameter pulley menjadi jumlah gigi. Hal itu tidak diuraikan panjang lebar disini karena pilihan anda sudah mengarah kepada gear box mobil yang sudah diketahui rasionya. Jika seandainya rasio gear box mobil yang akan dipakai belum diketahui, bisa dibuatkan sketsanya dan keterangan jumlah gigi-giginya serta arah putarannya untuk dihitung secara tepat rasionya. Tentu saja harus dihitung sendiri-sendiri secara terpisah untuk tiap-tiap nomor speed ( perseneling ) mulai dari perseneling 1 sampai top speed ( perseneling tertinggi ) yang tersedia. Caranya sederhana asal ada sketsa dan datanya. Saya sendiri tidak punya data tentang rasio dari gear box mobil sehingga harus menghitungnya dulu ketika membutuhkan.
Terimakasih dan salam eksperimen.

About these ads

282 Komentar

  1. jaka said,

    Oktober 3, 2014 at 9:30 pm

    sangat banyak pemintanya nichhh .

  2. arif said,

    September 21, 2014 at 2:03 am

    pak paijo. sy lg bereksperimen bikin mesin pemecah bambu. tp sy masih bingung menggunakan motor dengan daya brp HP & size gearbox yg sesuai. sy mohon bantuan pak paijo utk menyempurnakan desain rancangan karya sy ini. jika bpk berkenan tolong kirimi sy alamat email atau no hp bpk ke email sy: arh_antasari@yahoo.com.
    trmksh

  3. royani said,

    Juni 15, 2014 at 5:25 pm

    pak,, saya mau tanya nie…
    kalo nyari nilai efisiensi generator gimana yach..

  4. Ocu Jun said,

    Mei 13, 2014 at 11:58 am

    lam eksperimen mas paijo, saya lagi merancang listrik free bbm. generatornya saya ambil dari generator mesin qobal 1000wt, tapi generator yang saya gunakan tidak mengeluarkan arus listrik saat motor penggeraknya sudah memutar generatornya. kenapa kira2 ini mas. tolong penjelasannya.

    • asrihijau008 said,

      Juli 13, 2014 at 7:59 pm

      coba di cek arus dc yang menuju ke medan penguatnya (exciternya), sebab kumparan tegangan (kumparan pada stator) akan membangkitkan ggl (tegangan) jika dipotong oleh medan magnit (rotor) dimana kumparan rotor sebagai exciter memerlukan arus dc.
      Jawaban ini sama dengan pertanyaan dari Ocu Jun

  5. paije said,

    Maret 20, 2014 at 5:51 pm

    mas paijo saya mau tanya genset saya hidup mesin nya tapi tidak keluar voltase nya….kira2 apa masalah nya ya??????

  6. Rachmat said,

    Maret 15, 2014 at 3:34 pm

    Tanya,besaran pully pd dinamo penggerak dgn rpm 1400 dan besaran pully pd as untuk mixer apabila kita ingin putaran pada mixer dengan rpm 25? Mohon bantuannya.Dmn dpt dibeli pully tsb.Terima kasih.
    Rachmat( email:fotodua@yahoo.co.id)

  7. Desember 15, 2013 at 1:31 pm

    perkenalkan saya.pak bahrum…, mau tanya…, bagaimana cara memasang amper meter pada genset portabel. terima kasih

  8. hery said,

    Desember 6, 2013 at 12:09 am

    Pak Paijo , sy akan buat micro hydro .. setelah putaran kincir Diketahui gimana cara menentukan generator yg cocok dan sytem reduksinya sebaiknya pakai apa ? Trimakasih

  9. bangkuang said,

    Agustus 22, 2013 at 12:28 am

    minta rumusnya perekduksi sederhana pak ijo….
    saya lagi TA …
    saya membuat simulasi sistem pengisian….
    saya pakai dinamo jahit dirubah pakai gear sepda dsambungkan ke alternator, alternator juga pakai gear bukan pakai belt….
    saya minta rumus rpm nya dong….

  10. Zaqqi said,

    Mei 6, 2013 at 2:05 pm

    Assalamu alaikum dan salam kenal Mas Paijo…

    Saya punya permasalahan dengan PLT Micro Hydro, tipe turbin yang digunakan adalah propeller (Kaplan), Generator 40Kw dengan menggunakan sistim pereduksi putaran 2 tingkat dgn perbandingan 2:1 antara turbin dgn shaft penggerak Generator, sedangkan pulley pada shaft 1:1 dgn pulley pada generator, posisi shaft dengan generator vertikal, yang jadi permasalahan adalah V-belt pada pulley shaft dan generator cepat putus, saat dilakukan uji coba V-belt hanya mampu bertahan selama +/- 1.5 jam saja, dan sebelum putus dibarengi dengan terjadinya penurunan voltase pada generator, yg ingin saya tanyakan:

    1. apakah besar perbandingan pulley (penggerak/digerakkan) pada shaft dan generator berpengaruh pada kondisi V-belt ?

    2. apa yang dapat menyebabkan terjadinya overheat pada V-belt dan bagaimana cara mengatasinya ?

    3.apakah dengan mengubah perbandingan dan mengalingment pulley dapat mengatasi permasalahan ini?

    sebelumnya terima kasih atas bantuannya Mas,

    Wassalam…

  11. bowo said,

    Oktober 27, 2012 at 9:28 pm

    mas paijo, kalo motor bekas mesin cuci digunakan untuk generator minihydro bisa ngga? kalo bisa kasih tau rancangannya.thaks

  12. erick said,

    Oktober 24, 2012 at 11:55 am

    saya suka ilmu yang berbau teknik…thanks,mr paijo
    ni akan menambah ilmu bwat ku

  13. tri harsoyo said,

    Agustus 16, 2012 at 4:57 pm

    mas paijo …… saya pensiunan BUMN sekarang lagi utak atik mbuat kincir angin .. kebetulan omah saya pinggir pantai depok jogja …….. yang saya mau tanya kalau beli dinamo listrik itu yang yang berapa
    PK untuk bisa dipakai kirakira 10 rumah … tolong kaabar balik mas

  14. bagoes said,

    Mei 2, 2012 at 9:20 pm

    gan,ane mau nanya nih.. kalau dinamo generator 3kw kr2 membutuhkan pendorong brp PK kalau di putar pakai dinamo motor singgel phase..?thanks gan,

    • ali said,

      September 14, 2012 at 9:59 pm

      pak bgus jwbn bpk paijo tntang generator mmbthkan brapa kw dinamo motoran???

  15. bagoes said,

    Mei 2, 2012 at 9:17 pm

    gan generator ane kan 3kw.. kalau misalnya mau di dorong pakai dinamo motor singgel phase kr2 ane mesti beli dinamo yg brp PK gan..?thanks…

  16. Ical said,

    Maret 14, 2012 at 9:42 pm

    Salam kenal pak Paijo..
    Saya mau nanya pak, saya ingin menghidupkan listrik dikampung saya dengan membuat pembangkit listrik sederhana. saya minta bantuan penjelasan bapak tentang pembuatan pembangkit listrik sederhana menggunakan tenaga air. Sedikit informasi kondisi debit air kecil, apakah bisa mendapatkan daya 1300 watt dan gear box tipe apa yang cocok digunakan untuk debit air tersebut (kalo bisa saya pesan gear boxnya). Mohon penjelasan bapak karena informasi dari bapak dapat mengubah kehidupan kampung saya. thks

  17. Februari 28, 2012 at 12:45 am

    Malam pak, saya ada masalah terkait dengan Dinamo/Generator :
    Kasusnya begini , selama ini saya memakai dinamo/generator stc 20 kva 1 phase, dengan mesin berkekuatan 30 hp , dan saya salurkan ke rumah-rumah tetangga sekitar 75 A , lancar pak tidak ada masalah , yang jadi masalah skrg saya ada beli dinamo 20 kva juga tetapi 3 phase masih menggunakan mesin yg sama , pertanyaannya :

    1. Mengapa ketika saya salurkan mesin saya drop, voltasenya juga ?

    2. Apakah benar dinamo 3 phase hrs menggunakan panel khusus (AVR)
    3. Apakah pulley mempengaruhi (mesin 6″ x generator 8″) ,

    Terimakasi terlebih dulu , semoga bapak dapat membantu masalah saya

  18. bejo sartono said,

    Februari 20, 2012 at 12:08 pm

    salam om paijo………….
    bagaimana sih sketsa/gambar mesin pembuat kompos ( grinder ), aku pengen buat dengan alat sederhana soalnya klo mo beli mahal om, tolong ya………

  19. syahril said,

    Januari 7, 2012 at 10:28 pm

    as wr.wb
    saya sedang melakukan riset untuk menjawab tantangan masalah listrik di komunitas masyarakat kepulauan yang terisolasi,yang ingin saya lakukan adalah membuat sebuah alat yang menghasilkan arus listrik tampa menggunakan motor penggerak,air,angin,mengapa karena masalah paling mendasar di sana adalah perawatan dan pembiaannya,rencana saya kalau program ini berhasil masyarakat di pulau pulau yang terisolasi tersebut akan menerima hibah ini gratis dan tidak terlalu terbebani dengan masalah perawatannya,saya ingin merekayasa sebuah alat yang bisa menghasilkan listrik dengan listrik itu sendiri,gerbox yang paling bagus dan sangat ringan yang sanggup memutar generator dengan cukuplah untuk kebutuhan listrik 300 kk tolong beritahukan saya apa namanya

  20. huda said,

    Desember 3, 2011 at 6:32 pm

    Pak saya mau tanya untuk menarik 5 kva dibutuhkan berapa Pk diesel serta polly berbanding berapa pak, mohon penjelasannya terima kasih

    • Januari 9, 2012 at 7:21 am

      Diesel 8 HP, dengan perbandingan pully sama besar (satuan inchi). Tidak boleh lebih besar penggeraknya atau sebaliknya, karena jika lebih besar pully penggerak maka hasil RPM yang dicapai Generator bagus dengan RPM penggerak yang lebih rendah, akan tetapi jika sudah diberi beban maka Mesin penggerak (Diesel) akan drop dan tidak bisa menghasilkan RPM Generator yang telah ditentukan oleh pabrikan.

  21. Brian said,

    November 12, 2011 at 12:34 am

    Paijo kalau berkenan saya minta nomor hp dan emailnya ya,trims

  22. gazali said,

    Oktober 26, 2011 at 9:48 am

    tesis : ANALISA PENINGKATAN DAYA KINCIR AIR DENGAN KAPASITAS 5Kw

  23. gazali said,

    Oktober 24, 2011 at 10:03 pm

    gimana cara menganalisa peningkatan daya kincir air dengan mamakai generator 5 kw

  24. NOTO BOTO LIMO said,

    Oktober 22, 2011 at 3:43 pm

    maju terus pantang mundur lek paijo…….yen panjenengan punya gagasan free energy terbarukan hub aku yo lek mengko yen iso yo aku tak melu2 ngewangi gagasanmu…..KAPAN INDONESIA ISO MERDIKO.

  25. jebudi said,

    Oktober 6, 2011 at 8:53 pm

    kalau membuat generator mini menggunakan dinamo tape bisa nggak ?

  26. teguh said,

    September 3, 2011 at 10:01 am

    saya telah memperbaiki pola tenaga gerak, mungkin bisa di lihat di http://www.gravitypower-generator.blogspot.

  27. kiyai esong said,

    Juli 24, 2011 at 1:05 am

    saya tidak mengerti tentang mesin apalagi tentang elektro iniadalah porsi yang pernah belajar mesin dan elektro .hebat lo punya kemahiran tsb aku hanya bisa berkaor kaor ha ha ha salam hormat untuk ahli mesin

  28. ahmad said,

    Juni 28, 2011 at 10:16 pm

    mlm pak paijo. tlg bantu sy, harus menggunakan mesin apa yang jika dinamo nya hidup tapi kerjanya yang stop. tlg dibalas. tq

  29. YUDA said,

    Mei 14, 2011 at 9:09 pm

    saya sedang menyukai belajar tentang dinamo…dan saya kagum dengan tulisan2 anda..trims

  30. joyo said,

    April 30, 2011 at 9:49 am

    salam kenal mr Paijo
    saya mohon diberikan arahan, pln sekarang taripnya bertambah mahal sedangkan pengahsilan saya hanya pas pas saja, saya ingin berhemat listrik dengan cara modifikasi antara generator pompa air dihubungkan dengan generator pembangkit listrik {generator pompa air disuply listrik pln 100 watt (sebagai ganti tenaga air) – dihubungkan dengan generator pembangkit yang 2200 watt} agar output listrik 2200 watt, apakah hal ini mungkin, kalau mungkin dan bisa saya mohon dapat diberikan arahan dan penjelasannya, terima kasih salam kuwat rahmanto – cakung – jakarta

    Pak Paijo, pertanyaan ini aku copy dari atas karena aku cari cari jawaban tidak ada. Apakah rangkaiannya ditambah flywheel?
    Matur nuwun Pak Paijo.

    • Paijo said,

      Mei 3, 2011 at 12:03 pm

      Singkat saja, hal itu tidak mungkin. Terimakasih dan salam eksperimen.

  31. Teguh said,

    April 13, 2011 at 8:18 pm

    Senang bisa melihat indonesia maju, di http://www.h2ofuel.blog.com ada generator yg tidak pakai bbm, angin, surya, battere, menghasilkan listrik yg luimayan, salam

  32. ridwan said,

    Maret 28, 2011 at 12:33 pm

    pak. saya ingin sekali bisa menggulung dinamo kipas angin dan mesin air, selain itu juga saya ingin belajar membuat tenaga listrik dari angin, bisa ngga pak. kirimin saya cara2nya lewat email saya ini. dan kalau kena biaya, biayanya berapa.

    terimakasih,
    ridwan

  33. AgusC said,

    Februari 17, 2011 at 5:57 pm

    Thanks for the info,
    baru baca sedikit saja nih,, dan masih agak bingung,, bagaimana dengan frequency yg akan di hasilkan?? bagaimana menggandakan ‘current’ ataupun ‘voltage’ nya?? trafo step up apa yg pas dari watt yg dihasilkan?? bisakah di buat sendiri??

  34. dimas said,

    Februari 4, 2011 at 11:25 pm

    kalau kenak beban rpm bisa setabil tidak yg pernah saya alami bila kenak beban rpm turun.

  35. edi said,

    Januari 10, 2011 at 2:31 pm

    Pak paijo, kebetulan saya nemu website ini, saya sudah lama saya punya pertanyaan di benak saya, apakah mungkin kita menghasilkan listrik dari mesin yang menghasilkan putaran misalnya dinamo ac atau dinamo pompa air, jadi dari putaran itu dikembalikan menjadi listrik, jadi listrik-> kipas angin lewat putaran dikembalikan menjadi listrik kembali, maaf bila ini kedengaran seperti pertanyaan bodoh yah

    • aldi said,

      Januari 21, 2012 at 9:48 pm

      from aldi,,, ya itu yang lagi dibahas di sini,,,, dah panjang lebar dijelaskan, kok masih ja nanya,,, baca artikel yang diatas sampe tuntas, ada jawabannya disana tuuu

  36. Achmad Sardjani said,

    Januari 8, 2011 at 12:18 am

    Ass.Ww.Wb.
    semoga Allah swt. selalu memberi kesehatan dan keberkahan untuk kita semua.sebagai modal untuk kita bermanfaat buat sesama.
    terus berjuang Pak Paijo……!

  37. yaqub said,

    Desember 24, 2010 at 5:51 pm

    gmn cra agar putaran dinamo jd kenseng

  38. hernowo said,

    November 24, 2010 at 1:42 pm

    Saat ini saya sedang bereksperimen bikin Self Generating Generator atau MOGEN -Motor Generator. bentuknya mssih miniatur namun bisa berfungsi dengan baik Arus AC yang keluar masih 27V. Jika skalanya diperbesar (baik magnet maupun kawat dan ukuran rotornya,saya kira bisa menghasilkan sd diatas 200 VAC tanpa kesulitan. hasil eksperimen bisa dilihat di facebook saya. salah satunya ini : http://www.facebook.com/whernowo?v=app_2392950137#!/video/video.php?v=1625814415883

    mari kita sharing…. untuk buat yang 220 VAC 1000WATT dulu…….

  39. rizal said,

    Oktober 27, 2010 at 10:06 pm

    mas…
    saya lagi di lokasi pltd..

    saya mohon bantuannya..
    kalau dinamo 30 kw merk RRT sulit untuk mengeluarkan arus AC nya..
    dan untuk komponennya sudah diganti baru, dan tiddak juga mengeluarkan arusnya. untuk mengeluarkan arusnya saya terpaksa mongkonsletkannya dan itu baru mengeluarkan arus..

    apa sih penyebabnya mas ????
    tlg dong mas.. saya lagi di daerah perdalam,, sulit keluar…

    terima kasih atas bantuanya sebelumnya..

  40. suryadi said,

    Oktober 25, 2010 at 9:23 am

    apakah listrik dengan daya 220 V/1300 w dapat menjalangkan mesin dengan daya 2200. bagaimana solusinya agar mesin tersebut bisa betrimsrputar.

  41. bang jhon said,

    Oktober 21, 2010 at 4:06 pm

    gwe ganteng no coment oce !!!!!!!!!!!!!!!!!

  42. rai said,

    Oktober 10, 2010 at 5:32 pm

    saya perlu daya 1300 untuk rumah.apa yg di perlukan.bagaimana merangkainya………..trims
    kirim ke email saya…………….ok

  43. rai said,

    Oktober 10, 2010 at 5:31 pm

    saya perlu daya 1300 untuk rumah.apa yg di perlukan.bagaimana merangkainya………..trims

  44. Anju Manalu said,

    Agustus 23, 2010 at 12:43 pm

    Selamat pagi pak!!! Saya menemukan blog bapa dr Google.
    Saya mahasiswa T.Industri USU yg sedang skripsi
    Saya menemukan Laman GearBox dr blog bapa. tapi saya membutuhkan spesifikasi:
    a. Nama
    b. kebutuhan daya listrik
    c. Harga
    d. lo bisa situs untuk gearbox di Internet pak

    Saya sampai skrg belum jmpai 4 hal diatas dr Internet
    Mohon Bantuannya Secepatnya ya pak. Email Saya: Anjoe_ll1st@yahoo.com
    Salam saya Anju Manalu
    Salam Eksperimen!!!!

