JEMURAN PINTAR

 Foto Jemuran Pintar

Jemuran Pintar adalah hasil kreasi team RADHISON binaan saya. Karya ini, berhasil menjadi finalis peringkat 1 lomba LED 2005 di ITB dari total 54 pesert dari seluruh Indonesia. Berikut ini adalah abstraksi dari karya tersebut :

Banyak permasalahan yang timbul dalam kehidupan rumah tangga seseorang akan membawa dampak negatif bagi kehidupan sosialnya, terutama bagi para ibu rumah tangga. Salah satu permasalahan yang timbul pada sebagian ibu rumah tangga adalah dalam hal pengangkatan jemuran ketika turun hujan atau pakaian telah kering atau ketika malam datang. Untuk menghindari masalah ini, hampir tidak mungkin dilakukan sebelum ditemukan suatu alat yang bernama Jemuran Pintar.  Alat ini berfungsi untuk mempermudah pekerjaan ibu rumah tangga yang mempunyai kesibukan di luar rumah. Berbagai kesibukan di luar rumah ibu rumah tangga terpaksa meninggalkan pekerjaan rumah khususnya menjemur atau mengangkat jemuran jika tiba-tiba hujan, jemuran sudah kering, atau malam datang. Pekerjaan akan sia-sia bila jemuran yang hampir kering atau baru dijemur harus diangkat kembali karena hujan dan lebih mengecewakan lagi jika jemuran kembali basah. Dengan adanya Jemuran Pintar, permasalahan-permasalahan seperti itu dapat ditanggulangi dengan hasil yang cukup memuaskan dengan biaya yang terjangkau.
Jemuran Pintar sangat efisien sebab dapat bekerja secara otomatis karena menggunakan sensor-sensor. Di samping itu, dilengkapi juga dengan TOMBOL PARKIR DI DALAM dan TOMBOL PARKIR DI LUAR untuk memudahkan pada saat menjemur dan mengangkat jemuran. Pada alat ini digunakan beberapa sensor yaitu sensor sinar, sensor basah, dan sensor hujan. Semua sensor terhubung ke unit pengontrol. Sedangkan, unit pengontrol bekerja berdasarkan logika yang mengatur motor dalam hal menghidupkan, mematikan maupun mengatur putaran motor, sehingga Jemuran Pintar dapat memasukkan dan mengeluarkan jemuran.
Cara kerja Jemuran Pintar adalah  sebagai berikut:
1. Mengeluarkan jemuran
Pakaian akan keluar, jika TOMBOL PARKIR DI LUAR telah ditekan atau ada cahaya matahari, tidak hujan, jemuran masih basah, dan pakaian tidak berada di luar.

2. Memasukkan jemuran
Pakaian akan masuk jika TOMBOL PARKIR DI DALAM telah ditekan atau tidak ada cahaya matahari, saat hujan, pakaian telah kering, dan pakaian tidak berada di dalam.
Jika ditinjau dari segi ekonomi, Jemuran Pintar memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan mesin pengering merk Equator tipe EZ 3710 CEE. Dalam hal biaya pembelian, harga alat ini jauh lebih terjangkau oleh kalangan masyarakat. Dalam hal biaya pengoperasian , biaya listriknya jauh lebih murah dibanding dengan pemakaian mesin pengering. Bila menggunakan mesin pengering, pakaian akan mudah berbulu, cepat robek, dan kancing cepat lepas/pecah/meleleh dibanding dengan Jemuran Pintar. Jemuran  Pintar juga memiliki kapasitas pengeringan pakaian yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan mesin pengering.

81 Komentar

  1. robbi arsada said,

    Maret 6, 2014 at 11:30 am

    salam kenal mas paijo.. alat y keren mas, saya tertark untuk saya jadikan referensi buat TA saya .. kira2 boleh minta file y mas ?
    arsadarobi@yahoo.co.id

  2. umirtu said,

    November 13, 2012 at 4:31 pm

    mas, saya boleh minta gag prototype sama pembahasannya nya, buat bahan TA? kalau mas ada waktu tolong ya mas kirim ke Umir2@yahoo.co.id. trimakasih

  3. hanafi said,

    Juni 3, 2012 at 3:25 pm

    mas , sayang ingin mengembangkan rangkaian ini untuk TA.
    mohon minta prototype n rangkaiannya ke alamat.
    hanafi_desar@yahoo.co
    terima kasih

  4. anton said,

    Desember 1, 2011 at 11:53 am

    boleh minta gambar desainnya mas Paijo.. mohon kirim by email anton_hdy@yahoo.com

  5. tika said,

    November 5, 2011 at 12:14 pm

    harga 1 set berapa ? ukuran nya ?

  6. tika said,

    November 5, 2011 at 12:13 pm

    brp harga 1 set nya ? ukuran nya ?

  7. Widodo Rachmadi said,

    Oktober 27, 2011 at 9:34 pm

    permisi, boleh minta prototype n rangkaiannya tidak yah, kirim ke rachmad_86@yahoo.co.id
    terimakasih

  8. oop said,

    Mei 21, 2011 at 12:04 pm

    mas bro boleh mnta prototype nya ??

  9. Nje said,

    Mei 19, 2011 at 1:59 pm

    minta donk rangkaian jemuran pintarnya….

  10. dedy novresly said,

    April 14, 2011 at 2:25 pm

    tolong donk kalo bisa minta skematiknya….
    pengen coba nih…..

  11. joo said,

    Desember 14, 2010 at 2:28 pm

    kalo pake sensor air gmn??? bisa bantu gak?? coz mw bikin TA…
    Yhx b4

  12. nendra said,

    Juni 2, 2010 at 8:50 am

    ada gambar rangkaian jemuran pintarnya g??? mohon di kasih gambarnya.

  13. paijo said,

    Mei 12, 2010 at 10:57 am

    jemuiran yo ge ge thok

  14. JHON RIADI said,

    Mei 1, 2010 at 11:41 pm

    mas paijo! saya gak mau repot merangkai, kalo saya beli yang redy/siap paki aja, bisa? dan berapa harganya?

  15. alb-wid said,

    April 27, 2010 at 5:50 pm

    Jemuran pakaian saya taruh di kamar mandi dengan dinding 80% kaca buram. Panas atau hujan tidak usah repot. Diamkan saja kering sendiri.
    salam

  16. fian said,

    Maret 7, 2010 at 5:27 pm

    mas mau tanya rangkaian untuk simulasi jemuran otomatis itu gmn dan komponennya pa ja? trims sblmnya

  17. abel said,

    Februari 7, 2010 at 12:32 pm

    mas saya mo nanya rangkaian elektronika jam digital, terus komponen2 nya trims. balas ke e-mail saya

  18. belinchex said,

    Desember 28, 2009 at 11:09 am

    mas paijo bisa gak di sharing blog nte ke blog ane,,,,?
    kalo bisa i makasi banget dh coz i jg pengen sharing ma temen2 i…..

  19. eduart said,

    Oktober 8, 2009 at 11:11 am

    Merdeka sir paijo Nainggolan (anggap batak)
    bagai mana jika kita menggunakan resistor sebagai sensornya NTC (negative Temperature Coefficient) jadi tahanan nilainya akan bertambah kecil bila terkena suhu panas dan PTC (Positive Temperature Coefficient)dan tahanan nilainya akan bertambah besar bila terkena suhu panas. trim’s

    salam merdeka (batak)

  20. Juli 7, 2009 at 10:43 am

    Halo..salam kenal…
    Wah bagus sekali topik ini…
    Tapi saya punya ide “hanya sebatas bayangan aja lho…untuk masukan dan realisasinya saya serahkan ke Pak Paijo dan teman2″.
    Bagaimana klo yang pintar disini bukan cuciannya(baju/celana),tetapi atap jemuran yang yang di bikin pintar?
    Bilamana ada hujan/sudah malam otomatis atap akan menutup (bisa geser/ungkit)
    dan kita manfaatkan angin yang ada ,kita tangkap dan arahkan ke jemuran menggunakan semacam pipa ,sehingga cepat kering,ato kita gunakan kipas angin tenaga surya.(di daerah jemuran ada sirkulasi udara yang akan mempercepat jemuran kering).
    Kira2 gimana yah…..