  45. sam said,

    Agustus 13, 2010 at 4:21 pm

    mas mohon info apakah gearbox type worm yang dipakai juga di traktor kubota sebagai pemutar mesin potong rumput ya? apa ada nama lain dari gearbox type worm tersebut kalau aja nanti saya mau beli ? soalnya alat pemutra mesin rumput di traktor kantor kami rusak jadi mau diganti.
    thx

  46. Agustus 4, 2010 at 4:47 pm

    gimana caranya menentukan kerusakan yg terjadi pada motor listrik………

    misal nya pada pompa air..????????

  47. dian said,

    Juli 20, 2010 at 5:41 pm

    mas saya punya ide, tapi gak tau apakah berhasil atau tidak, ide saya yaitu menciptakan tenaga listrik dari penggerak motor listrik itu sendiri, maksudnya kalau genset itu bisa menghasilkan tenaga listrik oleh penggerak mesin (bensn / diessel) bagai mana kalau diganti penggeraknya itu pake motor dc? jadi motor dc tersebut mendapatkan powernya dari gensetnya itu sendiri setelah kita turunkan tegangannya dan di searahkan arusnya. apa yang akan terjadi terima kasih. mohon di tanggapi ya mas…

  48. edi said,

    Juni 26, 2010 at 3:41 pm

    salam p”paijo,
    begn pak saya punya mesin cuci kapasitas 25Kg tp dinamonya tidak ada.
    puly yang ada di mesin cuci diameter 50 cm
    yang mau saya tanyakan :
    1. berapa kapasitas dinamo yang diperlukan ?
    2. perbandingan puly untuk mengerakkan mesin tersebut ?

  49. richson said,

    Juni 14, 2010 at 1:37 am

    mas saya mau tanya, sdg experimen dgn inverter 12v-230v. bgmna cara supaya accu 12v sbagai sumber arus inverter tdk habis .sy mnggunakan altenator mbl 50amp.tp memakai motor penggerak apa ya yg arusnya rendah, tp rpm tinggi.mhn dibantu..hp sy 0858 80985898, sms jg blh mas
    trims banget

  50. Danny said,

    Juni 4, 2010 at 10:08 pm

    Salam kenal pak paijo

    saya seorang kepala produksi, di suatu perusahaan yg bergerak di bidang pemotongan.

    pada saat ini per orang di pabrik saya bekerja mengunakan mesin 1 pk,
    tapi karena keterbatasan listrik, saya mengusulkan mengunakan mesin 3 pk untuk di gunakan 4 orang.
    yang ingin saya tanyakan, apakah pak paijo ada saran untuk saya.
    bagaimana saya dpat membuat putaran dinamo 3 pk jadi lebih tinggi, karena saya memerlukan putaran minim 3000 rpm.
    karena saat ini saya telah menjalankan sistem poly 1:2
    dan dinamo saya juga panas sekali ketika di gunakan, apakah pak paijo ada saran bagaimana agar saya tetap bisa menggunakan dinamo 3 pk ini.
    mungkin dengan sistem gear atau mungkin poly yang lebih besar lagi.
    tolong saya di berikan saran pak.
    terima kasih sebelumnya saya ucapkan untuk pak paijo

  51. agus bpp said,

    Mei 28, 2010 at 9:48 am

    mas paijo yang baik hati bisa gak saya minta di gambar skema ato cara kerja gearbox penambah kecepatan ato multiplicatiaon tolong di emailkan saya butuh banget sebelum nya tri makasi sebanyak2 nya

  52. rifqi said,

    Mei 17, 2010 at 5:36 pm

    saya mau membuat listrik tenaga air bak kolam dirumah,tapi tdk mengerti apa2 tolong infonya,dan kl bisa pakai yg pembangkit/genarator 7,5kva s/d yg 60kva utk industri rumahan.terima kasih.

  53. endro siswanto said,

    April 20, 2010 at 10:24 pm

    mr Paijo ” saya mempunyai masalah. saya mempunyai generator 25 kva. 1500 rpm dan diameter puli 20 cm. berapa besarkah daya yg dibutuhkan agar tercapai 1500 rpm. mungkin mr Paidjo punya rumusan atau rekan-rekan yg sdg membaca tulisan ini saya mohon bagi2 ilmunya. sekian & trimakasih.

  54. khalid mustafa abdullah said,

    April 16, 2010 at 11:08 am

    salam eksperimen Mr. Paijo!!!

    sebelumnya ijinkan saya memperkenalkan diri dulu. saya mahsiswa T. mesin Politeknik negeri bandung yang sedang mengerjakan tugas akhir tentang mobil hybrid tipe seri. saya ada kendala dalam pemilihan generator. yang saya mau tanyakan adalah:
    1. saya punya motor listrik dc brushless 3 fasa 6500 watt dengan sumber tenaga baterai kering 20Ah 12 volt 4 buah yang dipasang seri (jadi 48 volt). berapa daya generator dan rpm serta daya motor bakar serta rpm ny yang saya harus beli agar ketika mobil hybrid dijalankan baterai tidak tekor (besar keluaran dari pada pemasukan)??? mohon dikasih pencerahannya mas beserta hitungan2 teoritiknya….

    maksih sebelumnya mas paijo..

  55. kristiantoro said,

    April 14, 2010 at 12:29 am

    to pak paijo
    pak aku mau nanya…? aku punya 3 mesin motor pompa air itu nganggur semua ,itu motor kalo tak jadiin mesin generator bisa ngga ya pak???terus caranya gimna ya pak….?soal nya aku liat potensi di daerah aku ada sumber mata air yang bagus untuk di buat kincir air.untuk pembangkit listrik.t

  56. Nogista said,

    April 11, 2010 at 3:50 pm

    Maaf mas,
    saya mw tanya…

    saya sedang mencoba untuk menghubungkan motor AC 5,5kW dengan generator wind 5kW. Saya menyambungnya dengan coupling sehinga shaft generator dan shaft motor langsung tersambung.

    Ke arah manakah generator PM seharusnya berputar?

    Hal ini harus saya tanyakan karena ketika saya menyambungkan secara langsung dengan coupling, ketika motor bergerak clockwise, maka generator bergerak counterclockwise. Mohon bantuannya. Terima kasih

  57. Maret 21, 2010 at 5:04 pm

    kerennn mas….dapat ilmu baru nie…

  58. Jamaludin said,

    Februari 16, 2010 at 12:51 pm

    saya masih mencari bahan untuk membuat listrik dari tenaga listrik…
    sudah beberapa kali saya uji coba… tapi belum berhasil…toooolong kalau ada infusnya beri masukan …di tunggu…..

  59. PURWO SUBEKTI said,

    Februari 16, 2010 at 12:44 pm

    ASKUM, salam kenal mas jo. saya ucapkan terima kasih ketemu dengan blog mas. saya mau tanya cara membuat gulungan motor listrik kalau bisa lengkap dengan hitungan berapa kebutuhan lilitan untuk sekian daya, mas jo matur kesuwon tulungane moga mendapat berkah dan di balas sama yang kuasa amal mas jo, wslm di tggu.

  60. iwan said,

    Februari 10, 2010 at 5:19 pm

    salam hangat bos paijo

    bos saya mau nanya sebuah alat penghemat listrik, kebetulan teman saya udah beli tapi ga ada merknya. ini saya mau beli tp ga tau belinya dimana
    krn yg jualan seperti sales ga ada kantornya, saran bos paijo saya tunggu

  61. santoso said,

    Februari 10, 2010 at 2:29 pm

    salam kenal pak, paijo

  62. SAIFUL ADAM said,

    Februari 8, 2010 at 4:13 pm

    saya ingin hasil nyata PLTMH yang hemat tempat guna di perkotaan dimana bisa didapatkan???

  63. rimulyono said,

    Januari 28, 2010 at 3:11 pm

    Mas Paijo, apakah dapat memberikan diagran satu garis untuk kelistrika PLTMH samapi nyambung ke jaringan PLN?.

  64. VINO BAHARDI said,

    Januari 27, 2010 at 10:17 pm

    mas,mau nanya ne, ,
    apa sich pengertian motor litrik 3 fase rangkaian delta dan rangkaian star dan bagaimana bentuk /gambar rangkaiannya…?

  65. antho said,

    Januari 12, 2010 at 9:02 am

    @Amin

    terimakasih atas penjelasannya mengenai membuat generator sendiri .
    sebelumnya saya masih sangat awam dan tidak mengerti mesin/kelistrikan, namun belakangan ini saya sangat tertarik dengan mesin pembangkit listrik dan ingin mempelajari dan mempraktikannya .

    saya sudah membaca penjelasan yang mas Amin uraikan tapi saya kurang begitu mengerti karena dasarnya pun saya tidak mengerti , jadi saya mohon jika mas Amin berkenan saya mohon cantumkan Gambar dari rangkaian tersebut ..

    mas amin bisa kirimkan urain tersebut melalui Email anthohiu [at] gmail [dot] com . atau juga bisa ditampilkan disini .
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

    :tidak menutup untuk penjelasan dari para experimen mahir yg lain (worship).

    =>salam saya
    Jadikan Indonesia berkembang dengan experimen-experimen
    =>

  66. iwan_performa said,

    Januari 9, 2010 at 10:40 pm

    saya saluuut dengan blog ini, tp kok cuman pertanyaan aja yang banyak, jwbnya mana saya pribadi nungguin. makasih

  67. Desember 30, 2009 at 1:05 pm

    meskipun nama blognya paijo, tetapi isinya bermanfaat dan berbobot.

  68. rusnan said,

    November 28, 2009 at 12:55 pm

    hebat….salut….

  69. ahmad said,

    November 12, 2009 at 7:58 pm

    salam kenbal buat Moderator..
    saya Ahmad, tinggal di Sulawesi. saat ini daerah kami sering terjadi pemadaman Listrik oleh PLN. untuk mengatasai hal tsb,kami membeli Genset berdaya rendah (1 KW) yg tidak dilengkapi AVR dari Pabriknya, hasilnya, TV dan barang² Lektronik jadi Rusak. yang ingin saya tanyakan, Kira² bagaimana caranya memodifikasi Genset tsb agar bisa dipasang AVR agar Tengana Output bisa jadi Stabil..Mohon Sharing dari Moderator dan rekan² lainnya…terima kasih.
    Wassalam..

  70. Dodi Ariesna said,

    November 11, 2009 at 1:43 pm

    Asslam Pak..
    Mohon bantuannya pak, saya mau merakit mesin penghancur plastik 20 HP, bagaimana rancangan dan mesin penggerak apa yang bagus menurut rekomendasi bapak..
    Terimakasih untuk waktu dan kemurahan hati bapak..

  71. ria gunawan said,

    Oktober 23, 2009 at 8:45 am

    nie kayaknya telat deh ama yg lainya…
    Saya memberikan eplos buat bang Paijo, yg sudah mo memberikan ilmunya buat Qt semua yg bermanfaat, smoga bang Paijo diberikan ide2 kreatif trus…amin tanks bang…

  72. M JASMIN JUSUF said,

    Oktober 20, 2009 at 8:11 pm

    Ass. pak , semoga sehat selalu …..saya cuaman mau penjelasan rpm yang dminta dari suatu prodak mesin dinamo listrik dengan rencana debit air yang mesti disediakan dalam suatu pembuatan PLTMH

  73. adi said,

    Oktober 7, 2009 at 1:44 pm

    salam
    mas numpang nanya ne.
    1.generator kalau tegangannya ga mau keluar kenapa ya?
    2.gimana caranya menghitung ampere yang di hasilkan motor listrik pada motor koneksi seri paralel bintang / delta.

    tolong di jawab ya mas.wassalam

  74. andrist said,

    Oktober 3, 2009 at 11:04 pm

    Ass.wr.wb. Mr Paijo
    salam kenal, Mr, sya momenanyakan maslah perhitungan motor listrik 1/2 pk sy pakai untuk menggerakkan dinamo amper. mohon bantuan untuk keterangan hitungannya terima kasih
    balas,

  75. anton said,

    September 30, 2009 at 10:29 pm

    bang..klu bisa dikirimin literatur ttg dinamo dan spesifikasi+literature kincir yg ada…trims atas bantuannya…

  76. haruan said,

    September 30, 2009 at 8:23 am

    Terima kasih dgn penjelasannya, saya tertarik dan sy mohon jg ke Paijo untuk referensinya jenis motor DC 12 Volt yang seperti apa ? supaya saya bisa mewujudkan menjadi generator pembangkit listrik yg stabil. terima kasih sebelumnya.

  77. September 30, 2009 at 5:03 am

    Postingan yang sangat berbobot mas, Lengkap dengan penjelasannya. Terima kasih mas.

  78. andrist said,

    September 19, 2009 at 4:48 am

    ass.wr.wb.
    mas paijo,,ada ga perhitungan untuk eksperimen diatas butuh bantuannya mas paijo trimmms….

  79. andrist said,

    September 19, 2009 at 4:45 am

    salam kenal….
    trims mr paijo…..atas materi2nya

  80. JEINFAN said,

    September 13, 2009 at 9:32 pm

    sebelumnya saya mau bilang kalo saya sangat KAGUM dengan experimennya pak paijo…Pak saya mau tanya,pak gimana cara buat tugas akhir OJT ?? saya masi bingung dan tidak tau mau bertanya sama siapa selain pak paijo…soalnya bulan desember saya uda mau presentasi…tolong ya pak diajarkan kalo ada waktunya…

  81. sani said,

    September 6, 2009 at 9:15 am

    salam kenal pak..
    pak saya akan buat trafo..
    tapi bagaimana menurunkan tegangan dari 220VAC menjadi 130VAC agar tegangan tersebut stabil pak..?
    terima kasih bantuannya pak

  82. bagussumbono said,

    Agustus 26, 2009 at 11:36 am

    pak paijo saya mau tanya toko dijakarta yang menjual generator dc 1kv-5kv untuk rpm 300-500. voltase 12vdc.atau24vdc atau 48vdc atau 96 vdc

    • arif said,

      September 2, 2009 at 4:26 pm

      Salam kenal mas,
      1. bagaimana cara memperoleh daya yang lebih besar dari 0,5 hp menjadi 6 sampai dengan 16 hp,
      Berkunjung ke blog ku …….ya mas …….trim’s….http://aripansori.blogspot.com

  83. Rhonie said,

    Agustus 24, 2009 at 9:11 am

    Met, pagi Pak!
    mau tanya nich sori klo salah masuk forum,
    apa akibat/ dampak dari sumber tegangan berbeda kapasitas
    ( 12V /5Amp) X 4 diseri menjadi 12V 5 Amp X3 + 12V 40Amp
    mohon kejelasan bahan ini karena saya mau rubah 1 accu ini menjadi lebih tinggi kapasitasnya
    sekian dan terima kasih

  84. rudy said,

    Agustus 16, 2009 at 4:25 am

    Salam kenal Pak Paijo dan semua teman-teman.

    Saya mau tanya kalau rumus mencari daya poros turbin uap jenis back pressure dan jenis condensing apa ya ???
    Sekalian juga rumus momen torsinya ya.

    Yang Lengkap Ya!!!
    Terimakasih banyak.

  85. Dian said,

    Agustus 4, 2009 at 5:35 pm

    pagi pak paijo?
    dapatkah bapak mengirimkan buku panduan hitungan perencanaan gearbox dan pulley?

  86. Indra said,

    Juni 30, 2009 at 4:46 pm

    Slmt sore Mr.Paijo,ada Info nih.!Buat semua penggemar blog nya Mr.Paij

  87. Husin said,

    Juni 25, 2009 at 4:09 pm

    Assalam Mualaikum Bapak Paijo…saya mohon bantuan bapak ….rangkaian Adjustable Speed Control Motor AC 3000 watt. yang sifatnya umum alias komponen electroniknya mudah didapatkan di pasaran toko

  88. Sigit Teja said,

    Juni 19, 2009 at 2:12 am

    Pak Paijo. Saya baru pertama kali ini baca eksperimens bapak. Saya saluut banget, akhirnya pertanyaan besar saya terjawab terutama tentang Pompa air grav. Masih ada satu tanya lagi pak. saya bermimpi ada tenaga abadi (gak abadi banget lah) tapi minimal ada alat yang bisa ngirit listrik. Saya mimpi kalo Sebuah Generator dan sebuah motor listrik yang seimbang input dan outputnya di joint kan kemudian untuk arus start motor listrik menggunakan listrik rumah, setelah rpm generator terpenuhi kmdn listrik rumah di offkan, daya generator untuk mensuplay motor dan sisanya untuk instalasi rumah. Ada relay / kontaktor antara motor listrik , listrik rumah dan generator dimana di pasang otomatis rpm, sehingga kalau rpm motor udah drop listrik rumah yang ngisi motor sampai rpm buat generator terpenuhi. Setelah terpenuhi, listrik generator yang menyuplai listrik ke motor listrik… begitu seterusnya… kira-kira sekali charge sampai dengan charge berikutnya mempergunakan listrik rumah berapa detik…menit…jam…tahun…atau abad pakJO. Heheheh… maaf saya gak tau Pak Jo udah pernah mbhas ini apa blm. Nuhun.

  89. marismi putra (jambi) said,

    Mei 29, 2009 at 10:07 pm

    saya sangat senang membaca tentang ulasan mesin dengan generator Mas Paijo menambah wawasan tentang mesin semoga lebih kreatif lagi

  90. Mei 27, 2009 at 3:37 pm

    salam kenal mr Paijo
    saya mohon diberikan arahan, pln sekarang taripnya bertambah mahal sedangkan pengahsilan saya hanya pas pas saja, saya ingin berhemat listrik dengan cara modifikasi antara generator pompa air dihubungkan dengan generator pembangkit listrik {generator pompa air disuply listrik pln 100 watt (sebagai ganti tenaga air) – dihubungkan dengan generator pembangkit yang 2200 watt} agar output listrik 2200 watt, apakah hal ini mungkin, kalau mungkin dan bisa saya mohon dapat diberikan arahan dan penjelasannya, terima kasih salam kuwat rahmanto – cakung – jakarta

  91. Agustinus said,

    Mei 26, 2009 at 11:24 pm

    Bang Paijo yang baik,
    Saya mau minta advice-nya sehubungan saya mau buat mesin semacam mixer.
    Ada cairan didalam drum yang akan saya putar dari bawah berikut drumnya.
    Drum tersebut akan diputar dengan kecepatan sangat lambat.
    Berat drum + isi sktr 30-40kg.

    Yang ingin saya tanyakan; brp ukuran pulley yang di bawah drum ? berapa ukuran pulley yang di motor penggerak ? apakah cukup motor penggeraknya cukup dgn 1PK ? apakah saya perlu memakai gear box shg saya dpt menurunkan spesifikasi motor penggerak (bila perlu hanya pakai motor penggerak mesin cuci agar tidak terlalu besar/makan tempat) ?
    Terima kasih.

  92. kneelrydync said,

    Mei 21, 2009 at 10:50 am

    Solid website=D hope to come back soon…

  93. eswe said,

    Mei 18, 2009 at 2:03 pm

    salam super mr. Paijo , saya seorang awam di bidang teknik tapi punya tugas sebagai evaluator harga suatu pembelian sekarang ada usul pembelian genset untuk sebuah kantor boleh saya minta petunjuk bagaimana atau apa yang dibutuhkan kantor tersebut apa yang harus saya perhatikan atau adakah bapah tahu situs tentang seluk beluk genset

  94. edy genoa said,

    Mei 17, 2009 at 2:49 pm

    1.saya punya motor matic..trus saya mau jadikan generator..bagaiman caranya?dan apa aj alat yang hrus saya butuhkan?
    2.ad generator gak kluar arusnya..AVR,dioda dah diganti,apa masalahnya?

  95. Hendra said,

    Mei 9, 2009 at 3:30 am

    dahsyat emang pak paijo kebetulan saya lagi ngerjain proyek akhir nie mohon bantuanya, saya buat simulasi PLTB tapi ada kendala nich mohon bantuanya saya sudah buat towernya, charge controller jg sudah selesai, inverter sudah ada nah tadi begitu saya coba motor dc yang saya gunakan tidak mau menghasilkan tegangan apa ya kira-kira masalahnya pak?
    saya menggunakan motor dc bekasnya tape 12 v dc 2400 rpm
    apa bedanya motor dc ada yag putar kiri dan putar kanan, kalau digunakan untuk generator apa pengaruhnya pak? tolong kirim balasan ke email saya hendrakeling@yahoo.com

  96. bono said,

    Mei 5, 2009 at 7:57 am

    experimen terus……jangan lupa golek duik yaaaaaa
    nunpang lewat…..trims
    kusumagenset.cc.cc

  97. Joko said,

    April 30, 2009 at 2:37 pm

    Salam Kenal Pak,

    Saya berencana membuat PLTMH dari aliran irigasi. Data yang ada : Tinggi terjunan 5 meter, debit air 500 ltr/menit. Menurut bapak kincir/turbin jenis apa yang cocok, bisakan Bapak membantu saya untuk mendesainnya? Terima kasih

    Salam

  98. Deddy said,

    April 25, 2009 at 10:43 pm

    Makasih Pak infonya, saya perlu sekali buat merakit genset sederhana di rumah, tks

  99. moch insyaf said,

    April 24, 2009 at 9:10 am

    pak paijo aku ingin membuat kendaraan bermotor tenaga dc tapi sitem charged langsung jalan bagaimana caranya?
    1. menghitung Ratio Beban Putaran
    2. Bagaimana menghitung Kecepatan gear atau pulley dengan besaran berbeda
    demikian yang saya tanayakan salam kenal banyak terima kasih

  100. clione said,

    April 19, 2009 at 3:51 pm

    Kang sampean punya rangkaian untul buat PLTA skala kecil ga?
    soalnya tak liat-liat di daerah sekitar kita banyak aliran air yang mungkin bisa dipakai untuk bikin PLTA mini..mungkin bisa untuk penerangan jalan,pos ronda atau tempat-tempat umum lainya..sebelumnya dan sesudahnya kami ucapkan matur teng yu…

  101. Eras said,

    April 14, 2009 at 9:22 am

    Bos Paijo, salam kenal. Saya ingin menggerakkan generator dc (diameter shaftnya 1.6cm) menggunakan kayuhan sepeda. Saya mohon diberi petunjuknya untuk sistem multiplikasi. Terima kasih sebelumnya…

  102. Yoga AH said,

    April 12, 2009 at 11:33 pm

    Dicari dengan segera untuk mempertanggung jawabkan keluarga yang sekian lama ditinggalkan kleleran di rumah sampai ga bs makan tuh momongan………… Pak paijo sampean dimana????? tolong bagi siapa yang tau keberadaanya ataw jng2 dah …..pindah ke sukabumi ya

  103. alin said,

    April 12, 2009 at 6:42 pm

    oh ya q mw nanyak aja g kasih coment btw,knp pada trafo menggunkan persamaan yang nilaix 4,44

  104. deny said,

    April 11, 2009 at 8:09 pm

    saya mau tany mas paijo……….
    saya punya trafo 10A dengan tegangan paling kecil 75 volt,
    sedangkan saya cuma butuh tegangan 70 volt dc untuk menyalakn POWER amp.Gimana ya cara menurunkan tegangan 75 volt ac mjd 70 volt dc?
    makasih sebelumnya mas paijo……….tenkyu………

  105. cahya said,

    April 6, 2009 at 7:20 pm

    salam kenal pak paijo,.

    saya sangat senang akan riset dan technology, setelah baca web ini saya jadi tertarik ingin bergabung, dari itu saya seorang karyawan swasta tepatnya di bagian QC, disini banyak banget material masuk salah satunya adalah oli filter dan fuel filter, disini perusahaan belum mempunyai JIG,.untuk bisa mengetahui hasil QC bagus harus dibuatkan JIGnya,.dengan ini apakah pak paijo mempunyai desain dan cara pengetesan tentunya dengan biaya HPP relatif terjangkau..mohon pencerahannya
    pak kalau ada artikel-artikel tentang riset dan teknology mahon kirimkan via email.
    terima kasih dan salam experiment,.

  106. Rizal said,

    April 4, 2009 at 4:27 pm

    Paijo aq mw nanya, apakah bisa motor listrik pumpa air dijadikan Generator listrik?
    mhn penjelasannya.
    sblmnya mkash atas penjelasannya.

  107. tyo said,

    April 2, 2009 at 1:58 pm

    wah hebring bos Paijo, kang aq punya ide untuk efesiensi poada generator dengan mengubah jumlah kutub pada generatornya, Tolong aku dikasih artikel tentang hal tersebut ya kang, seingatku semakin rendah kecepatan sinkron maka generator akan lebih efesien menurut perhitungan Ns=120.F dibagi P menurut njenengan artikel tentang perubahan jumlah kutub pada generator terdapat di situs mana ya , tolong dikasih pencerahan ya kang , makasih, salam experiment, tyo semarang

  108. marne said,

    April 2, 2009 at 11:35 am

    Salam mas paijo, saluut!!!
    Mas saya mau bikin percobaan menggunakan motor DC sebagai generator untuk PLT angin misalnya. Gemana caranya. Apa harus diputar diatas kecepatan normalnya agar dia bisa berfungsi sebagai generator. Terus perlu kapasitor lagi gak untuk suplai medannya . Gemana caranya agar dalam putaran rendah motor DC tersebut sudah bisa berfungsi sebagai generator. Berapa persen kira-kira daya yang dapat dihasilkan saat dia berfungsi sebagai generator dibanding saat sebagai motor.
    Trims banyak.

  109. fadil said,

    April 1, 2009 at 8:33 pm

    pak

  110. ndas kasep said,

    Maret 24, 2009 at 4:05 pm

    weleh… weleeehhh pak paijo ana nang ngendi saiki….
    kok ra nongol-nongol…

    ndang mulih …..pak paijo.
    inget anak istri dirumah… buuanyak yg cari sampeyan.

  111. Hanaziz US said,

    Maret 20, 2009 at 11:19 pm

    Yth Pak Paijo. Saya download beberapa artikel dari blog Jenengan. Sebagai orang non-teknik, saya cukup “berkeringat” memahami paparan jenengan. Tapi, paparan yang jenangan sampaikan sangat logis. Saat ini saya bekerja di PDAM. Diberi amanat baru 1,5 bulan ini. Ada banyak problem pompa yang sering dihadapi PDAM di berbagai tempat, termasuk di tempat kami. Sebagai orang swasta yang baru masuk ke badan BUMD, rasanya agak “gemes” juga setiap ada soal selalu jawabannya: beli baru saja! Kami sedang melakukan beberapa perbaikan. Paparan jenengan cukup melegakan. Maka, jika berkenan, mohon kiranya dapat berkunjung melalui email. Suwun. Salam hangat.

  112. Dally soenardhie said,

    Maret 16, 2009 at 10:18 pm

    Mas saya mohon bantuannya kira2 klau beli genearator 50 – 100 kw ex mana aja atau mungkin yg buatan china, saya lagi buat mikro hydro dan saat ini kami belum dapat info tentang generatornya terima kasih

  113. Bryan said,

    Maret 11, 2009 at 12:54 pm

    Salam kenal mas Paijo..
    saya baru bergabung nih di forumnya mas dan senang sekali mas punya antusias yg besar utk sharing pengetahuan & experimen ditengah2 ksibukan mas. Kayanya mas bisa jadi duta pendidikan Indonesia nih :)
    Ok, langsung to the point ke pertanyaan ya mas, tapi sori sebelumnya kal pertanyaan saya telah diulas.

    1. Sampai saat ini saya masih rancu antara nilai watt mekanik & watt elektrik. Apakah ada nilai konversi satu dgn yang lainnya? Kalo ada berapa nominalnya ya mas?

    2. Pada generator kita melihat di data plate ada nilai faktor daya 0,8. Yang masih jadi kebingungan saya (jgn dianggap katro ya mas..) koq di generator ada faktor daya 0,8? Bukankah faktor daya itu adanya dibeban? Bisa dibilang pada saat generator supply power ke beban maka nilai faktor daya itu baru ada?

    3. Masih berhubungan dgn no 2. Bila saya punya contoh gen 100kva dgn pf 0,8 maka kemampuan generator saya hanya bisa untuk supply 80kw saja ya? Bagaimana kalau saya supply beban 90kva dgn pf 1? Kan nilai daya watt-nya jadi 90kw. Apa akibatnya ya?

    Mohon bantuan pencerahannya mas Paijo..
    Maaf nih kalo pertanyaan saya katro.
    Thanks & salam sukses..

  114. ujang said,

    Maret 3, 2009 at 7:38 pm

    mau nanya nehh,kalu mau bikin sebuah pembangkit listrik tenaga angin, barang2 yang dibutuhkan apa aja??, dapet nya ditoko apa???, modal nya berapa??

  115. Godril said,

    Februari 12, 2009 at 2:15 pm

    salam kenal, mas paijo beri kami pencerahan, saat ini saya mencoba membuat comtrol beban untuk generator induksi. dari jenis yang ada di pasaran sistem pengaturan ini hanya untuk daya besar, dan untuk daya kecil kurang dari seribu sistem swit ke ballast loadnya bermasalah saat huntingnya kelamaan sehingga tegangan keluarannya mengalami fluktuasi yang dapat merusakkan komponen atau peralatan yang digunakan, mohon beri solusi, sebagai contoh untuk penggunaan motor servo keluaran mungkin tidak dan bagaimana perancangan sistemnya, itu dulu pak paijo terimakasih sebelumnya

  116. Hidayat said,

    Februari 10, 2009 at 7:01 am

    Salam kenal buat pak Paijo. Blog ini sungguh sangat bagus. Ada yang ingin saya tanyakan kepada bapak, atau mungkin rekan2 yang lain yang mungkin mengetahui. Kalo kita hendak beli generator untuk ukuran dibawah 5 KW kira-kira kita bisa dapatkan dimana ya? Terus kisaran harganya? Soalnya saya tertarik untuk membuat micro hidro power system. Terima kasih.

  117. hendrianto said,

    Februari 10, 2009 at 1:55 am

    assalam pak paijo, slamat atas eksperimennya,smoga sukses. saya mau tanya nih pak,bagaimana cara memodifikasi spoel motor saya,agar bisa saya manfaatkan untuk pengganti genset,maksudnya bila motor hidup kan ada listrik yg di hasilkan spoel,jadi saya mau manfaatkan dikala listrik pln mati. apa saja yang harus kita lakukan agar bisa kita gunakan, itu aja dulu pak, makasih

  118. novian said,

    Februari 1, 2009 at 1:16 am

    hem.,,.,.,.
    karena artikelnya banyak banget.,,..
    jadi saya gak sempat baca semua.,,.
    tapi saya mempunya sebuar pemikiran/ide kya gni,..,,.
    yang intinya mungkinkah ini dapat bekerja dengan baik???? apakah menggunakan perhitungan yang cukup njlimet???
    perhitungannya bagaimana?

    ada motor listrik, generator dan juga alat penyimpan arus seperti ACCU,
    motor dan generator saling bersinggungan dengan menggunakan apalah gaktau gimana caranya yang jelas motor menggerakkan generator….
    arus/daya/tegangan yang dihasilkan akan disimpan ke ACCU, tetapi motor listrik tadi juga mendapatkan arus dari ACCU tersebut.,.,,.

    apakah hal itu dapat bekerja terus menerus?????
    klo bisa kita tinggal meminta arus dari ACCU tersebut.,,.
    itulah perntanyaan besar dari saya pak PAIJO,.,.,.
    mohon pencerahannya ya pak.,.,,.
    kirim juga ke email saya ya pak.,,..,
    heheheheheh

    Salam semangat experiment.,.
    GBUs___

  119. Januari 30, 2009 at 5:33 am

    Mas paijo aq berkunjung, ntar mo baca2 lg yg ada diatas itu. Kmrn aq smpet sakit lama bgt, jd ga prnah brkunjung kesini, dan eksperimenku jg terbengkalai….

  120. Anton said,

    Januari 25, 2009 at 7:56 pm

    Salam kenal Pak Paijo

    Saya sedang merintis sebuah bengkel. Saat ini saya mempunyai beberapa mesin, antara lain mesin bubut. Nah, masalahnya PLN kan nggak bisa diandalkan. Sering mati tanpa pemberitahuan. Akibatnya kerjaan bisa kacau.
    Rencananya saya ingin membuat mesin genset dengan keluaran minimal 16kva.Mesin penggeraknya rencananya diambil dari salah satu mesin PS120, Ryno 115PS, atau Taft (semuanya 4 silinder). Alternatornya dari Denjo 20kva.
    Apakah dengan spesifikasi diatas rencana saya bisa di realisasikan. Saya mohon penjelasannya. Terima Kasih!

  121. andy said,

    Januari 20, 2009 at 7:44 am

    assalamu’alaikum wr wb.
    salam kenal ne pak paijo….
    oh ya saya mw tnya,saat ini saya sedang menjalani proyek akhir dengan plant
    sumber 3 fase-konverter ac to dc-motor dc-generator ac
    nah yg ingin saya tanyakan cara membuat rangkaian kontrol untuk mensinkronisasikan motor dc dengan generator ac….
    trimaksih sebelum na pak paijo, saya tunggu balasanya….

  122. eko said,

    Januari 18, 2009 at 5:05 pm

    assalamu’alaikum wr wb.
    kang, saya anak farmasi. ndak tau mesin. tapi seneng ilmu pengetahuan.
    saya mau tanya.
    1. apa bedane generator sama dinamo
    2. dinamo bisa di pake untuk generator apa tidak

    trimakasih.
    moga moga ilmune bermanfaat di dunia dan akherat

  123. riki said,

    Januari 11, 2009 at 12:37 am

    makasih banyak pak
    karna saya telah belajar dari tulisannya….

  124. rusmin said,

    Januari 10, 2009 at 11:42 pm

    berapa jumlah lilitan coil dan ukuran coil skunder dan primer pada pompa air yang berkemampuan daya isap 9 meter dan 15 meter

  125. slamet said,

    Januari 8, 2009 at 4:44 pm

    Wah pak paijo hebat …………….jangan lelah berbagi pengalaman ya pak. Thanks

  126. abet kelly said,

    Desember 19, 2008 at 9:54 pm

    makasi bang sebelumnya..

  127. abet kelly said,

    Desember 19, 2008 at 9:53 pm

    bang salam kenal bisa tolong ga kasi tau saya gambar serian star delta untuk gulungan generator n motor penggerak…dari mulai produksi eropa n asia dinamonya..saya perlu tau detail diagramnya.

  128. Desember 17, 2008 at 11:38 pm

    Mas Paijo msh inget dgn saya?? Td iseng searching di google pkae namaku, eh ada blog ini jg… Gmn apa kbr mas? Skrg aq jg udah pnya blog. Berkunjung ya mas…

    http://angels-view.blogspot.com

  129. lio yulion said,

    Desember 1, 2008 at 10:23 pm

    cukup untuk menambah wawasan saya.
    aku pingin tahu gemana membuat plta nimi, n gemana cara untuk menghitung or mengetahui daya yang di peroleh.
    tks

  130. Gundul said,

    November 26, 2008 at 11:20 am

    Maaf mas Paijo ini pertanyaan saya agak menyimpang
    Yang mau saya tanyakan adalah bagaimana cara merakit trafo untuk mengelas yang bertenaga dari accu/dc, berapa diameter kawat, berapa banyak lilitan, dan apa lagi yang perlu diperhatikan. Terima kasih saya tunggu jawabannya. Salam dari mas Gundul.

  131. tonytaufik said,

    November 17, 2008 at 3:13 am

    @ yudhi,
    cari di http://indonetwork.co.id/

  132. yudhi said,

    November 15, 2008 at 10:48 am

    kang paijo, dimana saya dapat membeli generator yang dayanya kecil dibawah 1000 W. soale aku arep njajal gawe pembangkit listrik neng ndesaku

  133. jeremi said,

    November 15, 2008 at 10:44 am

    Permisi numpang mampir.

    Ada yang bisa bantuin bikin toroidal inductor , ga ? saya punya specnya lengkap.
    Atau barang kali punya info dimana bikinnya ?

    Mengenai biayanya bisa didiskusikan. email saya : ujungutara@gmail.com

    Rgds

  134. roh said,

    November 11, 2008 at 12:08 pm

    wah neng ngendi iki pak paijo.iki
    kok nga muncul..

    ndang mulih …..pak paijo.

    buuanyak yg cari sampeyan.

    :D:D:D

  135. Ahyaril said,

    November 11, 2008 at 2:27 am

    saya mahasiswa Teknik Mesin UGM,,,,..

    saya sedang mengerjakan proyek microhydro, ilmu yang bapak jabarkan sangat membantu..terima kasih atas ilmu bapak,….