  21. ribka said,

    Juli 3, 2009 at 11:07 am

    drive motor juga di gunakan pada jemuran pintar kan?apa se fungsi drive motor pd jemran pintar?

  22. EVA KRISTINA said,

    Juni 3, 2009 at 4:54 pm

    Sore mas.. saya bisa minta tolong gak??
    kebetulan saya lagi ada tugas proyek kampus..
    saya boleh minta gambar rangkaian nya ga mas??
    klu boleh tw..jemuran otomatis ini menggunakan rangkaian mikrokontroller ga?
    thx b4 yah!

  23. Agustinus said,

    Mei 31, 2009 at 8:29 am

    Mantap pak, kalau saya menjemur pakaian malam hari dengan memanfaatkan hembusan kipas (out door) AC yang memberikan angin hangat sehingga mempercepat pakaian kering.

  24. yana said,

    April 25, 2009 at 4:42 am

    pak paijo, saya juga bs minta tolong kirimkan gambar Layout d PCB ttng jemuran pintar nie ama peralatan apa aja yg d perlukan truz cara instalasinya jg pak,,,coz saya da tugas dr kampus nie pak,,,maaf ya merepotkan…saya tunggu pak….

  25. amy said,

    April 7, 2009 at 1:54 pm

    boleh tak jika saya hendak melihat litar sensor ampaian pintar itu?pleaze…

  26. yudi said,

    Maret 14, 2009 at 2:49 pm

    bagus baGET Bro, inta tip2 nya dongg tentang jemuran pintar, renc saya mau buat jemuran kerupuk yang pintar, murah & effien ,
    kirim email dong ke aqu, ok

    thank baget bro

  27. Subkhan said,

    Desember 19, 2008 at 9:14 am

    Bagus sekali kang Paijo…..kalau untuk ruangan terbatas gimana?

  28. david chyn said,

    Oktober 23, 2008 at 5:15 pm

    Blog yang bagus. Salut untuk paijo.
    Kalau saya sudah menerapkan mirip yang diposting ari. Tali jemurannya di beri atap dari plastik karbonat bening. Sinar matahari bisa menembus dari atas, tapi jemuran terlindung dari hujan.
    Ruangan yang dipakai juga terbuka. Sebab efek rumah kaca akan menimbulkan kelembaban tinggi dan pakaian lebih sulit kering.
    Salam (dc)

  29. ari said,

    Oktober 13, 2008 at 11:42 am

    Wah klo saya si rencana buat semacam ruang jemur indoor yg jadi satu dg ruang cuci dan strika.. jadi atap bangunan tsbut diberi kubah dari kaca sehingga dpt menyerap sinar matahari lalu diteruskan ke dalam ruangan, nah didalam ruangan yang untuk menjemur dikasih selubung/tirai transparan di daerah jemur shingga sinar matahari yang masuk akan ‘mantul-mantul’ dan menyebabkan panas yg cukup untuk mengeringkan (sistem green house/rumah kaca)… jadi karena dlm ruangan sudah pasti terhindar dari ujan… ini baru teori lho.. mungkin sudah ada yg mencoba…

  30. ani said,

    September 6, 2008 at 1:46 pm

    mas paijo,lam kenal,saya kebetulan punya laundry kecil – kecilan,saya berminat bagaimana menghubungi mas paijo atau alamatnya dimana tolong dikirim email kesaya sekalian gambarnya cara bikinya,siapa tau suami saya juga bisa nyontek,terimakasih yah…hatur nuhun…,sukses terus mas.