  136. tony taufik said,

    November 6, 2008 at 3:52 am

    @ budi,
    coba cari ttg ramp pump di http://otherpower.com/otherpower_hydro.html
    atau di http://sleekfreak.ath.cx:81/3wdev/CD3WD/INDEX.HTM

    @ ando jidan,
    anda bisa menggunakan automatic charger di http://users.otenet.gr/~athsam/car_12v_battery_charger.htm atau

    http://users.otenet.gr/~athsam/car_battery_6v_or_12v_charger.htm

    Disitu dipakai power supply dr PLN. Untuk generator anda, trafonya dibuang, bridge rectifier dan elco tetap dipakai bila generator anda masih menghasilkan ac. Bila generatornya sendiri sudah menjadi dc, bridge bisa dibuang, tapi elconya tetap dipakai. Tujuannya agar arus dcnya stabil. Yang harus diperhatikan adalah bahwa karena inputnya 18vdc – bukan 18vac – maka mau tak mau generatornya harus bisa menghasilkan 18vdc. Dan mau tak mau kecepatan putarnya harus ditingkatkan akibat adanya beban tsb. Karena biasanya semakin berat beban, kecepatan menjadi berkurang. Usahakan putaran generator tetap stabil. Kalau ternyata putarannya sudah maximal tapi outputnya masih juga dibawah yg diperlukan maka mau tak mau (lagi lagi mau tak mau) kumparan diperbanyak; bisa ditambah lilitannya (langsung disambung dr tiap kumparan ybs) atau ditambah jumlah kumparan/coilnya. Akibatnya dudukan rotor hrs diatur ulang. Ribet juga ya?
    Semoga berhasil.

    Terima kasih atas izinnya, pak Paijo.

  137. agus h said,

    November 4, 2008 at 6:28 pm

    ass… mr paijo
    selamat atas kerya karya yang baru yang bisa membuat alat” yang lebih efisien.. dalam forum ini saya ingin menayakan.
    1. bagaimana cara menghitung perbandingan gear (dalam kasus ini saya ingin mendapatkan rumus perbandingan gear pada motor DC ke beban)
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih dan semangat untuk berkarya….

  138. ando jidan said,

    November 3, 2008 at 5:54 pm

    halo bpk/mas-mas semuanya…yang bisa bantu saya…
    untuk generator yang dibuat sendiri,bagaimana agar aki yang dipakai untuk menyimpan arus apabila penuh bisa otomatis tidak mengisi lagi tetapi masih bisa tetap dipakai,dan terus bergulir mengisi dan dipakai….
    wah…berbelit-belit ya…maklum wong deso
    makasih…

  139. ando jidan said,

    November 1, 2008 at 10:00 pm

    Mr.Paijo..ass
    Mr.aku pernah dengar dari temenku di batam,bahwa dia bisa buat generator listrik dengan dua dinamo, 1 dinamo penggerak dan 1 dinamo listrik…gitulah enaknya ngomong.
    tapi aku tak tahu detailnya…karena cerita itu sudah 16 thn yang lalu…dan sekarang aku bener-bener pingin mencoba..
    kata temenku prinsip dasarnya adalah,setelah dinamo penggerak diberi arus singkat maka motor penggerak akan memutar dinamo listrik dan listrik yang dihasilkan akan dibagi, untuk memasok daya ke motor penggerak dan sisanya dikonsumsi,misal untuk lampu dsb…
    Nah…Mr.Paijo…gimana menurut panjenengan apakah benar prinsip ini bisa direalisasikan…dan tolong aku diberi detailnya…prinsip dan skema…
    matur nuwun tenan…dan…salam kenal dari wong perantauan iki…ok

  140. bagus said,

    Oktober 23, 2008 at 3:43 pm

    ass
    mas paijo
    mas saya lagi kebingungan mau cari judul buat tugas ahir teknik mesin d3
    gemana kalau saya buat judul ALAT UNTUK MENGHITUNG TORSI PADA MESIN DIESEL bisa apa enggak?
    kalau bisa ,apa solusinya……………?
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan trimakasih atas bantuanya .

  141. Budi said,

    Oktober 14, 2008 at 5:36 pm

    Mr. paijo yang cakep!!
    saya punya kenalan di daerah Kab Purworejo, Prop Jateng. di sana sumber air berlimpah tapi kondisi gegografisnya perbukitan, bisakah ???, di beri masukan untuk pendistribusian air ke atas, saya udah coba buka buka pompa Hydram, tetapi harganya mahal sekali ( 4 Jt ), apakah ada solusi yang lebih murah lagi……., maklum sekarang lg rame cari yang murah?. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih. MERDEKA !!!!!!

  142. uhanto said,

    Oktober 9, 2008 at 11:38 am

    Mr. paijo yang terhormat!!
    saya adalah mahasiswa tugas akhir Teknik Mesin, saya mempunyai proyek pengadaan listrik di desa tertinggal yang belum ada listrik. namun disana terdapat banyak sekali sumber air pegunungan atau yang biasa di sebut mikrohidro source. yang saya butuhkan adalah sistem perhitungan , pemilihan generator dan turbin untuk kapasitas kecil mikrohidro. bisakah anda mengirimkan literatur atau beberapa projek jadi untuk saya jadikan literatur.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih

  143. subur said,

    Oktober 5, 2008 at 12:29 pm

    salam eksperimen
    sayangnya saya suka lupa dan gak hoby mencatat
    di tahun 80 an di samarinda ada yang berhasil bikin pompa gravitasi yang di pakai menggerakkan generator sekaligus mendapatkan air. sayangnya saya cari lokasinya gak juga ketemu.
    setelah itu banyak berita experimenter yang mencoba mendapatkan energi gratis dari alam.dari aliran sungai, dari gelombang /pasang surut air laut,dari angin,dari matahari dll
    Sekarang ada pak Sugik ,experimenter dari kota Balikpapan yang sudah banyak karyanya dipakai orang.
    yah namanya juga cuma penggemar,rasanya suka hati jika ada temuan /experimen anak negeri yang spektakuler yang berguna untuk rakyat pedalaman.seperti yang dikembangkan saat ini,PLTMH di pedalaman Kaltim.Saya cuma mau tanya ,untuk lihat hasil-2 /prototype experimental itu dimana ya?

    salam ngoprek..
    subur

  144. September 16, 2008 at 1:01 pm

    Salam kenal om Paijo …
    Di perusahaan saya bekerja pt indonesia power ubp mrica di banjarnegara jateng, ada sebuah mesin pembangkit yang rada aneh & gak pada umumnya.
    mesin Horizontal type francis kapasitas terpasang 7mw. cuma masalahnya adalah poros turbin terhubung ke generatornya tanpa Roda gaya ( roda gila),dan mesin tsb gak pernah berhenti dari permasalahan rontoknya bearing sisi turbin selalu nglothok rebabitnya ,ada ngaruhnya gak om dengan tidak adanya roda gaya terpasang pada poros tsb? atau barang x aja kesalahan desain …bisa di akalin lagi gak om ? makasih atas sumbang saranya. sucses buat om Paijo.

    ndibaleko hp: 081326413644.

  145. supriadi said,

    September 12, 2008 at 2:56 pm

    Kakang Paijo

    awak e orep iku seng sabar, kudu seng akeh tawakal, ojo seneng ngganggu mbok rondo, anak gadis orang

  146. supriadi said,

    September 12, 2008 at 12:49 pm

    hai mas Paijo

    nggak jualan ikan teri mas..??

  147. herdyan said,

    September 9, 2008 at 9:55 am

    baru baca2 ttg perendev motor, yaitu mesin yg bisa berputar sendiri menggunakan magnet. kok sampai saat ini belum ada yg berhasil membuat replikanya? yg paling sukses cuma bisa berhasil membuat motor berputar beberapa putaran trus kemudian berhenti.

    padahal mesin ini sudah di patenkan dan sudah muncul lama, cuman tidak ada kabar lagi. jangan-jangan ….. hehehe … hoax

  148. herdyan said,

    September 9, 2008 at 9:19 am

    mas paijo,

    kok lama ngga nongol ngejawab pertanyaan temen2? smoga tidak sedang kabur ya hehehe …

    saya mau tanya ke siapa aja yg mungkin ngerti,
    saya kebetulan punya mesin dinamo genset 3 KW (220 v, 13 A)
    cara kerjanya, apabila diputar < 1500 RPM maka mesin tidak akan bereaksi apa2. namun apabila telah mencapai 1500 RPM maka mesin secara otomatis akan menyalakan listrik.

    masalahnya: saat mesin tidak menghasilkan listrik, putarannya bisa jalan dengan lancar (tanpa hambatan), namun begitu mencapai 1500 RPM dan menghasilkan listrik, maka seakan-akan ada rem yang membuat putaran melambat dan mesin pemutarnya menjadi bekerja lebih keras utk mempertahankan kecepatan.

    apakah ini hal yg lazim? atau generator saya yg ngga bener?

    terima kasih semua buat tanggapannya

  149. tony taufik said,

    September 8, 2008 at 2:49 am

    @ Heru wonogiri, @ Surya, @ Ryan,
    Coba lihat di PROBLEM & SOLUSI no 117, dan KINCIR AIR PAIJO-1 no 83 di blog ini juga. Banyak website yg berguna.

    Terima kasih atas izinnya, pak Paijo.

  150. Ryan said,

    September 6, 2008 at 2:37 pm

    Pak tolong beritahu cara membuat generator

  151. September 2, 2008 at 3:00 pm

    salut

  152. September 2, 2008 at 2:56 pm

    Salam eksperimen,

    semoga mesin abadi akan lahir tepat pada waktunya, saya selama ini termasuk yang memikirkan mesin abadi segera terwujud, dengan adanya krisis energi di bumi ini

    terimakasih, semoga berhasil

  153. surya said,

    Agustus 25, 2008 at 11:43 am

    salut deh buat kalian semua pecinta teknologi.

    untuk mizter paijo n yang lainnya ;
    ada yang tau cara buat electronic box or some thing like UPS box untuk media penyimpanan energi matahari gk?

    karena energi yang begitu melimpah sayang kalau tidak dimanfaatkan.

    trima kasih untuk semua sebelumnya

    kojiro_yudo

  154. JUFRI said,

    Agustus 24, 2008 at 11:03 am

    Salam,

    Pak Paijo! tolong kirimkan saya daftar penjual generato/ dinamo / Turbine untuk PLTMH. trimk. 081.363.013.446.
    trimakasih sebelum.

  155. heru wonogiri said,

    Agustus 23, 2008 at 5:46 pm

    Om….. kalo alternator digunakan untuk generator turbin angin bisa nggak ya. truus kalo output yang dihasilkan bisa seperti pada pengisian di mobil (sekitar 14 volt ) perhitungan turbinnya gimana yaaa. toloong yaa om… kasih tau. matur nuwun

  156. rizal said,

    Agustus 21, 2008 at 2:23 am

    Mas…Paijo…
    salam kenal dari saya…..
    saya ingin tahu cara menghitung lilitan trafo set up dan set down serta jenis kawat emailnya serta kemampuan amperenya…….
    Maaf Mas…baru kenal langsung minta sesuatu ilmu dari Mas…
    Tolong dibalas … saya lagi belajar ttg kelistrikan…
    terima kasih sebelumnya….

  157. Andi said,

    Agustus 17, 2008 at 10:57 am

    Salam,

    Mas Paijo, saya tertarik dengan produk Pembangkit Listrik Kincir Angin. Rencananya saya akan menggunakan kapasitas 500 W, 900 W, dan 1300 W. Kemudian menggunakan generator 750, 1500, dan 3000 serta menggunakan aki 48V 45 AmpHours. Kami berencana memasangnya di Kalimantan Tengah. Mohon informasi dan bantuan lebih lanjut mengenai skema teknis dan detil estimasi biaya tiap komponen yang diperlukan. Serta dimana kira-kira membeli komponen yang diperlukan.

    Informasinya saya tunggu di fstradale@yahoo.com

    Terima kasih atas perhatiannya.

  158. Arief Hairdiansyah said,

    Agustus 10, 2008 at 11:25 pm

    mav pak Rpm yang dihasilakan turbin saya kurang lebih 700 Rpm,,
    kalo bisa saya minta email bapak untuk saya memberikan gambaran tentang TA (tugas akhir saya)

    terima kasih.

  159. Arief Hairdiansyah said,

    Agustus 10, 2008 at 11:23 pm

    ass. Pa Paijo
    Pak saya seorang mahasiswa yang kebetulan semester akhir, kebetulan tugas akhir saya yaitu PLTA tapi menggunakan turbin banki yang skala mini, prinsip kerja saya sama seperti bapak, tapi kendala saya adalah alat yang bisa menghasilkan listrik, soalnya saya telah mencari Generator DC tapi tidak ketemu2 dan saya memakai alternator mobil tapi Rpm saya besar sedangkan Rpm alternator mobil kecil,,,
    saya ingin menanyakan
    1.alat untuk menghasilkan listrik yang digunakan oleh bapak apa, dan saya minta spesifikasinya dan tempat pembeliannya?
    2.habis dana berapa kira2 anda membuat alat tersebut?
    3.saya ingin tahu jarak yang ideal untuk pulleynya berapa dan kalo bisa rumusnya?
    4.saya kan tidak menggunakan gear box tapi langsung ke generator kira2 kalo perbandingan Pulley untuk turbin ke generator(penghasil listrik berapa) maksud saya ukuran pulleynya? saya menggunakan 1:2 satu kali poros turbin berputar berarti 2 kali poros generator(penghasil listrik) berputar.
    saya sangat mohon bantuan dari bapak dan saya sangat berterima kasih sekali atas perhatiannya, saya tunggu jawaban anda ke email saya.

    Terima Kasih

  160. helmi said,

    Agustus 6, 2008 at 9:51 pm

    pa,boleh minta penjelasan secara detail nya?
    prinsip kerja generator ac
    kapasitas 2,5 MW
    minta gambar rotor&stator,di buat kerangka,jadi supaya bisa tinggal di rancang

    terimakasih sebelumnya

    helmi

  161. hendri said,

    Agustus 2, 2008 at 2:50 pm

    Pak Paijo yang pinter
    Saya mau tanya :
    Bagaimana cara menentukan besarnya pulley pada sytem multiplikasi
    Contoh kasus
    Pulley penggerak berdiameter 30 cm dengan rpm 50
    Berapa besar pulley beban untuk menghasilkan rpm 1500
    Tolong ya Pak jawabannya se ditail mungkin, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.
    Wassalam

    Hendri

  162. oasis said,

    Juli 28, 2008 at 10:37 pm

    Mr. green (Pak Ijo) yang baik hati dan selalu merendah meski sangat luas wawasan anda…..salut dan selamat berkarya tuk anak bangsa tercinta…
    Mas…mau nanya nih.. saya pernah baca tentang mesin abadi yang menggunakan gravitasi….punya referensi banyak tentang itu mas? Tolong ya kirim ke email saya, lalu nanya nih…mesin abadi itu kan memang tidak mungkin, tapi gimana kalo buat meningkatkan efisiensi kerja generator atau turbin PLTMH, saya tertarik banget konsep itu…..mohon dibantu ya mas….kira2 bisa nggak ya? kalo bisa rancangannya kurang lebih seperti apa…bantuan mas paijo sangat berarti tuk saya dan murid2 saya lho

  163. tony taufik said,

    Juli 27, 2008 at 2:48 am

    @ sdr. Susilo
    Coba lihat di http://indonetwork.co.id untuk mencari generator dan aki.

  164. susilo said,

    Juli 26, 2008 at 4:36 pm

    to taufik

    hebat eksperimennya. tp apa benar motor listrik 1hp=750w nya bs hidup, karena aki mobil dc 12v 60a cuma 720w. yang sy th inverter adalah pembalik (lihat wikipedia indonesia) arus dc menjadi ac dan sebagai trafu 12v menjadi 220v ac. jd kl input inverter dc 12v 720w, outputnya ac 220v 720w, yg dimaksud inverter 2000w bahwa inverter dpt membalik daya dc ke ac maksimum 2000w. dan sampai sekarang blm ad alat yang bs meningkatkan daya (trafu watt) yang ada trafu tegangan (volt), lihat digido berkata. ada alat yg bs meningkatkan daya tp hrs diatas 10kw cuma naik 10% namanya kapasitor bank, kalau tdk salah.

    Dalam eksperimen anda tdk ada voltmeter dan controller sehingga tdk th brp volt yg dihasilkan oleh dinamo mobil, kalau lebih dari 12v bs akinya cepat rusak dan kalau kurang dari 12v pengisian akinya lambat.
    saran saya bagaimana kl aki mobilnya 2buah disusun seri jd daya 1440w tp dinamonya hrs output 24v, jd inverternya 24v 2000w.

    Sebenarnya sy ad pemikiran yg sm dgn anda, tp msh mencari informasi dan blm dilakukan percobaan.

    Mohon dikoreksi pa taufik dan paijo kl ada kekurangan tanggapan sy diatas.

    sy ad pertanyaan buat paijo, mohon bantuannya.

    1. ap bs motor listrik 1/4hp 1500rpm menggerakkan generator 2kw 1500rpm? dan motor listrik 1hp 3000rpm menggerakkan generator 2kw 1500rpm?

    2. kl bs menggerakkan, bagaimana kestabilan tegangan dan dayanya?

    3. misal sy punya turbin angin dgn output generator dc 24v, brp ampere controller yg digunakan untuk mengisi aki 12v 60a sbyk 2buah yg disusun seri?

    4. dmana toko yg jual generator untuk turbin angin dgn spek output lebih dr 24v dc dan rpm dbwh 500rpm?

    5. ap ad aki dgn spek 12v 2000w? kl ad, dmana bs mendptkannya?

    terima kasih atas bantuannya, sy tunggu jawabannya:)

    • Tamalub said,

      Maret 31, 2010 at 3:17 pm

      Maaf, kalau salah
      Setahu saya Spec. aki mulai dari 6volt 1Amp, 12volt 225AH ada. Bahkan 72Volt 200Ah juga ada yang biasanya di pasang pad Forklift Battrey Kapasitas 2ton.
      Tks.

  165. tony taufik said,

    Juli 26, 2008 at 9:01 am

    Pak Paijo kemana ya, koq tidak muncul2?

    Dari komentar2 di tiga halaman yg saya akses (kincir air paijo-1, problem&solusi, penghubung mesin dg generator), mayoritas menginginkan petunjuk bagaimana membuat sendiri pembangkit listrik. Ini jadi membingungkan untuk ikut menanggapinya. Bagaimana kalau dijadikan satu halaman saja? Atau kalau terlalu sumpek, dijadikan 5 halaman: tenaga angin, tenaga air, tenaga uap, tenaga surya, dan tenaga dalam (alias pakai tangan/kaki sendiri yg menggerakkan).

    Saya mempunyai beberapa kumpulan petunjuk cara membuat pembangkit listrik angin/air, generator, diagram elektronik (inverter, batterycharger, wiring), dan kompor surya (dlm format pdf, word, gambar2). Termasuk situs2nya tentu. Semuanya hasil googling. Memang belum komplit, tapi bisa langsung dipraktekkan dan pasti berhasil (sudah saya praktekkan sendiri walaupun hanya sekedar ingin tahu).
    Bagaimanakah caranya agar dpt di download/link oleh para experimenter kita di blog ini?
    Semuanya dalam bahasa Inggris, dg tujuan agar para experimenter kita bisa sekalian belajar bahasa itu. Kan ada kamus/translator.

    Saya tunggu komentarnya, pak Paijo.
    Terima kasih.

  166. Aryu said,

    Juli 23, 2008 at 3:43 pm

    Pak Paijo tambahan pertanyaan lagi aku butuh tegangan output 220 V, thanks

  167. Aryu said,

    Juli 23, 2008 at 3:35 pm

    Pak Paijo salam Inovatif
    Pak Paijo saya masih mau coba buat Generator ( Alternator) 10 KVA, tolong dong infonya,: 1. Berapa besar diameter kawat AWG, 2. Berapa Panjang Kawat yang dibutuhkan,3. Berapa Kekuatan Flux Magnet untuk mendukung agar arus pada output coil stabil, 4. Berapa Kutub yang dibutuhkan, untuk F=60 Hz, berapa Rpm yang dibutuhkan. Aku melihat di Web http://www.otherpower.com/pmg2.html ,stabil tidak kalau menggunakan alternator (generator) seperti itu, thanks berat atas infonya, salam Aryu

  168. atet said,

    Juli 17, 2008 at 3:19 pm

    ass…
    salute ……..
    sungguh besar karunia alah.S.W.T karena telah memberikan ilmu kpd hambanya….
    maaf pak klo bisa saya minta dikirim layout microhydro yang se simple mungkin..
    ATET WAHYUDIN
    JLN.IPIKGANDAMANAH GG.RUKUN 1 NO 51 RT06/02 MUNJUL JAYA
    PURWAKARTA 41117 JAWA BARAT.
    EMAIL ( atet.wahyudin@yahoo.com)
    tlp Rmh (0264) 203161
    Hp 085921850283
    terima kasih sebelumnya…
    slamat berkarya terus…..
    wss..

  169. Taufik said,

    Juli 16, 2008 at 3:00 pm

    Pa Paijo Ysh,
    Saya salut sama eksperimen nya, saya pernah mencoba membuat generator listrik walaupun saya bukan seorang berlatar belakang tehnik tapi saya penasaran untuk mencoba membuat pembangkit listrik mandiri tehnologi ini saya adopsi dengan melihat pola kerja kelistrikan di mobil dengan mengandalkan aki dan si aki sendiri gak pernah habis karena di suply dari alternator nah metode ini saya coba bereksperimen sebagai berikut :
    1. saya coba kumpulkan alat-alat yang diperlukan yaitu :
    a. Aki mobil
    b. Dynamo amper ex mobil
    c. Motor listrik 1 hp
    d. Inverter 2000 watt
    e. Pulley
    f. Timing belt mobil
    2. dari alat-alat tersebut saya rangkai yaitu :
    a. saya siapkan kerangka besi sedemikian rupa untuk menempatkan motor listrik dan dynamo amper agar bisa berhadapan dan dihubungkan dengan timing belt diantara pulley nya.
    b. di kerangka besi lainnya saya siap kan dudukan aki dan inventer.
    c. setelah siap peralatan tersebut dirangkai maka cara kerjanya seperti berikut :
    – pertama kita masukan kabel colokan listrik dari motor listrik ke colokan yang ada di inverter.
    – kedua sambungkan kabel aki +/- ke sambungan kabel yang ada di inverter.
    – ketiga sambungkan kabel +/- yang ada di dynamo amper ke aki.
    – keempat setelah sistim terangkai maka langsung kita coba dengan cara menghidupkan saklar yang terdapat di inventer maka arus listrik dari aki (DC) akan mengalir ke inverter yang akan dirubah menjadi AC menjadi 2000 watt sesuai kapasitas inventer karena ada arus listrik si motor listrik akan berputar dengan berputarnya motor listrik maka berputar pula dynamo amper karena dynamo amper berputar maka dia akan menyuplai ke aki dan aki sendiri terpakai arusnya karena menyuplai inverter sedangkan inventer terpakai arus listriknya oleh motor listrik.
    -kelima dari kegiatan proses tersebut diatas kita dapat menggunakan selisih listrik yang dihasilkan yaitu arus listrik yang dihasilkan oleh inventer 2000 watt terpakai oleh motor listrik +/- 750 watt maka selisihnya yang 1250 watt dapat kita pakai untuk kebutuhan kita seperti menghidupkan mesin cuci, rice cooker, ceret listrik, kompor listrik, setrikaan atau alat lainnya secara bergantian.
    -keenam eksperimen ini sudah saya lakukan uji coba dan berhasil tetapi tentunya masih banyak kelemahannya diantaranya kemungkinan tidak bisa dijalankan secara terus menerus jadi generator ini hanya alternatif saja sifatnya hanya untuk temporer saja.
    Demikian Pa Paijo eksperimen saya mudah-mudahan Pa Paijo bisa memberi saran sehingga eksperimen ini bisa lebih sempurna lagi.

    Salam

  170. adi wijaya said,

    Juli 14, 2008 at 3:14 pm

    salam kenal bang paijo.
    pendatang baru nih, mau tanya bisa ga kasih contoh pembangkit sederhana buat anak smp kelas 2.

  171. Eko Yulianto said,

    Juli 9, 2008 at 4:23 pm

    dear mas paijo

    mas paijo saya ingin bertanya berkaitan dengan gear, begitu banyak type gear dalam aplikasi nya dan tentunya membutuhkan pemahaman yang baik tentang type2 tersebut.
    bisa tolong di jelaskan kah perihal tentang type gear beserta dengan aplikasinya untuk beban seberapa, rpm berapa keuntungan dan kelebihan , dll
    atau bisa kasih info juga to website yang bisa menjelaskan perihal tersebut diatas.
    jawaban by email juga blh ..

    terima kasih mr. paijo

    From
    Eko Yulianto
    PT.MAU

  172. Pujo said,

    Juli 5, 2008 at 3:33 am

    angkat jempol buat mas paijo, mw tanya mas gih mana aliran proses pembuatan pembangkit listrik tenaga kincir angin? dan apa-apa saja yang harus diperhatikan, tolong bantuannya mas, coz saya ingin sekali menbuat mesin tersebut? kira2 dannya berapa ya mas yaa… kira-kira untuk pembangkit kalangan rumah tangga? thanxs mas

  173. yoga,Indonesia not for sale!!!! said,

    Juli 1, 2008 at 5:38 pm

    salut bwt anda mas paijo,,,mw tanya niy, kalo mau buat mikrohidro,,gmn cara menentukan spesifikasi generator,,memilih generator dengan pertimbangan daya tahan…thanx mas

  174. laoet_37 said,

    Juni 30, 2008 at 2:16 pm

    hi,…
    salam kenal…
    saya juga lagi riset, tapi klo saya tentang Hydro Fuel, sayangnya saya lagi ke abisan dana karena nga punya perlengkapan dan peralatan komplit…
    klo Mr paijo mau ikut serta dalam riset saya saya akan dengan senang hati mebagi2x, pengetahuan, tapi rahasia ya, krn nanti bisa – bisa kita di kejar 2x sama mafia pengelola popm bensin… hik hik hik…….
    beritahu saya ya klo anda berminat, thank’s,……

  175. armal said,

    Juni 30, 2008 at 2:08 pm

    salam kenal…………
    langsung aja ya mas,bisa kirkmkn spesipikasi roda gigi turbin mikrohidro plus gambarya

  176. Guntur TA said,

    Juni 22, 2008 at 2:35 pm

    Mas sebelumnya salut atas blognya…..langsung aja ya mas…Saya masih bingung dengan perencanaan sebuah gearbox..mudah2an mas dapat membantu,Gini sebuah gearbox dengan 4 kecepatan mesin dan satu kecepatan mundur diketahu i1=8
    i2=6
    i3=3
    i4=1,5
    iR=i1
    Thanks buat mas paijo…semoga bangsa ini dipenuhi orang2 yang kreatif seperti mas paijo…….:)

  177. kikim said,

    Juni 16, 2008 at 10:56 pm

    Salam kenal Pak Paijo

    Saya percaya bp bisa bantu, saya ingin membuat trafo AC step up yang voltage outnya 15000 Volt dan amperenya 0.03 A. yang konevensional atau yang elktronik. atau bp bisa buatkan untuk contoh nanti saya beli tapi jangan mahal-mahal atau hub saya 022-76050750/08886240414

  178. Aku said,

    Juni 14, 2008 at 4:16 pm

    makasih jo.

  179. febri said,

    Juni 12, 2008 at 12:49 pm

    salam kenal,
    terimaksih pada Tuhan masih ada orang indonesia yang peduli akan keadaan rakyat kita indonesia yang menderita. maju terus mas aku doain sukses selalu dan diberi berkah yang melimpah. kalau boleh saya pingin minta tolong kirimkan cara dan panduanya membuat listrik tenaga air. masalah aku dari dulu pingin sekali membuatnya, kebetulan aku tinggal di Papua dimana masih banyak kampung yang belum teraliri listrik. dan hal itu membuat saya sedih sekali,padahal di perkampungan itu ada kali yang mengalir bagus. tolong ya mas, oya kapan ke Jayapura saya siap jadi anak binaan hehehehe….
    febri, sentani-jayapura/papua

  180. Sugianto said,

    Juni 12, 2008 at 11:29 am

    .

  181. Sugianto said,

    Juni 11, 2008 at 5:56 pm

    Mas Paijo.
    Saya mau tahu, boleh tidak motor listrik ( 3 fase ) 4Pole diserihkan? jadi 2 kutub keluar.Dan bagaimana caranya.tolong dijawab yaa Mas,
    terima kasih.

  182. agus zulfa said,

    Juni 10, 2008 at 2:00 pm

    oo iya caranya bikin blog gmn ya??
    saya juga ingin bagi2 ilmu yang saya dapat… lebih baik di share kan ya???

  183. agus zulfa said,

    Juni 10, 2008 at 1:58 pm

    halo pak paijo..

    saya sedang bereksperimen juga ne, saya sedang mengembangkan wind turbin. kekurangan nya ada di generator nya, berapa rpm minimum yang diperlukan untuk menggerakkan generator yang memiliki tegangan 12 Volt. soal nya wind turbin nya udah jadi, klo beli generator DC dimana ya???

  184. oby said,

    Juni 5, 2008 at 10:27 pm

    oke banget ni,…utk dunia research indo.
    salam kenal mas…
    aq mo nanya ni mas,atau sapa aj yang punya info ttg ini,gmn ya cara nentuin jmlh lilitan sebuah generator dan pada rpm rendah sudah dapat bekerja menghasilkan voltase 12-15v..ini rencanax mau aq aplikasikan buat PLTB kecil2n yang akan aq buat.salam experimen……

  185. zul said,

    Juni 1, 2008 at 11:42 am

    pagi mas pijo saya mo nanya nih? yang dimaksu dengan tinggi tegangan primer dan tinggi tegangan sekunder apa ya? trus temen saya pernah nguji cdi milik supra th 01,untuk mengetahui tegang primer dan sekunder, maksud dan tujuan pengujian tersebut untuk apa ya? tanks dah mo jawab??

  186. mazii said,

    Mei 19, 2008 at 10:47 am

    pak paijo.. . . . . .

    saya mau tanya,,dlam bulan ini proyek saya harus selesai,,,saya masih bingung dalam menentukan motor induksi 1 phasa yang akan digunakan untuk penggerak mobil listrik (beratnya kira2 150kg)…..berapa hp yang dibutuhkan untuk memutar mobil tsb???,,,serta perhitungannya gmn???

    thanx. . . .

  187. sutanto said,

    Mei 17, 2008 at 5:06 pm

    selamat sore Mr, Paijo.. saya mau tanya tentang eksitasi dan AVR untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA atau PLTMH),

  188. handoyo seto said,

    Mei 15, 2008 at 11:16 am

    makasih sekali lagi ya mas DigiDo, kalo untuk trafo sih mungkin aja mas, gak ada yang gak mungkin, salut untuk yang buat. untuk kiriman gambar perendevnya makasih mas membantu imajinasi saya. untuk semua masukannya makasihya mas, baru kali ini ada yang yambung saya ajak komunikasi, biasanya
    kebanyakan orang yang saya ajak komunikasi menganggap saya sinting, sekarang sih saya masih ngembangin beberapa mesin abadi walaupun sedikit beralih dari rancangan yang kemarin (karena melihat perendev), saya punya rancangan cadangan selain perendev, ini yang memacu saya untuk membuat mesin yang lebih tangguh mas, tar klo dah jadi fisiknya saya minta sarannya ya mas, saya hanya ingin Bangsa Indonesia bisa lebih maju, makasih atas semua sarannya mas DigiDo.

    Semangat terus untuk semua orang yang sebagian hidupotakfikiranyadll untuk mengembangkan teknologi canggih.

  189. DigiDo said,

    Mei 14, 2008 at 9:44 pm

    GOSIP TEKNO…
    Saya pernah dpt info dari seorang pakar Relay Proteksi di Indonesia, bahwa di Indonesia ada seseorang yang berhasil membuat step-up trafo dari 10watt menjadi 2000watt. Nah, hitung aja tuh berapa persen naiknya. kata beliaunya sih penemuan itu meruntuhkan teori fisika nya. well, saya kurang expert di bidang trafo. Saya hanya lihat foto-fotonya saja.jadi masih kurang begitu yakin.
    Mungkin yang di”main”kan adalah bahan dari inti besi trafonya. sehingga pergerakan elektronnya lebih agresif dibanding dengan trafo yang sudah ada.mohon dikoreksi kalau saya salah.tks.
    Menurut informasi, si pembuat “menghilang”.karena alasan-alasan politis dunia barat (Cukup PLTU 600MW saja sudah bisa buat seluruh jawa kan…:D ups ngomongin politik nih..maaf). Takut mesinnya gak laku kali..hehehe
    Kira-kira rekan-rekan ada yang mengetahuinya gak ya orangnya dimana?? Bahkan beliaunya ini sudah menawarkan kerjasama dengan PLN…

    • djaduk said,

      Februari 20, 2012 at 12:01 pm

      ada orangnya tapi . ya begitulah malah jadi tidak tentram. hidupnya di datangi rang-orang yang ….kebetulan ini mau di bikin serentak untuk listriknya memakai tenaga hidro di padukan dengan……..Baterai abadi…. tunggu 2 bulan lagi..

  190. DigiDo said,

    Mei 14, 2008 at 9:41 pm

    di indonesia sudah ada yang ngembangin belum ya??kalau bisa generate +-500watt, sudah cukup untuk listrik di pedesaan.
    buat kang Handoyo Seto, cobain deh ke http://www.fdp.nu/perendev/default.asp
    Di halaman paling bawah ada kalkulasinya juga.

    Dengan semangat Kang Paijo, Eksperimen Bonej..mari kita ber bonek dengan perendev :)

  191. handoyo seto said,

    Mei 14, 2008 at 4:11 pm

    makasih ya mas DigiDo atas masukannya saya dah liat videonya emang benar2 ada dan berfungsi. tinggal di kembangin , salut deh buat pengarangnya, makasih sekali lagi mas DigiDo.

  192. poleng said,

    Mei 14, 2008 at 3:56 pm

    oia saya lupa…saya ingin kapsitasnya dalam satuan kilogram (kg)..

  193. poleng said,

    Mei 14, 2008 at 3:54 pm

    salam teknologi,,,
    sy mw tanya bagaimana cara untuk mengetahui KAPASITAS suatu tabung/silinder?
    jika tabung akan diisi dengan sampah organic..terimakasih
    sy tunggu jawabannya

  194. DigiDo said,

    Mei 14, 2008 at 5:50 am

    Cuma mau sedikit masukan untuk mesin abadi.
    Mungkin Kang Paijo sudah pernah tahu.. Tentang mesin perendev.. bisa googling atau cari di YouTube, keyword perendev.
    Bisa dikatakan mesin abadi.dengan mengatur posisi magnet dengan sudut tertentu.
    Terima kasih, dan salut dengan blognya.begitu mencerahkan.. :)

  195. zen said,

    Mei 12, 2008 at 10:53 pm

    Tq

  196. wing said,

    Mei 10, 2008 at 11:08 am

    Bung Paijo,
    Saya salut ketekunan anda membuat saya membaca blog ini. Trus terang latar pebndidikan saya bukan teknik, tetapi kebetulan teman saya meminta tolong utk membuat PLTA sangat sederhana utk penerangan tanahnya yg di balik gunung di mana PLN ogah menyambangi. Ide yg baru ada adalah menggunakan kincir air dgn pembangkit menggunakan alternator mobil, voltage regulator dan accu. Out put dari situ akan saya inversikan menggunakan inverter yg banyak dijual. Urun rmbug bung Paijo sangat saya harapakan mengingat ide ini masih mentah dan masih banyak lagi rincian yg harus diriset spt RPM yg dibutuhkan, durability, dan output yg efisien.
    LAlu di mana saya bisa dapat penjual generator yg lazim dipakai di pembangkit?
    Terima kasih sebelumnya.
    Salam experimen.

    Wing
    0812 9088435

  197. handoyo seto said,

    Mei 9, 2008 at 3:39 pm

    maaf pak paijo maksud atas pertanyaan saya yang pertama Apakah Pak Paijo pernah terlintas dikepala kalau energi abadi ini bisa di buat menggunakan mesin abadi : yang portable : kira2 kurang lebih sebesar mesin pompa air, mesin yang dapat hidup dari energinya sendiri dan memiliki keluaran energi lebih, karena kalau yang besar dan menetap disatu tempat sudah banyak yang memikirkannya, terima kasih.

  198. Mei 9, 2008 at 10:44 am

    Sebelumnya selamat, Pak Paijo, Saya Hand salam kenal Saya baru membaca artikel2 Pak Paijo ternyata Pak Paijo masih aktif merancang penemuan, Saya ikut senang karena bapak selalu memikirkan hal2 yang orang lain belum sempat memikirkan, maaf kalau sedikit ngelantur. Saya cuma bertanya mengenai energi abadi Apakah Pak Paijo pernah terlintas dikepala kalau energi ini bisa di buat, karena saya semenjak sekolah selalu mencoba mengaplikasikannya sampai sekarang hanpir 9 th tes ter akhir des 2007 ( aki mtr12v -> inverter 220v 300w -> bor listrik 220v 300w -> gear 1:4, 1:3 -> alternator buatan (magnet mtr bebek x 2=12v) -> regulator12v -> to aki )) bertahan kurang lebih 10 menit , apa kah bisa diaplikasikan dengan penambahan komponen, saya minta jawaban dari Bapak Paijo , makasih sebelumnya, karena dipikiran dan hati saya pasti bisa diaplikasikan, saya minta pendapat Pak Paijo, makasih sesudahnya,
    sukses terus dan maju terus untuk semua orang yang suka memikirkan hal yang masih jauh diujung otak dan hati.