  31. budies said,

    Juli 17, 2008 at 9:35 pm

    mas tolong donk kirimin gambar lengkapnya, aku mungkin mau bikin juga kalo emang gak perlu banyak biaya meski banyak mikir. sekalian tanya untuk pengering pakaian “apa ruangannya harus tertutup rapat atau diberi bukaan kecil untuk buang panas?” soalnya kalo lihat mesin thembler (gak tau tulisane) koq ada kipas buang angin (kentut kali) atau sejenis exhouse yang membuang udara panas yang ada didlam mesin. trims. ditunggu jawabannya.

  32. syafrizal said,

    Juni 18, 2008 at 9:57 pm

    assalamuaikum wr.wb
    salam kenal paijo saya syafrizal tertarik dengan penemuan kamu.saya lagi buat proyek ahir boleh gak minta bantuan tentang jemuran pintar.

  33. G-War said,

    Mei 12, 2008 at 5:22 pm

    waduh mas klo kayak gitu mah g keren……..(sory y)
    klo saya c mendingan di oven ja ampe kering…
    waduh ibu-ibu cara saya ini sangat praktis dan ekonomis lho…
    slamat mencoba…………..

  34. Q4 said,

    April 13, 2008 at 5:41 pm

    Saya tertarik dg pompa air hydram, yg bisa ngangkat air dari sumur tanpa tenaga listrik. Pak Paijo…..klo ga bisa dgn air sumur itu sendiri gimana klo pake tenaga air yg lain guna ngangkat air sumur? exp. pake aliran air sungai didekatnya, ato yg lain. Gimana pak? air sungai yg tdk bersih dijadikan tenaga untuk mengangkat air sumur yang bersih, ato gampangnya sebagai penggerak mesinnya gicuuuu……..terima kasih.

  35. fahmy said,

    April 9, 2008 at 9:36 am

    mas jgn lupa lhoooo………………!!!!!!!
    q mnt’ bntuannya!!!!key

  36. fahmy said,

    April 9, 2008 at 9:31 am

    mas kalau terus berkreasi key……………!!!!!!!!!!!!!!
    oh y q dr SMKN1cerme gresik, mas klu da penemuan baru dan penemuan tu da sangkut- pautnya dengan kompresor. tolong artikelnya atau cara membuatnya kirim ke E-mail q!!!!key

  37. tardi said,

    Februari 28, 2008 at 3:54 pm

    wak jo, bantuin saya buat aerator untuk waduk, untuk nambah oksigen didalam air, kalau bisa saya minta sketnya sekalian, trim’s wak jo ya

  38. erick said,

    Februari 27, 2008 at 7:47 pm

    mas paijo tolongin saya, ada yang tau ndak gimana cara buat reaktor biogas untuk eceng gondok itu, kalo ada saya boleh minta sketnya sekalian, trims.

  39. Jr. said,

    Februari 26, 2008 at 9:45 pm

    aLLo (^_^)/

    wah jemuran kek gt , klo dirmh aq tergolong valuable lah
    cuz, gada org d rmh yg bs dititipin wat jaga jemuran…hihihi
    lgian jg kn skg musim ujan tuh jd ya enk kn…ga ush reffot2 mikir jemuran…

    btw, q interested jg loh klo alt ini bwt TA
    tp pke paan ya kontrolernya?

    PLC?Mikrokntrlr?Pneumatik?IC-IC gt?
    yg pling simpel nd murah apa yah?

    thnx udh mau jawab

    G.Luck and GBU 4 always

  40. muryanto said,

    Februari 26, 2008 at 9:04 pm

    mohon jawabannya

  41. muryanto said,

    Februari 26, 2008 at 9:01 pm

    saya salut dengan mas paijo dan tertarik dengan jemuran pintar, kira kira kalo saya kembangkan boleh gak mas…??mugkin pengontrolnya beda githu,,,
    ijin aja. sekedar konsepnya aja mas..tuk buat TA kalo boleh.
    kirim ke email saya ya mas balasannya. makasih sebelumnya

  42. herman said,

    Februari 7, 2008 at 7:13 pm

    mas boleh minta gambar rangkaiannya mas, soalnya saya butuh untuk praktek uji kompetensi saya, gue pernah kepikiran buat bikin ini tapi nggak tahu bagaimana rangkaian seharusnya,krna selalu ada masalah disana-sini,please uji kompetensinya bulan 3. ato no tlpnya juga boleh, tapi paling menolong gambar rangkaiannya.