  199. dedo gusrai said,

    Mei 7, 2008 at 12:05 pm

    mas Paijo aku mau tanya.bagaimana cara kerja dinamo atau motor hubungan seri?serta gambarnya,hingga karakteristik tanpa bedan yang tidak bisa di buat atau di gambar.tolong di jawab ya mas, n kirim ke email saya.salam kenal.

  200. Dedy said,

    Mei 4, 2008 at 12:52 pm

    mas paijo…slam kenal, saya mau tanya kebetulan ada tugas kampus membuat tugas riset sederhana mengenai generator arus searah DC yang musti membuatnya pakai magnet tetap. bisa minta tolong ngasi saran n skema gambarnya mas? kalo bisa langsung kirim ke email saya ya mas thx

  201. rubi said,

    April 24, 2008 at 10:35 pm

    salam knal mas dari saya. mas kalo boleh tau saya minta rumus tentang perancangan poros transmisinya dong mas, & perhitungan bearing juga deh. biar kita tau n kalo sewaktu-waktu kita mo bikin itu gak asal-asalan. sebelumnya terimakasih.

  202. heztyra said,

    April 23, 2008 at 11:37 am

    SALAM KENAL MAS PAIJO.
    SENANG BISA BERKENALAN DENGAN ANDA
    kemarin saya lihat tayangan di tv. tentang profil wanita yang peduli lingkungan, kalo gak salah dia mengulas aktifitasnya membuat listrik tenaga microhydro, tentunta erat kaitanya dengan eksperimen mas paijo, Saya tinggal dibanyuwangi mas, pengen bikin, listrik tenaga hidro . masnya ada referensi ? yang saya bingungkan, apa perlu gearbox gak? terus instalasinya apa aja mas? untuk menaikkan tegangan, untuk menstabilkan tegangan dll. tentunya temen temen banyak juga yang pengen tahu terutama yang tinggal didesa kayak saya karena didesa air sungai melimpak mas. saya tunggu jawabannya mas,
    salam eksperimen
    sukses tuk mas paijo,.

  203. tanto said,

    April 22, 2008 at 3:26 pm

    maaf saya mau tanya, bagai manana cara merancang generator, penguat medan magnet, frekuensi 50 Hz. terimakasi sebelumnya…….

  204. khairul said,

    April 6, 2008 at 9:07 pm

    Halooo mr.paijo
    Saya punya mesin diesel 6 silinder 84hp putarannya 2300rpm,rencananya saya mau buat genset. Tetapi alternetor yang saya punya 30 kw putarannya 1500rpm.Enaknya pake penghubung apa?Kalo pake direct kopel generatornya kuat gak?Terima kasih

  205. maseadjie said,

    April 3, 2008 at 1:24 pm

    @ mahfum

    untuk trafo bisa diitung sendiri rumusnya Vp : Vs = Np : Ns.

    Vp = Voltase Primer (input)
    Vs = Voltase Sekunder (Output)
    Np = Lilitan primer
    Ns = Lilitan Sekunder
    sebagai contoh : untuk menaikan tegangan dari 12 volt ke 220 volt anda membutuhkan lilitan primer sebanyak 12 lilitan, sekunder 220 lilitan, atau bisa anda perbandingkan sendiri

  206. ryan said,

    April 3, 2008 at 11:45 am

    Mr. bajo bagaimana caranya memperbaiki motor listrik yang sudah terendam air & yang dimana motor tersebut sudah kita hidupkan gak hidup-hidup juga?

  207. ryan said,

    April 3, 2008 at 11:41 am

    bagai mana caranya kita bisa membuat geneator listrik yang dimana generato tersebut dapat menghasilkan energi listrik yang bisa digunakan dirumah rumah

  208. fahmun said,

    Maret 25, 2008 at 7:07 am

    salam kenal….
    saya seorang mahasiswa mesin yang sedang mengerjakan skripsi dan mengalami kendala.Pada penelitian saya membutuhkan sumber tegangan sampai 9000 volt DC.Saya putuskan menggunakan listrik rumah yang dilewatkan melalui dioda (buat penyearah)dan trafo untuk menaikkan dan mengatur tegangan output sebesar 3000volt,5000volt,7000volt,9000volt.Permasalahanya adalah saya belum bisa menentukan diameter dan jumlah lilitan pada trafo beserta tips cara menggulung trafo yang benar.Yang saya butuhkan hanya tegangan.Arus tidak menjadi masalah berapapun.Mohon kesediaan pak Paijo untuk membantu saya
    terima kasih

  209. ihsan said,

    Maret 19, 2008 at 5:05 pm

    slam eksperimen pak paijo,
    saya orang baru yang sedang mencoba membuat pembangkit listrik rumahan.
    saya mau tanya pak, di mana ya saya bisa dapat mesin dinamo atau generator yang daya nya sekitar 500 sampai 1300 watt. karena itu daya listrik yang dipakai di rumahan,
    mohon bantuannya pak, di mana saya bisa dapat dinamo yang ukuran daya nya segitu di INdonesia ini. Saya tinggal di MEdan dan di sini saya belum menemukannya.
    terimakasih

  210. Herman said,

    Maret 13, 2008 at 3:22 pm

    mas saya herman lagi bikin TA Saya mau tanya klo generator kecil yang bisa ngebangkitin tenega listrik (klo bisa barang yang ada disekitar kita aja

  211. afdil said,

    Maret 6, 2008 at 1:07 pm

    salam eksperimen dan salam kenal Pak.saya pernah melihat pameran, salah satu yang dipamerkan adalah pembangkit listrik tenaga surya yang memamfaatkan + 100 buah transistor daya.Yang ingin saya tanyakan,
    1. bagaimana sistem rangkaian transistor tersebut?
    2. bagaimana perhitungan jumlah transistor tersebut dengan jumlah daya yang dihasilkan?

    Saya juga ingin tau bagaimana prinsip menggulung motor listrik?
    Terimakasih atas bantuannya

  212. saifuddin said,

    Februari 15, 2008 at 3:25 pm

    Kang Paijo,

    Saya punya bengkel kecil-kecilan dan baru ngrintis.gimana sih rumus untuk menggulung ulang motor-motor listrik,selama ini saya tiap mengganti gulungan harus saya bongkar dan dihitung satu persatu dan diukur diameter kawatnya,bisa bantu ga kang,ada buku teorinya ga?

  213. bian said,

    Januari 22, 2008 at 10:37 am

    Mr.Paijo salam kenal, saya termasuk dari sekian banyak penggemar situs
    anda dan sering baca artikel2 anda tentang perlistrikan, lama2 saya kok
    jadi tertarik dan ingin coba eksperimen dan saya mau tanya sama mr .
    Saya ingin membuat sumber listrik sendiri yang terbuat dari dinamo amper
    24 volt yang digerakkan oleh sepeda pancal, yang saya tanyakan :

    1. Apa yang perlu saya siapkan dan dimana saya bisa beli alatnya.
    2. Kalau mau beli gear box type HELICAL dimana dan ratio berapa.

    Mungkin itu saja mr paijo mohon pencerahannya.

    Bian

  214. kin said,

    Januari 9, 2008 at 10:19 am

    kang Paijo…… saya minta tolong….
    mengenai cara menghitung / menentukan efisiensi baik turbin maupun generator dengan berbagai type/jenisnya

  215. jalu said,

    Januari 5, 2008 at 4:44 pm

    mas paijo saya ingin membuat pembangkit listrik tenaga air buat dirumah.gimana caranya?apa yg dibutuhkan

  216. nugroho said,

    Desember 17, 2007 at 7:26 pm

    Ass.wr.wb.

    mas Paijo…to the point aja saya salut dengan rubik ini..semoga sukses

    Wss..wr..wb

  217. hafid said,

    November 25, 2007 at 7:03 pm

    tambahan mas. kincir yang dirancang yaitu kincir air tipe overshot. dengan data rencana sumber air;debit air 0,25 m3/s dan head 3 meter. pertanyaan saya; 1.apakah data rencana saya relevan untuk digunakan.2, bagaimana rumus untk menghitung putaran poros kincir? wassalam

  218. hafid said,

    November 25, 2007 at 6:59 pm

    salam kenal mas paijo. langsung saja ya. saya sedang mengerjakan tugas akhir dan kebetulan penelitian saya tentang kincir overshot sebagai pembangkit listrik. nah permasalahannya adalah bagaimana cara memilih generator yang sesuai dengan daya output kincir yang sebesar kurang lebih 4 kW. saya minta tolong kalau ada tabel pemilihan generatornya sebagai referensi saya dalam penulisan tugas akhir saya atau apa ada genset yang dayanya sesuai dengan daya kincir tersebut lengkap dengan spesifikasinya. mohon bantuannya dan tolong dibalas secepatnya. gitu aja mas, thanks.

  219. candra said,

    November 20, 2007 at 6:52 am

    ni aku lagi butuhbanget motor universal 220 v.tolong banget kalau ada yang mau jual or informasi mesti beli dimana..
    cp: 085646967844

  220. abie said,

    November 15, 2007 at 8:21 am

    Mr. kalo pakesistem worm bisa tingkatin putaran lebih tinggi gak, tus bikin bloknya gemana pa mr jo bikin sendiri.

  221. Budiono said,

    November 14, 2007 at 6:49 pm

    Pak saya ingin minta bantuan bapak. saya ada tugas untuk membuat suatu trafo step down. Mungkin bapak punya artikel bagaimana car menghitung :
    a. jumlah Lilitan Primer
    b>jumlah Lilitan Sekunder
    c. Diameter Kawat Primer
    d. Diameter Kawat Skunder
    e. Jenis EOT nya seperti apa
    f. Dll yang berhubungan dengannya

    Terima kasih

  222. Rudi said,

    November 11, 2007 at 7:17 pm

    Allou…semua.
    Ada yang bisa memberikan informasi mengenai Mesin Uap atau Turbin Uap 100-200HP ?
    Kalau ada yang jual atau merancang bisa hubungi saya di 081364958778, atau email.

  223. herdiman y haras said,

    November 10, 2007 at 1:41 am

    ass pak Paijo.saya pengen minta bantuan bapak,terkait dengan beberapa jurnal pembanglit listrik tenaga angin dan perhitungannya yang bapak tampilkan dalam GOOGLE.com.kebetulan saya selaku mehasiswa elektro Univesitas negeri gorontalo memerlukan referensi tentang alat2 yang digunakan oleh pembangkit listrik tenaga angin.sekalian contoh : 1.Modul percoban perhitungan daya output
    2. modul percoban perhitungan daya yang dibangkitkan Turbin
    3. modul ppercobaan perhitungan Efesiensi Generator
    4. Modul percoban perhitungan transmisi gear
    5. modul percobaan perhitungan pengukur arus
    6. mudul perhitungan Tegangan
    7. modul percobaan perhitungan kecepatan putaran yang dihasilkan oleh angin
    saya sangat mengharapakn bantuan bapak sekaligus dapat membalas secepatnya E- Mail saya.insya allah saya Ujian Akhir minggu depan Sehingganya besar harapan saya agar bapak membantu saya.

  224. ardy said,

    November 1, 2007 at 5:37 pm

    Salam eksperimen pak paijo….! salam pak paijo saya masih awam dan saya pendatang baru mau minta saran dan masukan sama bapak saya pernah lihat kincir air dinamonya menggunakan mahnit motor. yang saya tau mahnit motor arus yg kluar itu DC sementara untuk pemakain dirumah arusnya kan harus AC bagaimana cara merakitnya dan bagaimana agar arus keluarannya besar. mohon bantuanya.

    trima kasih …….. salam eksperimen

  225. maseadjie said,

    November 1, 2007 at 12:59 pm

    mas slamet;

    tanya ya…
    untuk 4 gear semuanya terpaut ke gear utama tidak?
    untuk gear utama dan empat gear lainnya ada perbandingan tidak?

  226. kang slamet said,

    Oktober 31, 2007 at 4:08 pm

    pak paijo,

    blognya cukup bagus..
    bisa bantu aku cari data untuk perhitungan dan pemilihan kabel untuk motor industri?

    terimakasih bantuannya

  227. Slamet said,

    Oktober 24, 2007 at 3:04 pm

    Salam Mas Paijo dan Mas Amin.
    Saya coba berkomentar tentang energi abadi, menurut saya itu bisa terwujud dengan menggunakan :
    1.8 magnit berbentuk u ( seperti motor penggerak mainan )
    2.5 atau 10 gear bersumbu (berAS)
    3.2 lempeng besi sebagai dudukan, center dan Boss.
    Kita rangkai bahan tadi Sbb.
    1.4 magnit kita susun saling membelakangi (punggung ketemu punggung) dengan kutub magnit saling bertemu, tempatkan besi AS ditengahnya (satu sumbu).
    2.pasangkan besi AS pada 4 magnit berikutnya, masing masing punya AS.
    3.Pada 2 lempeng besi kita buat 5 lubang sebagai sumbu, satu lobang sebagai sumbu utama (center) dan 4 lainnya berada di pinggir (membentuk titik kubus, dengan sumbu utama sebagai tengah/center), ini harus presisi lho.
    4.Pasangkan gear pada 5 AS dari magnit tersebut.
    Dari sini mungkin sudah terbayang putaran yang akan terjadi akibat saling dorong dan saling tarik antar kutub magnit yang terputar akibat 4 magnit pinggir terputar oleh gear dan magnit utama akan memutar gear akibat magnitnya bergerak mengejar 4 magnit pinggir.
    Mohon koreksi bila ada yang tidak berkenan.

  228. ahmeyda said,

    Oktober 5, 2007 at 2:09 pm

    salam experimen pak Jo
    ini pendatang baru.
    saya punya motor 1400rpm 1/4 pk yang rencananya untuk memutar generator/ dinamo ampere4 12 volt dengan perbandingan puely 1:3. 1.mampukah generator tsb bekerja dengan baik?
    2.jika generator sudah berputar kemudian accu di lepas , apakah generator masih dapat bekerja?
    salut untuk semua

  229. riyan said,

    Oktober 3, 2007 at 11:16 am

    salut, selamat atas eksperimennya. bisa ikut blajar eksperimen nicch….

  230. budi cahyono said,

    Oktober 2, 2007 at 11:48 am

    siang pak paijo…. saya pendatang baru nihh… mau tanya??????

    salam eksperimen pak.
    saya menemukan forum bapak dr google..dan setelah melihat artikel bapak..mungkin bapak dapat membantu kesulitan saya..

    begini pak saya merencanakan sebuah gear box dengan motor listrik 2pk, 380 v, 50 hz, 3p, 1500rpm. gearbox ini akan mengangkat beban sebesar 700kg berapakah perbandingan ratio gear boxnya jika waktu yang harus ditempuh 2m/s kira2x terima kasih.

  231. asrudin said,

    September 27, 2007 at 5:49 pm

    sore bang paijo,,,,pendatang baru nih,,,,,

    bang ada keluhan nih,,,saya lagi cari artikel tentang motor induksi sebagai bahan makalah trus juga tentang sistem tenaga listrik,bagaimana pembangkitannya,penyalurannya (transmisi)dan pendistribusiannya,,,,,,mohon bantuannya,,,,,bang,,,,,,,,saya tunggu jawaban bang paijo

  232. budi chandra said,

    September 19, 2007 at 2:18 pm

    salam eksperimen pak.
    saya menemukan forum bapak dr google..dan setelah melihat artikel bapak..mungkin bapak dapat membantu kesulitan saya..

    begini pak saya merencanakan sebuah skuter dengan mesin 2 tak 30 cc memiliki spek putaran 6000 rpm dan daya 81 kw atau sekitar 1,1 hp..

    mesin ini akan menggerakkan roda berdiameter 12 inch dan kapasitas penumpang hingga 80 kilo..

    saya berencana menggunakan sistem transmisi pulley untuk menyalurkan daya dr mesin ke roda..karena apabila kuaran daya dr mesin saya konek lgsg ke roda..saya rasa tidak mampu untuk berjalan(apakah asumsi saya benar saya juga msh bingung)

    untuk memperbesar putaran roda dibandingkan putaran mesin berarti saya memasang pulley kecil pada mesin dan pulley besar pada roda ya pak? apakah ada rumusan/formula untuk menghitung masalah saya ini..?

    tolong bantuannya pak..saya ucapkan terima kasih..

  233. Anang R Sasongko said,

    September 14, 2007 at 5:26 pm

    Salam eksperimen Pak.
    Saya, anak dari desa…ingin memberdayakan sda di desa saya, untuk para petani dan masyarakat desa. berupa pembangkit tenaga listrik menggunakan kincir angin. mohon bantuan konsep rancang bangun,simulasi tentang tenaga kincir angin, sampai konversi menjadi listrik.
    Fungsi akhir adalah sebagai pompa air di sawah.
    Mudah-mudahan mas Paijo dapat membantu impian saya…sebagai anak desa yang bukan Katro.

  234. Warsono said,

    September 14, 2007 at 3:36 pm

    Hallo Mas Paijo.

    Mungkin kasus saya ada yang sama dengan rekan2x yang terdahulu.
    Kebetulan saya ada tugas dari pimpinan saya untuk membuat sebuah mixer, tapi hanya ukuran -/+ kapasitas 50 kg dengan viscocity 5000.
    Untuk sekarang ini saya hanya mempunyai motor listrik 0.37 kw.

    Mungkin mas Paijo bisa bantu saya untuk memberikan ukuran diameter pulley yang sesuai dengan kecepatan minimal 200 rpm pada as mixer.

    Mudah-mudahan mas Paijo dapat membantu.
    Terima kasih.

    Wassalam
    Warsono

  235. Paijo said,

    September 7, 2007 at 4:08 pm

    @ Amin
    Forum Diskusi Energi LIPI sekarang ini dalam keadaan rusak akibat ulah spamer atau penyusup. URL-nya ( http://www.energi.lipi.go.id/utama.cgi?depan ). Kalau dibuka, menu untuk membuka FORUM tidak aktif lagi ( tidak ada gambar telapak tangan menunjuk ). Saya sudah beberapa kali menghubungi admin dari situs tersebut tapi sampai sekarang keadaannya belum berubah.
    Saya belum pernah berekskperimen membuat magnet permanen. Informasi tentang vendor, spesifikasi dan daftar harga magnet permanen dulu ada ( banyak ) di forum diskusi yang rusak tersebut. Coba bapak hubungi Pudak di Bandung ( http://www.pudak-scientific.com/ ), mudah-mudahan menemukan apa yang bapak cari.