  43. sigit said,

    Januari 5, 2008 at 12:47 pm

    mas….saya blh mnta gambar rangkaian sensornya bwt disain proyek akhir semester? saya pernah coba tapi sensor airnya g berhasil….
    dan blh tahu nmr tlpnnya ga?

  44. try said,

    Desember 22, 2007 at 1:31 pm

    pak no tlp anda berapa? saya ada proyek kincir angin intuk tambak udang

  45. fitri said,

    Desember 14, 2007 at 8:42 pm

    saya boleh izin nggak untuk keperluan TA? paling nggak rangkaian dasarnya. Nanti saya ingin mengembangkannya pakai PLC atau pneumatik. Trimakasih.

  46. Desember 7, 2007 at 3:40 pm

    saya minta rangkaiannya soalnya saya butuh buat di rumah! apalagi gini hari musim hujan, kasian istri saya kalau hujan mendadak dia suka pusing. tolong rangkainnya di email saja ke t4u_fik@plasa.com, yang detail yach ,,,,ma kasih

  47. irfan said,

    Desember 7, 2007 at 3:29 pm

    tolong yach saya minta rangkaiannya yang detail, karna yang ada cuma abtraksinya aja tolong emailinnya k bahrul_u@plasa.com

  48. fikri said,

    November 15, 2007 at 2:01 pm

    mas paijo…
    yang anda maksud dengan unit pengontrol itu apakah berupa komputer,atau yang lain?
    kalo menggunakan komputer apakah perlu program aplikasi tambahan?

  49. sugeng said,

    November 2, 2007 at 9:47 pm

    ide yg bagus, jemuran pintar yang merupakan pengering tersebut lebih besar kapasitasnya daripada mesin pengering, seberapa besar kapasitasnya, dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengeringkan, dengan intensitas sinar matahari yang seperti apa. bilamana tidak ada cukup sinar matahari bagaimana. dan terakhir harganya berapa. terima kasih

  50. bayu said,

    Oktober 4, 2007 at 8:14 pm

    ANGEL LEK

  51. ridee_one said,

    September 13, 2007 at 11:35 pm

    mas paijo yang cakep!!! saya pengen tanya sensor sinar, sensor basah dan sensor hujan itu jenisnys apa? spesifikasinya gimana? dan kalau boleh tau mereknya apa? n harganya berapa?

    THANKS………!!!

  52. dedy said,

    September 13, 2007 at 11:12 pm

    saya ingin tahu rangkaian nya ? dan pakai rangkaian apa ? & mikro ato PLC ato lainnya? dan kalo bisa jawab secepatnya……………………………………

  53. dedy said,

    September 13, 2007 at 11:00 pm

    saya ingin tahu rangkaian nya ? dan pakai rangkaian apa ? & mikro ato PLC ato lainnya?

  54. titis bayu priyanto said,

    Juni 18, 2007 at 10:44 am

    mas tolong dong bantu saya, saya sedang bkin Ta dengan Judul alat pemanas makan dengan menggunakan uap air dan elemen pemanas, klo ada rangkain kontrol suhu dan kontrol dayanya, juga spesifikasi elemennya ya mas, makasih ya

  55. pakdhe said,

    Juni 6, 2007 at 10:20 am

    mas paijo sensornya apa hanya dengan ensor cahaya?
    dan penggeraknya pake apa yaaaa….

  56. pakdhe said,

    Juni 6, 2007 at 10:18 am

    gambre gmn kok ndak jelas yach

  57. tenade hikaru tsunade a said,

    Mei 4, 2007 at 7:36 pm

    pa gambar jemuranya kurang banyak
    klo bsa di perbanyak lagi..!!

  58. haidar aliy said,

    April 24, 2007 at 1:12 pm

    salam sukses..luarrr biasaaa

    mas,tolong bantu saya.saya mau buat pompa air otomatis.jika ada air yang mengalir maka sensor akan memberi sinyal untuk menggerakkan motor pompa.dan jika air yang ada di penampungan air sdh penuh, maka motor pompa berhenti.selain itu, untuk mengamankan motor akibat debit air yg tdk stabil(tersendat2) maka saya pasang timer 5 menit dan sensor suhu apabila suhu motor meningkat.dan jg hal ini untuk membantu pemerintah menghemat energi listrik.tolong mas kirim saya gambar rangkaiannya dan cara kerja sensor secara interconnection..serta program mikrokontrollernya….trima kasih mas paijo.saya tgg jawabannya serta emailnya..salam sukses…luarrr biasa….

  59. Paijo said,

    April 16, 2007 at 10:07 am

    @ Faisal
    Jika yang punya copyright tidak keberatan, saya akan mengirimkannya untuk anda. Saya belum ketemu sama mereka dan mereka lagi konsentrasi untuk ujian nasional. Terimakasih dan salam eksperimen.

  60. faisal said,

    April 15, 2007 at 7:42 pm

    mas Paijo, saya sangat tertarik dengan Jemuran Pintar itu.tolong dong minta gambar rangkaian, alat2 yang diperlukan, serta penjelasan cara kerja yang lengkap..semoga allah swt selalu memberikan rahmatNya ke mas Paijo. aku tuggu lo mas…

  61. Roedhie said,

    April 12, 2007 at 10:27 am

    Oke deh……!!!
    Makasih Pak Paijo yang baik…..

    Saya tunggu kiriman Bapak…..

    Salam eksperimen

  62. Paijo said,

    April 11, 2007 at 11:28 am

    @ Sulaiman
    Saya minta maaf karena sampai hari ini saya belum sempat menghubungi anggota team Radhison. Kalau anda mau pakai untuk tugas akhir, apa nggak salah tuh karena Jemuran Pintar kan hasil karyanya anak SMA yang mungkin gak level sama mahasiswa gitu.

    @ Roedhie
    Saya bisa mengirimkannya kepada anda jika yang punya copyright mengijinkannya.

    Terimakasih dan salam eksperimen untuk semua.

  63. Roedhie said,

    April 11, 2007 at 11:01 am

    Salam Salaman Yuk …..

    Salam Eksperimen… juga ah…

    Maaf, sy pendatang baru. Samma dengan pak Sulaiman, saya juga tertarik banget dengan jemuran yang pinter itu. Sudilah kiranya mengirimkan ke saya seperti permintaan pak sulaiman itu…..

    Terima kasih Pak Paijo yang Baik

  64. sulaiman said,

    April 7, 2007 at 2:57 pm

    salam eksperimen mas…

    mas Paijo, gimana dengan permintaan saya yang kmren??apa sudah dihubungi team Radhison??Tolong mas,,aku lagi perlu banget nih..soalnya aku tertarik banget dan aku mau buat alat itu untuk Tugas Akhir saya…kalo bisa data2 nya yang lengkap ya mas…thanks.God bless you.aku tggu mas jawabanya segera..

  65. Paijo said,

    April 4, 2007 at 8:39 am

    @ Machrani
    Kalau soal gambar rangkaiannya khususnya unit pengendali, saya musti minta ijin dulu kepada pemilik copyright-nya. Tapi kalau mengenai sensor sinar, sensor basah dan sensor hujan, itu diperoleh dari internet dengan Google. Adapun kata kuncinya adalah LIGHT ACTIVATED SWITCH. Sedangkan untuk membuat sensor hujan dan sensor basah, menggunakan rangkaian dasar sensor sinar dengan mengganti LDR-nya dengan sensor basah saja. Terimakasih dan salam eksperimen.