    @ Joni
    Terus terang saya tidak ahli dalam menghitung daya seperti itu. Faktor yang mempengeruhi besarnya daya mesin yang diperlukan untuk memutar grinder adalah antara lain :
    1. Berat seluruh rotor ( bagian yang berputar ), semakin berat maka semakin besar mesin yang diperlukan.
    2. Diameter rotor, semakin besar diameter rotor maka semakin besar daya mesin yang diperlukan.
    3. Kecepatan putar rotor, semakin tinggi kecepatan rotor maka semakin besar daya mesin yang diperlukan.
    4. Beban kerja dan kapasitas, semakin besar beben kerja dan kapasitas maka makin besar daya mesin yang diperlukan.
    Sayang sekali, saya tidak punya referensi untuk membantu bapak menghitung itu. Saran saya, bisa dilakukan pengamatan terhadap mesin-mesin lain dengan memperhatikan faktor-faktor di atas. Setelah itu, dapat diperkirakan ( by feeling ) berapa daya mesin yang diperlukan untuk mesin perontok tersebut. Terimakasih dan salam eksperimen.

  236. Joni said,

    September 7, 2007 at 2:56 pm

    pak paijo yang baik hati

    saya mendapat kesulitan dalam merencanakan besarnya daya dari motor listik yang cocok untuk dapat mengerakkan Grinder(poros perontok mesin seperti mesin perontk padi). apa ada hubungan antara daya yang ditransmisikan dengan berat Poros/grinder yang akan digerakkan. tolong dijelaskan. jika bisa tolong beri URL yang berhubungan dengan masalah ini..Thanks……

    salam
    Joni

  237. Amin said,

    September 2, 2007 at 9:03 pm

    Salam Bung Paijo…
    Bolehkah tidak saya minta URL forum energi lipi-nya barangkali saya bisa menambahkan. memang ada kehilangan energi akibat adanya gesekan dari material mesin, tetapi hasil output dari mesin kan bergantung dari besar kuat medan magnet permaent pada generator dan motor, adanya rugi gesekan tadi bisa dikompensasi dengan memperbesar medan magnet permanent yg digunakan…itu dia yang membuat dia mahal dan untuk saat ini nilai ekonomisnya masih belum kelihatan.. saya sebenarnya ingin membuktikan teori saya tapi itu dia terkait kendala biaya untuk merealisasikannya. Bung paijo pernah tidak bereksperimen membuat magnet permanent, atau tau toko yg menjual magnet permanent?? Thanks…

  238. Paijo said,

    September 1, 2007 at 2:42 pm

    @ Amin
    Terimakasih atas penjelasan anda tentang cara pembuatan generator sederhana di atas, semoga bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan.
    Mengenai mesin abadi, saya memang termasuk yang skeptis. Saya sempat terlibat dalam diskusi yang sangat seru dan alot di Forum Energi LIPI selama lebih dari satu tahun tentang hal itu. Diskusi berhenti karena situsnya rusak setelah kemasukan spam. Sejauh kajian saya, mesin abadi bertentangan dengan hukum alam dan sampai sekarang belum ada yang bisa membuktikan sebaliknya. Hal yang paling krusial dalam masalah mesin abadi adalah kehilangan energi karena gesekan.

    @ Sayfii
    Selamat bergabung dengan komunitas bloger / netter aliran eksperimentalis. Anda dapat bertanya tentang segala sesuatu yang berbau teknik. Tentu saja mungkin tidak semuanya saya bisa jawab karena keterbatasan saya. Namun demikian, dimungkinkan untuk dijawab oleh bloger atau netter lain yang tahu tentang masalah yang anda tanyakan. Itulah esensi dari sebuah blog yang dapat dijadikan forum diskusi alternatif. Bisa juga, anda bertanya melalui e-mail kepada saya ( mr_paijo_paidin@yahoo.co.id ).
    Terimakasih dan salam eksperimen untuk semua.

  239. sayfii said,

    September 1, 2007 at 9:55 am

    Selamat dan salam kenal nama safii,saya baru menemukan dan membaca forum mr.Paijo dan sangat kagum banget akan aktifitasnya dan saya kepingin sekali seperti itu bolehkan suatu saat nanya2?sebab saya sangat senang hal yang berbau dengan tehnik.thanks atas kesediaannya.

  240. Amin said,

    Agustus 31, 2007 at 8:37 pm

    O ya satu lagi, mengomentari pendapat bung Paijo yang merasa mustahil membuat mesin abadi….saya sedikit kurang setuju dengan pendapat anda, dengan prinsip membalikan energi listrik dari generator ke motor dan dari motor menginputkan kembali energi gerak dengan sedikit manipulasi putaran dari sebuah banda jatuh bebas pada ujung sebuah pesawat-lingkar dan mengembalikan posisi benda tersebut seperti semula akan menciptakan sebuah kontinuitas gerakan dan yang pasti produksi energi listrik. hanya saja lama waktu kontinuitas ini bergantung dari kekuatan magnet pemanent dari generator, kita tau magnet permanen akan melemah seiring dengan berjalannya waktu sedikit demi sedikit. namun dengan orde waktu puluhan bahkan ratusan tahun mungkin boleh dibilang sebagai mesin yang abadi. kelemahannya yaitu biaya pembuatan yang mahal dan energi yang dihasilkan tidak seefisien Pembangkit tenaga air ataupun yang lainnya. karena besar energi yang dihasilkan bergantung besar magnetisasi dari magnet permanen yang digunakan. namun dengan membuat pembangkit dalam jumlah banyak dimungkinkan untuk memenuhi konsumsi energi yang makin rakus seperti yg sekarang ini. walaupun satu hal lagi prinsip bahwa kekekalan energi tidak bisa dilanggar itu mememang benar karena proses membuat magnet dengan magnetsasi yang besar juga diperlukan energi yang besar pula, tetapi setidaknya kita dapat menyimpan energi tsb dalam jangka waktu yg lama melalui mesin semi-abadi.

  241. Amin said,

    Agustus 31, 2007 at 8:22 pm

    Salam buat mas Paijo,
    saya lihat banyak yang tertarik bagaimana membuat generator sederhana, saya akan berbagi sedikit pengetahuan kepada para bloger maupun bloger watch sekalian… Caranya cukup mudah..gunakan magnet bekas speaker yang sudah tidak berfungsi( walaupun pake yang masih berfungsi bahkan masih barupun bisa, kalau anda punya cukup duit untuk membelinya ^_^) makin besar magnet makin besar daya yg dihasilkan. pastikan magnet sudah terlepas dari besi speaker. magnet yang diperlukan bergantung kecepatan putaran dari penggerak generator. jika ingin low rpm gunakan magnet yang lebih permanen banyak. kalau ingin high rpm pake sebuah magnet permanen pun bisa… anggap magnet yang kita pakai ada 6 buah. buat sebuah lingkaran dari kayu atau tripleks dengan diameter 3 kali diameter magnet. buat 3 buah garis yang akan memotong satu sama lain tepat di pusat lingkaran kayu, dengan sudut antar garis dilihat dari pusat lingkaran sebesar 360/6=60 derajat. pasangkan titik pusat magnet(dalam hal ini bentuk magnet permanen berupa lingkaran) tepat di tiap ujung garis. buatlah agar magnet tsb tidak berubah posisi( bisa di lem atau yg lain terserah anda), sebagai tambahan penempatan kutub magnet harus bolak-balik antara magnet yang satu dgn yang lain. contoh magnet pertama kutub utaranya menghadap kayu (sebagai permukaan yang menempel kayu,) maka magnet selanjutnya kutub kebalikannya (selatan) lah yang harus menghadap ke kayu), untuk mengetahui mana utara dan selatan kutub magnetnya caranya cukup mudah. hadapkan 2 buah magnet, jika saling tarik menarik berarti kutubnya saling belawanan, dan jika tolak-menolak berarti sejenis. acuan mana yang selatan atau utara terserah anda. buatlah as/poros permanen pada lingkaran kayu/tripleks tepat di pusat titik lingkaran kayu agar dapat diputar.
    buat lilitan kawat berisolasi (kawat email biasa seperti pada trafo maupun motor atau generator) membentuk lingkaran, diameter diusahakan sama dengan diameter magnet. besar diameter kawat maupun banyak lilitan terserah anda. buatlah enam buah lilitan (karena kita memakai 6 buah magnet) dimana masing-masing lilitan dirangkai seri. buat satu lingkaran kayu/tripleks lagi untuk menempatkan lilitan kawat tadi. berilah lubang tepat di pusat lingkaran dengan besar lubang lebih besar dari diameter poros lingkaran kayu yang ada magnetnya tadi, agar bisa dimasuki poros dan poros bisa bergerak bebas (disini anda bisa berkreasi sendiri untuk menggunakan bantalan bearing atau semacamnya untuk mengurangi gesekan poros tsb tadi). tempatkandan rekat 6 lilitan kawat tadi di lingkaran kayu dengan teknik sama seperti penempatan magnet sebelumnya. tetapi pusat lilitan, usahakan tepat di antara dua magnet. jika dirasa susah gunakan saja teknik seperti penempatan magnet sebelumnya. masukan poros tadi pada lubang kayu yang berisi lilitan kawat, dimana posisi lillitan kawat saling berhadapan dengan permukaan magnet permanen. usahakan jarak antara permukaan kawat dengan permukaan magnet sedekat mungkin. buatlah casing agar posisi kayu yang berisi magnet dengan kayu yang berisi lilitan posisinya tidak berubah, hal ini tergantung kreasi anda. jreng..jreng..jreng. generator anda pun siap di uji coba. cara mencobanya putar poros dengan penggerak( bisa tangan, atau apapun untuk membuat poros berputar konstan). ukur tegangan pada ujung-ujung rangkaian seri lilitan tadi dengan volt meter. daya output tergantung besar putaran, lilitan, magnetisasi dari magnet permanen, jarak antar permukaan lilitan dengan magnet permanen) ubahlah parameter2 tsb untuk mendapatkan daya yang diinginkan dengan trial dan error. untuk formulanya saya sendiri masih belum bisa mendefinisikan secara pasti, yang pasti berbanding lurus dengan besar parameter2 diatas tsb. Selamat mencobaa….

  242. Paijo said,

    Agustus 23, 2007 at 2:22 pm

    Sambungan …

    @ Maseadjie
    Saya tidak ahli dalam hal trafo. Ukuran kawat ( diameter ) berbanding lurus dengan kuadrat kuat arus yang akan dipakai. Jadi anda bisa hitung sendiri dengan melihat trafo yang ada. Perbandingan lilitan, tergantung sebanding dengan perbandingan tegangan bagian input dan output.

    @ Mangkikin
    Terimakasih atas apresiasi anda. Saya tidak ahli di bidang elektro dan juga tidak ahli di bidang mesin. Saya hanya mencoba untuk berdiskusi dan saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan teman-teman yang memiliki hoby yang sama. Saya banyak belajar dari mereka dan mungkin saya tidak bisa banyak membantu seperti yang anda harapkan.

    @ Cak Alief
    Terlalu lama saya gak ngeblog sehinggu sempat numpuk. Sekarang saya cicil untuk direspons supaya gak numpuk banyak.

    @ Suratman
    Pada generator arus bolak-balik ( AC ), arah putaran poros tidak tidak mempengaruhi listrik yang dihasilkan. Memang arah arusnya akan terbalik tapi tidak akan berefek pada keluarannya. Pada generator arus searah, arah arus akan terbalik jika arah putaran poros dibalik.

    Terimakasih dan salam ekseperimen untuk semua.

  243. Paijo said,

    Agustus 23, 2007 at 1:36 pm

    Saya akan jawab satu persatu pertanyaan anda.

    @ Luthfi
    Solar tidak bisa menyimpat energi tapi bisa mengkonversi energi sinar matahari menjadi energi listrik

    @ Jimmi
    Yang sendang anda coba lakukan mungkin tergolong dalam mesin abadi , stika abadi atau swacala abadi yang bertentangan dengan hukum alam. Jadi menurut saya tidak akan bisa bekerja seperti yang anda inginkan.

    @ Jerry
    Saya gak ahli dalam bikin generator. Kalau mau bikin pembangkit listrik, generator/dinamonya bisa dibeli di toko teknik. Masalahnya susah mencari generator/dinamo ukuran kecil ( 300-800 watt ) yang type gusur ( bisa dilepas utuh ). Yang banyak justru type unit yang menyatu dengan mesinnya. Kalau alat untuk mengubah arus DC menjadi AC sudah dijual ditoko, seperti yang dipakai untuk menjalankan TV di bus eksekutif.

    @ Ario
    Maaf, saya gak punya paper yang anda perlukan. Anda coba googling dengan kata kunci WINMINIKOTA, mudah-mudahan bisa membantu

    @ Mas Hamron
    Memang generator/dinamo yang kecil ( kurang dari 1000 watt ) susah dicari. Sebenarnya bisa dibikin sendiri menggunakan alternator mobil tapi agak ribet.

    @ Dhani
    Saya salut pada semangat anda. Untuk membuat microhydro, anda tidak perlu membuat generator/dinamo sendiri karena dapat dibeli dengan harga yang relatif murah. Yang justru lebih penting adalah menguasai perancangan sistem secara keseluruhan. Yang musti dibangun sendiri adalah dam dan sistem turbin dan jaringannya.

    @ Muhammad Fakhri ( di Malaysia )
    Induction motor tidak dapat digunakan sebagai generator karena tidak reversible. Yang dapat digunakan untuk generator adalah motor listrik DC yang menggunakan magnet dan carbon brush.

    @ Julius
    Secara prinsip sih bisa, asal daya motor bensin tsb minimal setara dengan mesin diesel yang semestinya dipakai. Yang perlu dilakukan adalah mereduksi putaran motor bensin dengan gearbox yang sesuai agar memiliki torsi dan rpm yang mendekati mesin diesel aslinya. Namun hal itu cukup sulit karena terdapat karakteristik yang sangat berbeda antara diesel dan motor bensin. Saran saya, kumpulkan data teknis dari kedua macam mesin ( minimal daya, RPM, dan torsi pada peak speed masing ). Data tersebut dianalisis untuk menentukan reduction ratio yang diperlukan.

    Bersambung …

  244. suratman said,

    Agustus 23, 2007 at 12:44 pm

    Mas Paijo,
    maaf saya mau bertanya mengenai arah putaran generator (dynamo) yang pernah saya tahu kebanyakan putaran generator searah putaran jarum jam supya menimbulkan arus/listrik. kalo misalkan putaran kebalikan berlawanan arah puratan jarum jam gimana apa sama masih bisa menimbulkan arus dan tidak ada efeknya…?

    mohon penjelasannya.

    Salam
    Suratman
    0372 635318

  245. Alief said,

    Agustus 21, 2007 at 8:38 am

    Pak Paijo, ini saya nambahin pertanyaan supaya tambah rame…. Kapan pertanyaan2 di atas dijawab??? hehehe….. Tetap semangat ya Pak :D

  246. Mangkikin said,

    Agustus 20, 2007 at 9:41 am

    Yth Pak Paijo, perkenalkan nama saya Mangkikin dari Jakarta, saya angkat topi dan salut kepada Pak Paijo atas daya dan upayanya dalam meningkatkan kecerdasaan bangsa kita melalui jalur elektro, mudah-mudahan membawa keberhakan kepada Pak Paijo, kita doakan.
    Saya juga tertarik atas Email yang dikirim oleh Sdr. dhani tanggal 14 Juli 2007 kalau bisa saya juga mohon dikirimi melalui email saya mangkikin@yahoo.com.
    Atas bantuannya diucapkan terimakasih.

  247. maseadjie said,

    Agustus 9, 2007 at 8:54 am

    mohon penjelasannya bapak, saya mau buat trafo step up 15-an ampere kalo bisa lebih besar dari 15 ampere, bahan yang diperlukan apa saja ya, kawat emailnya seberapa besar dan mohon dijelaskan masing-masing lilitan primer/sekundernya berapa jumlah lilitan dan kawat emailnya sama besar apa tidak, terimakasih

  248. julius said,

    Juli 31, 2007 at 6:56 pm

    pak paijo yg baik hati…

    saya mau nanya dikit nih.. kan biasanya alat pertanian traktor tangan itu digerakkan oleh engine diesel. apakah memungkinkan traktor tangan itu diganti penggeraknya oleh engine gasoline (bensin)? dengan memodifikasi mekanisme gear dan pulley-nya…
    apakah dengan menurunkan tingkat RPM-nya, dan menaikkan torsinya, maka engine bensin benar2 dapat dipakai untuk menggerakkan traktor tangan?
    apakah ada kendala lainnya?
    Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih atas waktunya untuk membaca pertanyaan saya ini. ato mgkn ada rekan2 lain yg dpt memberi masukan ke saya.

  249. Juli 30, 2007 at 10:28 pm

    Saya ada satu soalan untuk bapak..saya menggunakan sumber air untuk menghasilkan elektrik..air tadi akan ditembak pada turbin dan turbin akan disambungkan menggunakan pulley pada generator..jadi persoalannya bolehkah saya menggunakan induction motor sebagai generator..atau bapak ada cara yang lain..maaf ye pak jika bapak xbisa faham dengan jelas ape yang saya tulis…saya dari malaysia…

  250. dhani said,

    Juli 14, 2007 at 8:23 pm

    mas-mas……. saya baru belajar tentang pembuatan pembangkit listrik. tapi basic saya tidak ada berbau elektro, namun saya punya keinginan untuk mengembangkan listrik ke daerah-daerah yang tidak terjangkau PLN seperti yang banyak dilakukan LSM-LSM. saya mohon……… tolong ajarkan saya bagaimana cara pembuatan dynamo, dll….untuk menjadi sebuah generator listrik yang kemudian mengahsilkan listrik yang dapat dimanfaatkan dirumah-rumah. saya berharap teknologi sederhana namun bermanfaat ini bisa dengan mudah diaplikasi oleh masyarakat secara swadaya. kalau ada, mohon kiranya mas-mas kirimkan ke email saya dhanigie@30gigs.com……….atas bantuannya saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

  251. Mas Hamron said,

    Juli 13, 2007 at 3:07 pm

    Mas Paijo… he..he.. kayak di Warkop nya kasino indro ya…
    Maaf nih mas, mau tanya kalau buat generator pembangkit listriknya bagaimana sih? soalnya tanya-tanya di bandung di toko itu tidak ada yang jual gitu lho mas, kalau misalnya bikin sendiri bagaimana tuh caranya..?
    Saya dkk sedang bantu masyarakat desa terpencil bikin mikro hidro yah kecil-kecilan, tapi terbentur itu tadi generator penghasil listriknya.
    Mudah-mudahan mas paijo ngasih solusinya … wah makasiiiiiih buanget deh
    Trims. Mas Hamron yang sedang Kuliah kerja nyata di Tasikmalaya

  252. ario said,

    Juli 10, 2007 at 11:55 pm

    bos punya paper tentang generator induksi untuk PLT Angin ga kirim ke email-qu donk….trim’s

  253. jerry said,

    Juni 13, 2007 at 4:02 pm

    bos saya mau tanya ni. gimana caranya kita membuat generator listrik dgn ukuran kecil yang menghasilkan listrik dc dan cukup untuk 1 rumah tangga aje
    tapi saya mau generatornya kecil kira2 sebesar botol aqua dan listrik dc yang dihasilkan kita rubah menjadi dc , atau gimana ya !!!!!!!
    terserah bos aje gimana yang bagusnya
    thax banyak bos…………..