  66. machrani said,

    April 3, 2007 at 4:37 pm

    mas paijo…email sy juga sama denga pak sulaiman. kalo bisa gambar rangkaiannya jg dikirimkan ke email sy. karena sy sgt tertarik dengan proyek ini. atau kalo bs, tlg kirim/muat jg tentang sensor sinar, sensor basah dan sensor hujannya saja, saya mau tahu lebih banyak ttg ketiga sensor tersebut.plissss…saya tgg balasannya kalo bs dalam dua-tiga hari ini. plisss…makasih mas…

  67. Paijo said,

    April 2, 2007 at 11:50 am

    @ Sulaiman
    Salam kenal juga pak Sulaiman. Copy right dari desain Jemuran Pintar bukan milik saya pribadi melainkan milik team Radhison yang membuatnya. Saya sebagai technical advisor memang memiliki softcopy dari desain tersebut tetapi tidak berhak untuk memberikannya kepada pihak lain tanpa seijin pemiliknya. Saya akan mencoba menghubungi para anggota team Radhison tersebut untuk menanyakan apakah mereka mengijinkan saya untuk memberikan kepada anda softcopy desain ( skema dan cara kerja ) dari Jemuran Pintar hasil kreasi mereka. Terimakasih dan salam eksperimen.

  68. SULAIMAN said,

    April 1, 2007 at 3:30 pm

    salam kenal mas.

    mas Paijo, saya sangat tertarik dengan Jemuran Pintar itu.tolong dong minta gambar rangkaian, alat2 yang diperlukan, serta penjelasan cara kerja yang lengkap..semoga allah swt selalu memberikan rahmatNya ke mas Paijo. aku tuggu lo mas…

  69. Paijo said,

    Maret 26, 2007 at 12:03 pm

    @ faNa
    Supaya dapat dilihat dengan jelas, anda dapat men-download gambar tersebut ke harddisk anda dalam ukuran penuh. Saya akan kirim gambar tersebut ke e-mail anda. Terimakasih dan salam eksperimen.

  70. faNa said,

    Maret 26, 2007 at 10:30 am

    blh tak gambar jemuran pintar tu di besarkan? tak dapat tgk dengan jelas..Paijo, i need your favour..could u please send me the pic of ur jemuran pintar..i’m interested in it..thanX!

  71. Paijo said,

    Februari 20, 2007 at 12:55 am

    @ Wahyudi-sby
    Gambar lengkap pengering yang anda butuhkan dapat anda lihat dengan meng-klik link ( yang warna merah ) pada komen saya nomor 9 di atas. Terimakasih dan salam eksperimen.

  72. wahyudi-sby said,

    Februari 19, 2007 at 7:55 am

    Mas Paijo sy tertarik pingin tau bagaimana desain Mesin pengeringnya, di japri ke sy juga ya klo sudah jadi desainnya, klo bisa fotonya. Yah itung2 membantu usaha2 laundry kecil2an yg sedang berkembang biar ngirit sedikitlah. Thx

  73. Paijo said,

    Januari 31, 2007 at 8:06 am

    @ Syahrun dan Iswan
    Artikel pesanan anda ( Pengering Pakaian “Paijo” ) sudah saya posting dan sudah dapat dibaca-baca. Gambarnya juga bisa didownload jika diperlukan. Jika ada masalah dengan desaian atau cara pembuatannya, anda juga bisa konsultasi gratis tis. Terimakasih dan salam eksperimen.

  74. Paijo said,

    Januari 22, 2007 at 4:18 am

    @ Syahrun dan Iswan
    Saya akan membahas tuntas desain pengering sderhana tersebut khusus untuk memenuhi permintaan anda berdua. Supaya lebih jelas, akan saya lengkapi dengan gambar atau foto. Namun harap sabar barang 1-2 minggu karena sementara saya sedang menyiapkan pembahasan lain yang telah dipesan mendahului pesanan anda. Terimakasih dan salam eksperimen.

  75. iswan said,

    Januari 19, 2007 at 7:05 pm

    aq tertarik soal pemanas menggunkan elemen pemanas dan thermostat.aq ingin mencobanya.kalau boleh aq minta desain dan model yang sudah jadi..
    terimakasih banyak sebelumnya untuk bantuannya

  76. syahrun said,

    Januari 19, 2007 at 6:18 pm

    saya tertarik dengan alat pemanas yang anda gunakan dirumah, saya baru mulai usaha laundry kecil-kecilan, sepertinya cocok untuk usaha saya.. tolong donk gambarnya di tampilin kalo boleh sekalian ama skema pembuatannya.. thank..U

  77. Paijo said,

    Januari 16, 2007 at 4:36 am

    @ Helgeduelbek
    Terimakasih atas saran anda. Pelan-pelan saya akan perbaiki, soalnya baru belajar naik sepeda nih ( istilah anda ).

    @ Wadehel
    Terimakasih atas saran anda. Saya akan coba, tapi kesulitan tolong dibantu bagaimana caranya.

  78. wadehel said,

    Januari 5, 2007 at 10:37 am

    Saran juga pak, di taskbar ditambahin last post sama top post biar bisa liat2. Trus halaman utamanya… mmm, kalo bisa daftar tulisan gitu? :P

  79. helgeduelbek said,

    Januari 5, 2007 at 8:08 am

    Saran saja kang, gambar sampean itu resolusinya kalo bisa diturunin sedikit agar waktu loading-nya agak cepet, atau kalau gak dibikin tumbhnail aja biar yg minat lihat nanti ngeklik gambar itu.

    Salut atas semua kerja kang paijo, jangan lupa segera dipaten-kan… segera.

  80. Paijo said,

    Januari 5, 2007 at 4:19 am

    Kalau di rumah saya sedikit lebih heboh, yaitu menggunakan elemen pemanas yang ditiup pakai kipas angin. Tapi musti dalam ruangkan tertutup ( kamar mandi ) supaya lebih efektif. Kalau cucian satu mesin cuci penuh, akan kering semua dalam waktu sekitar 8-10 jam dan keringnya alami tidak seperti pakai mesin pengering. Elemennya ada dua masing-masing 220 V 1200 W yang saya pasang seri sehingga dayanya masing-masing hanya 300 watt dan totalnya jadi 600 watt. Dengan dipasang seri, elemen menjadi tidak terlalu panas ( tidak membara ) sehingga awet. Terbukti telah saya pakai sejak tahun 1997 nyaris nonstop siang-malam tanpa masalah. Kipas anginnya bahkan sudah ganti sampai 3 kali. Untuk pengaman, saya pasang thermostat seperti dalam setrika otomatis yang akan off jika elemen terlalu panas karena kipas mati atau rusak. Kedua elemen saya pulung dari bekas oven merk GE yang saya bentuk sendiri menjadi serperti obat nyamuk bakar. Thermostatnya sendiri juga hasil memulung yang saya ambil dari elemen pemanas merk GE type plat 220 V 1500 W. Jadi yang saya beli hanya kipasnya saja. Kelebihannya, dapat mengeringkan cucian tanpa terpengaruh cuaca terutama pada musim hujan seperti sekarang. Sedang kelemahannya juga cukup jelas, yaitu perlu listrik yang cukup besar. Kalau ada yang tertarik desainnya, saya bisa muat fotonya di forum ini.
    Terimakasih dan salam eksperimen.

  81. Januari 5, 2007 at 3:33 am

    Wah, luar biasa…
    Kalau saya sih menjemurnya di dalam rumah dan ditiup pakai kipas angin biar segera kering. Hasilnya lumayan loh. Cuma beli kipas angin.

    Salam.


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 302 pengikut lainnya.