  254. jimmi said,

    Juni 7, 2007 at 3:24 am

    bang salam!!!!!!
    saya da keluh kesah neh…
    gini bang saya mau buat koil induksi yang dimanfaatkan sebagai magnet,dengan 2 buah belitan,arus diambilkan dari baterai,yang saya mau tanyakan apakah ada tegangan keluaran dari koil ? jika tidak ada bagai mana caranya supaya ada.dan bagaimana cara mengembalikan tegangan tersebut kedalam baterai kembali(rangkaian elektroniknya) tolong juga gambarkan rangkaianya.

  255. lutfi said,

    Juni 5, 2007 at 5:15 pm

    sy mau bikin bahan penyimpan energi matahari selain solar sel apaakh bisa?

  256. lutfi said,

    Juni 5, 2007 at 5:13 pm

    pak ijoooooooooooo

  257. Paijo said,

    April 13, 2007 at 8:52 am

    @ Tommy
    Semoga anda masih mau nyasar ke blog saya lagi. Terimakasih atas apresiasi anda. Eksperimen memang hobi terberat saya sehingga eksperimen maupun blog ini saya kerjakan dengan serius bukan sekedar pengisi waktu luang semata. Terimakasih dan salam eksperimen.

  258. tommy said,

    April 12, 2007 at 5:24 pm

    saya nyasar di blog ini dari history pemakai lain ( lagi nge’warnet’ he3.. )
    salut mas… bahasannya menarik dan terlihat dikerjakan dengan segenap hati dan pikiran…
    saya sendiri bukan pd bidang ini.. tapi salut.. maju terus.

  259. Paijo said,

    April 12, 2007 at 8:03 am

    @ Gea
    Anda dapat membuat motor listrik arus searah ( DC ) dengan magnet permanen sebagai stator dan kumparan ( coil ) sebagai rotor. Tentu saja musti dilengkapi komutator dan coalbrush. Motor listrik arus searah jenis ini dapat digunakan sebagai generator arus searah. Jika ingin menghasilkan listrik AC 220 volt, tinggal ditambah inverter saja. Untuk yang dwifungsi semacam ini, mungkin lebih bagus jika jumlah unit coilnya ( bukan jumlah lilitan lho ) tidak terlalu banyak. Soal hitung-hitungannya, saya sendiri belum pernah menghitungnya. Anda bisa mencobanya dengan coba-coba ( trial and error ) karena resikonya cukup kecil jika menggunakan arus DC 12 volt dan arus kurang dari 5 ampere. Untuk gambar, sudah banyak situs dan buku yang memuat gambar skema dasar motor listrik arus searah. Terimakasih dan salam eksperimen.

  260. gea said,

    April 11, 2007 at 3:18 pm

    salam…………..
    pak paijo.
    saya mau membuat generator, yang juga dapat di fungsikan sebagai motor
    bagaimana cara menentukan konstruksinya berdasarkan perhitungan….
    kalau bisa sertakan dengan gambar.
    Terima kasih

  261. Paijo said,

    Maret 26, 2007 at 11:33 am

    @ Putty Angelica
    Terimakasih juga untuk apresiasi dan kunjungan anda. Saya akan dengan senang hati merespons pertanyaan anda. Dalam menjawab pertanyaan pengunjung atau dalam diskusi, sebagai seorang eksperimenter ( bonek ) saya berusaha untuk menjunjung tinggi kode etik eksperimenter yaitu BOLEH SALAH TAPI TIDAK BOLEH BOHONG. Oleh karena itu, saya akan mengatakan terus terang kalau saya belum mencoba atau saya tidak tahu. Kalau saya ragu, saya juga harus menyampaikan keraguan saya agar pengunjung bisa mengeceknya sendiri. Jadi mungkin saja terdapat kesalahan pada isi yang saya sampaikan tetapi itu terjadi secara tidak disengaja dan tidak ada niat untuk membohongi pengunjung. Jika saya sadar terdapat kesalahan isi maupun redaksi, maka saya akan segera meralat agar tidak menyesatkan.
    Tentang kegiatan anak-anak binaan saya, sampai saat ini masih on schedule. Saya sebut mereka anak-anak karena usia mereka masih 16-17 tahun ( remaja ) dan masih kelas XI ( kelas 2 ) SMA. Mereka memang para eksperimenter muda berbakat dan masih bisa berkembang lebih hebat lagi di masa mendatang. Lanjut ke pertanyaan anda.
    1. Yang berpengaruh pada kecetapan putarnya adalah daya ( tegangan x arus, semakin besar semakin cepat ), diameter rotor ( semakin kecil semakin cepat ), berat rotor ( makin ringan makin cepat ). Yang berpengaruh terhadap momen puntir ( torque ) adalah daya ( tegangan x arus, makin besar makin kuat ), diameter rotor ( semakin besar semakin kuat ).
    2. Yang berpengaruh terhadap kecepatah habisnya setrum pada akumulator adalah arus yang dikeluarkan, semakin besar arusnya maka semakin cepat habis. Pada body akumulator ( aki ) biasa tertulis kapasitas ( arus x waktu ) dalam satuan amperejam. Sebagai contoh sederhana, sebuah aki yang memiliki kapasitas 4 amperejam dapat memberikan arus 1 amper selama 4 jam ( 1 x 4 = 4 ). Jika arusnya 2 ampere, maka aki tersebut akan bertahan selama 2 jam ( 2 x 2 = 4 ). Dan jika arusnya 4 ampere, maka aki tersebut hanya akan bertahan selama 1 jam saja ( 4 x 1 = 4 ).
    3-4. Pada generator mobil generasi baru, biasa ditemukan IC yang berfungsi sebagai unit pengendali yang mengatur kekuatan elektro magnet ( kumparan ) agar daya yang dihasilkan oleh generator tersebut senantiasa sesuai dengan kebutuhan walaupun kecepatan putaran mesin berubah-ubah. Oleh karena itu tidak digunakan magnet permanen melainkan elektromagnet yang kuat medannya dapat diatur dengan menambah atau mengurangi arus yang masuk sesuai keperluan. Jadi baik stator maupun rotornya berupa kumparan. Kumparan stator untuk menimbulkan medan magnet, sedangkan kumparan rotor akan menghasilkan listrik karena diputar memotong medan magnet. Kalau soal perlu energi memang betul demikian tapi energinya masih lebih kecil daripada yang dihasilkan. Itulah yang “biaya” yang harus “dibayar” untuk memperoleh stabilitas tegangan dan daya pada mobil yang putaran mesinnya berfluktuasi tinggi.
    Terimakasih dan salam eksperimen.

  262. Putty Angelica said,

    Maret 25, 2007 at 1:33 am

    Salam Mr. Paijo. Apa kabar? Bagaimana juga kabar anak binaannya? Saya kembali mau bertanya seputar generator dan dinamo. Maaf, saya orang yang sangat awam masalah kelistrikan, jadi mungkin pertanyaan saya tidak berbobot sama sekali. Saya harap Mr. Paijo tidak merasa buang-buang waktu untuk menjawab pertanyaan saya. Langsung saja:

    1. Pada sebuah motor listrik, hal apa saja yang berpengaruh pada kecepatan perputaran dan tenaganya? Apakah tegangan dan arusnya?
    2. Jika sebuah akumulator dipakai untuk menghidupkan suatu alat listrik, faktor apakah yang mempengaruhi cepat-lambatnya akumulator tersebut habis? Apakah arus yang dikeluarkan? Jika benar, berarti semakin kita menggunakan alat yang mampu dilalui arus tinggi maka semakin cepat habis pula aki/batere tersebut. Mohon dijelaskan.
    3. Menyangkut pertanyaan saya yang kemarin masalah generator espass, mungkin sebelumnya Mr. Paijo belum pernah meneliti generator espass tapi sudah pernah meneliti generator mobil lain (selain espass) sebelumnya. Apakah disana juga ada semacam rangkaian tambahan berupa IC? Sebenarnya IC disana berfungsi untuk apa?
    4. Kalau tidak salah, pada generator espass tidak terdapat magnet permanen, bagaimana listrik bisa dihasilkan jika hanya kumparan saja yang bergerak? Ataukah, kumparan itu harus dialiri listrik dulu agar timbul magnet, lalu diputar baru menghasilkan listrik? Kalau begitu sama saja bohong, memberi tapi juga mengambil. Bagaimana sistem penyiasatannya agar listrik yang diberikan lebih besar dari yang diambil? Sehingga listrik tsb bisa disimpan di Aki dan bisa dipakai untuk keperluan lain seperti lampu, klakson dsb. Mohon dijelaskan.

    Saya rasa pertanyaan saya kali ini sudah cukup. Tolong Mr. Paijo jangan bosan yaa… Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawabannya. Tak lupa juga “sukses” buat anak-anak binaan Mr. Paijo yg terdiri dari dua team itu dalam babak final LCNE di ITS.
    Maaf sebelum saya mengakhiri, saya ingin bertanya lagi. Sebenarnya anak-anak binaan Mr. Paijo umur berapa? Saya sekarang 21 thn. Dalam otak saya, saat Mr. menyebut mereka “anak-anak” yang tergambar memang benar anak-anak yang masih SD/SMP. Hebat ya, diusia semuda itu sudah bereksperimen… Salam Eksperimen!!!
    Hormat saya Putty Angelica.

  263. Putty Angelica said,

    Maret 24, 2007 at 1:52 am

    Salam..
    Mr. Paijo saya mengucapkan banyak terima kasih atas keterangan yang diberikan. Itu semua sudah sangat membantu menambah pengetahuan saya. Terus terang saja, saya menyukai gaya anda memberikan penjelasan, sangat jauh dari kesan menggurui. Sudah dua minggu situs anda ini menjadi situs favorit saya dan mungkin akan berlangsung lebih lama lagi. Sekali lagi saya mengucapkan banyak-banyak terima kasih. Saya harap anda tidak keberatan jika beberapa waktu ke depan saya jadi orang paling cerewet yang tanya ini-itu kepada anda, maklum saya baru belajar dan awam sekali.
    Buat rekan-rekan semua barang kali ada yang hendak menambahkan beberapa keterangan dari Mr. Paijo saya ucapkan terima kasih.
    Salam eksperiman Mr. Paijo!!!
    Hormat saya, Putty Angelica

  264. Paijo said,

    Maret 22, 2007 at 10:40 pm

    @ Putty Angelica
    Selamat bergabung dengan forum saya, saya akan berusaha membantu semampu saya. Kalau soal kabar, kabarnya lagi kabur ( maksudnya sedang dinas di luar kota ) dan respons ini saya tulis di warnet di Makassar. Soal riset / eksperimen, untuk sementara berhenti dulu karena sedang sibuk mengurus anak-anak binaan saya ( 2 team ) yang sedang membuat prototype alat untuk babak final LCEN 2007 di ITS. Langsung ke pertanyaan inti ya.
    1. Jika mesin memiliki daya yang lebih kecil dari generator, maka RPM generator musti diturunkan dari standar sampai sekitar 90-95 % dari daya mesin. Adapun RPM mesin lebih rendah atau lebih tinggi daripada RPM generator, tidak jadi soal. Jika RPM mesin yang lebih tinggi, gunakan sistim pereduksi, jika sebalikknya gunakan sistim multiplikasi. Penurunan daya generator ini sebanding dengan penurunan RPM-nya. Konsekuensinya, frekuensi listriknya turun seiring dengan turunnya RPM sehingga kualitas listriknya tidak sesuai standard lagi. Sebagai contoh, mesin berdaya 7,5 PK ( sekitar 5,5 kw ) 3000 RPM hendak digunakan menggerakkan generator 10 kw 1500 RPM. Supaya mesin mampu memutar generator, maka RPM dan daya generator diturunkan 50 % menjadi 5 kw 750 RPM. Karena RPM mesin lebih tinggi dari RPM generator maka diperlukan sistim perduksi putaran dengan total reduction ratio 3000 : 750 = 4.
    2. Dengan rangkaian pulley yang anda berikan, yang terbentuk adalah sistim multiplikasi ( kebalikan sistim periduksi ) karena putaran pulley 3 menjadi lebih cepat daripada putaran pulley 1. Rasio = ( 20 : 10 ).( 10 : 30 ) = 2/3. Jika rasio lebih dari 1 berarti memperlambat ( pereduksi ), jika rasip kurang dari 1 berarti mempercepat ( multiplikasi ).
    3-4 Saya belum pernah meneliti generator espass, jadi saya tidak punya informasi yang akurat.
    5. Untuk membuat trafo sendiri cukup rumit hitung-hitungannya. Saya sendiri tidak menguasainya secara mendetail karena belum pernah membuat trafo sendiri. Untuk menyederhanakan perhitungan, biasanya orang menyontek ukuran kawat dan jumlah lilitan dari trafo pabrikan yang tegangan dan kuat arusnya setara dengan modifikasi seperlunya. Faktor yang harus diperhitungkan adalah besarnya kawat dan jumlah lilitan harus sesuai dengan tegangan dan kuat arus.
    6. Besarnya kawat memang harus sesuai dengan kuat arusnya, semakin besar arus maka diperlukan kawat yang semakin besar pula. Kuat arus berbanding lurus dengan kuadrat dari diameternya. Artinya kawat yang berdiameter 2 mm mampu dialiri arus listrik 4 kali lebih besar daripada kawat yang berdiameter 1 mm.

    Terimakasih dan salam eksperimen untuk semua.

  265. Putty Angelica said,

    Maret 21, 2007 at 1:23 am

    Saya tunggu jawaban anda secepatnya. Sekali lagi terima kasih…

  266. Putty Angelica said,

    Maret 21, 2007 at 1:18 am

    Mr Paijo:

    Halo apa kabar Mr. Paijo? Bagaimana riset-risetnya? Nama saya Putty dan saya menemukan forum anda ini dari google. Kebetulan saya sedang belajar tentang dinamo dan coba-coba cari info tentang itu semua, kemudian secara tidak sengaja menemukan tentang anda. Saya kuliah mengambil jurusan sastra perancis, namun saya pikir apa salahnya saya juga belajar tentang elektronik. Pengetahuan elektronik saya sangat minim, jadi saya berharap Mr. Paijo berkenan membantu saya dengan membagi ilmu-ilmunya kepada saya. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan:
    1. Seandainya mesin penggerak memiliki rpm dan daya lebih kecil dari generator, agar optimal bagaimana sistem pereduksi yang baik?
    2. Seandainya saya mempuyai beberapa buah pulley yang ukurannya berbeda-beda masing-masing diameternya adalah pulley 1= 10cm, pulley 2a= 20cm, pulley 2b= 30cm, dan pulley 3= 10cm. Pulley 1 merupakan mesin penggerak dan pulley 3 adalah generator. Pulley 1 dihubungakan ke pulley 2a, pulley 2b dihubungkan ke pulley 3. Pertanyaannya: efek apakah yang dihasilkan? Mohon di jelaskan sedetail-detailnya.
    3. Berapakah nilai tegangan, arus, dan daya yang dihasilkan oleh genarator espass?
    4. Apakah generator espass bisa dimodifikasi menjadi alternator, bagaimana caranya? Jika bisa berapakah tegangan dan arus yang mampu dihasilkan?
    5. Bagaimana cara membuat trafo sendiri? Untuk menghasilkan tegangan dan arus tertentu hal apa saja yang mempengaruhi? Bagaimana rumusnya?
    6. Misal sebuah alternator mampu menghasilkan tegangan 100 VAC dan arus 10 A, untuk mendongkrak tegangan menjadi 220 V kan kita menggunakan trafo step-up. Pertanyaan saya, apakah kita juga harus memperhitungkan besar kawat kumparan pada trafo yang mampu dilalui kuat arus 10 A itu?

    Atas jawabannya saya ucapkan banyak terimakasih. Salam eksperimen!!!
    Hormat saya Putty Angelica.

  267. Paijo said,

    Maret 12, 2007 at 10:12 am

    @ Muhammad Suyatman
    Terimakasih telah mampir di blog saya. Saya masih akan terus bereksperimen dan akan terus sharingkan di blog ini.

  268. muhammad suyatman said,

    Maret 9, 2007 at 11:31 pm

    sip mas,aq seneng di indonesia ada nyang kreativ kalo banyak oarng indonesia kreatif kaya mas mudah-mudahan indonesia maju,jangan lelah bereksperimen mas dan jangan lupa tularin ke oarang lain mas

  269. Paijo said,

    Februari 20, 2007 at 12:38 am

    @ Subadri
    Saya bukan seorang insinyur, apalagi insinyur mesin. Saya hanyalah seorang eksperimenter bonek yang belajar sendiri secara otodidak. Kalau ditanya soal buka toko dimana, bingung juga saya karena tidak punya toko. Yang saya miliki hanya sebuah workshop kecil, itupun tidak melayani pesanan pembuatan barang dan hanya khusus untuk keperluan eksperimen saja. Memang yang mau pesan ini itu banyak tapi sampai saat ini saya belum berfikir ke sana karena kesibukan kerja saya.
    Terimakasih dan salam eksperimen.

  270. subadri said,

    Februari 19, 2007 at 12:40 pm

    Ternyata masih ada juga insinyur mesin ya….? Buka toko d mana boss?

  271. Paijo said,

    Februari 14, 2007 at 1:12 am

    @ Biho
    Salam eksperimen juga.

  272. Biho said,

    Februari 13, 2007 at 8:29 am

    salam eksperimen Pak.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 345 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: